Kumpulan Kosakata Bahasa Inggris Yang Sulit Tapi Penting Untuk Kamu Hafal
20 Juli 2022
Apakah Arti dari “Having”?
20 Juli 2022

Idiom Bahasa Inggris Yang Sering Digunakan

Hi, English enthusiasts! Ketika kamu belajar bahasa Inggris, kira-kira kemampuan atau skill apa yang kamu fokuskan? Listening, Reading, Writing atau Speaking? Well, buat kamu yang lagi fokus Speaking, artikel ini pas banget nih karena kita akan bahas yang namanya Idioms. Mungkin kamu sudah pernah dengar atau belum sama sekali? Tenang aja, kita akan bahas seluk-beluk Idioms, termasuk 3 Idiom Bahasa Inggris yang sering digunakan.

Pengertian Idiom

Jadi, apa sih Idiom itu? Menurut kamus Cambridge, pengertian Idiom adalah sekumpulan kata yang memiliki makna berbeda dari makna per kata-nya’. Dengan kata lain, Idiom adalah sebuah ungkapan yang tidak kita artikan secara kata per kata. Kalau kamu coba mengartikan dengan kata per kata, pasti bakal membingungkan dan artinya jauh dari yang sebenarnya, terutama 3 Idiom Bahasa Inggris yang sering digunakan yang akan kita bahas nanti

pixabay.com

Akan tetapi, seperti Vocabulary bahasa Inggris pada umumnya, penggunaan Idiom haruslah tepat dan tidak boleh asal-asalan. Seperti yang kita bahas tadi, ada makna khusus dari setiap Idiom dan sudah pasti ada alasan tersendiri dari hal ini. Alasannya adalah karena, menurut situs Owlcation, ‘ketika kita mempelajari Idioms, kita juga mempelajari sejarah, geografis, dan budaya. Idioms biasanya berasal dari budaya sekitar dimana Bahasa Inggris digunakan.’ Jadi, ini juga ikut menjelaskan kenapa hanya bule atau penutur ahli bahasa Inggris yang memakai Idiom

Eitss, tapi kamu juga bisa loh pake Idioms. Setelah baca artikel ini, kamu pasti bisa pakai Idioms dengan luwes. Yuk, saatnya kita bahas 3 Idiom Bahasa Inggris yang sering digunakan dan contoh pemakaiannya

3 Idiom Bahasa Inggris yang Sering Digunakan

1) A piece of cake

Pasti kamu pernah denger atau mungkin familiar dengan idiom yang satu ini! Well, itu sudah pasti karena a piece of cake adalah salah satu idiom terpopuler, yang bahkan non penutur asli sering pakai. Terus, apakah artinya hanya sekedar ‘sepotong kue’? Tentu saja bukan dong. Arti sebenarnya adalah very easy atau sangat mudah. Dan memang, di budaya Inggris (dan secara logika), memakan a piece of cake (sepotong kue) adalah hal yang sangat mudah. Yes, dari situlah asal muasal Idiom ini

Contoh : “Last week, I had my final exam. It was a piece of cake!” (Minggu lalu adalah ujian akhirku, dan gampang banget!”

2) Break a leg

Nah ini juga Idiom yang gak kalah uniknya. Kenapa? Karena penutur asli biasanya mengucapkan ‘break a leg!’ ketika orang lain akan melakukan sesuatu, dan mengharapkan orang itu berhasil. Yes, arti dari ‘Break a leg!’ adalah ‘Good luck!’ atau ‘Wish you best of luck!’. Keunikan ungkapan ini berasal dari sejarah ketika orang jaman dahulu mempercayai kalau mereka berharap hal baik, akan ada gangguan roh jahat dan justru yang terjadi malah sebaliknya (hal buruk). Nah dari situlah, mereka mulai mengharapkan hal buruk supaya yang terjadi adalah hal baik. Cukup unik ya?

Contoh :
Andy : I heard you are going to do the job interview tomorrow. How far along is your preparation? (Aku denger kamu bakal ada interview pekerjaan besok. Gimana persiapan kamu sejauh ini?)
Jane : Well, I guess I’m physically and mentally ready. I’ve also practiced to articulate myself (Kayaknya aku sudah siap secara fisik dan mental. Aku juga udah latihan berbicara dengan jelas nih)
Andy : Nice to hear that. Then, break a leg! (Syukurlah. Semoga berhasil ya!)

pixabay.com

3) It’s raining cats and dogs

Banyak yang merasa kalau hujan itu menenangkan dan menyejukkan, tapi kayaknya kalau hujan deras sih beda cerita ya. Anyways, apa Bahasa Inggris-nya hujan deras? Heavy rainPouring rain? Yup, semuanya benar. Tapi ada nih, 1 idiom khusus yang artinya hujan deras: It’s raining cats and dogs. Kalau idiom yang satu ini berasal dari Bahasa Inggris di abad ke-16 karena pada saat itu banyak kucing dan anjing yang berteduh di bagian loteng rumah penduduk. Sayangnya, ketika hujan deras, kucing dan anjing tersebut banyak yang terpeleset dan jatuh dari atap karena aliran air yang deras. Dari situlah, ungkapan It’s raining cats and dogs mulai menjadi Idiom

Contoh :
Kim : “What time are we leaving? We can’t afford to be late for the meeting” (Kapan kita berangkat? Kita gak boleh telat meeting nih)”
Harry : “The problem is it’s raining cats and dogs. We might have to wait a bit longer” (Masalahnya, diluar hujan deras. Kayaknya kita harus nunggu agak lama)”

What to do next?

Itulah bahasan tentang 3 Idiom Bahasa Inggris yang sering digunakan. Ingin tau lebih tentang Idioms? Nah, SUN English punya program Conversation dan General English loh untuk bantu kamu menguasai penggunaan Idioms dan aspek Grammar lainnya. Dengan kualitas materi terbaik dan pengajar yang profesional, tentunya kamu bisa lebih paham dan lancar ketika berkomunikasi dalam Bahasa Inggris. Yuk, hubungi kantor SUN English terdekat!

Tinggalkan Balasan