Perkiraan Biaya Kuliah Ahli Gizi di Inggris Ternyata Segini!
Perkiraan Biaya Kuliah Ahli Gizi di Inggris Ternyata Segini!
21 April 2022
Perbedaan Have, Has dan Had
Perbedaan Have, Has dan Had
21 April 2022

Ingin Daftar International Tes? Ini Biayanya!

Ingin Daftar International Tes? Ini Biayanya!

Apakah kamu ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri? Atau kamu ingin melanjutkan studi ke dalam kampus atau universitas di Indonesia namun berencana mengambil kelas internasional? Mungkin kamu juga ingin bekerja di luar negeri? Selain dokumen-dokumen seperti motivational letter dan application letter, kamu tentu juga harus menyiapkan hasil sertifikat yang membuktikan kemampuan bahasa Inggris kamu. Hal ini sangat penting karena tentunya kelas perkuliahan akan dilangsungkan menggunakan Bahasa Inggris. Untuk membuktikan kemampuan berbahasa Inggris kamu, yang kamu perlukan adalah sertifikat hasil tes internasional. Namun, kamu perlu menyiapkan sejumlah uang untuk dapat mengambil tes internasional dalam Bahasa Inggris. Yuk simak berapa biaya yang kamu perlu keluarkan untuk dapat mendaftar di tes internasional!

Biasanya, setiap universitas memiliki perbedaan requirement untuk tes internasional yang bisa kamu ambil. Misalnya saja di Amerika. Rata-rata, kampus atau universitas di Amerika meminta kamu menyertakan hasil test TOEFL iBT untuk dapat belajar di kampus di negara tersebut. Tapi, tidak menutup kemungkinan kalau kampus di Amerika dapat meminta kamu menyertakan hasil ujian internasional IELTS. Berbeda dengan Amerika, mayoritas kampus di Eropa biasanya meminta kamu untuk menyerahkan hasil international test IELTS. Sama dengan contoh kasus di Amerika, kamu juga dapat diminta menyertakan test TOEFL iBT daripada test IELTS. Untuk dapat memastikan tes mana yang kamu butuhkan, kamu dapat mengkonfirmasi hal ini ke pihak universitas.

Hal berbeda dapat kamu temui di beberapa kampus di Indonesia. Untuk kelas internasional, pihak kampus biasanya meminta kamu untuk juga menyerahkan hasil tes TOEFL iBT atau IELTS. Namun untuk kelas nasional, atau bukan kelas internasional, kamu juga membutuhkan sertifikat hasil ujian Bahasa Inggris kamu loh! Biasanya, kampus tersebut meminta kamu untuk tes TOEFL ITP.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, terdapat beberapa tes internasional yang umum dibutuhkan kampus. Apakah kamu masih bingung membedakan ketiga tes tersebut beserta harga untuk masing-masing tesnya? Yuk simak penjelasan di bawah ini!

Daftar Isi (Klik Untuk Buka)

IELTS

Ingin Daftar International Tes? Ini Biayanya!

IELTS adalah singkatan dari International English Language Testing System. Dalam tes IELTS, 4 skills atau kemampuan kamu akan diuji. Kemampuan tersebut meliputi kemampuan mendengarkan, kemampuan membaca, kemampuan menulis, dan kemampuan berbicara. Terdapat tiga jenis IELTS, yakni IELTS Academic, IELTS UKVI, dan IELTS General Training. 

Untuk kamu yang ingin melanjutkan studi keluar negeri, kamu membutuhkan IELTS academic. Biaya yang kamu perlu siapkan adalah US$215. Sementara, jika kamu berniat untuk melanjutkan studi di UK, maka kamu harus mengambil IELTS UKVI. Biaya yang perlu kamu siapkan sedikit lebih banyak, yakni US$270. Kemudian tipe yang terakhir adalah IELTS General training yang membutuhkan biaya US$215.

TOEFL iBT

Ingin Daftar International Tes? Ini Biayanya!

Tes internasional yang kedua adalah TOEFL. TOEFL merupakan singkatan dari Test of English as a Foreign Language. Sama seperti IELT, dalam tes TOEFL, terdapat empat kemampuan yang akan diujikan. Empat kemampuan tersebut meliputi kemampuan mendengarkan atau listening, kemampuan membaca atau reading, kemampuan menulis atau writing, dan kemampuan berbicara atau speaking.

Namun, tidak seperti tes internasional IELTS dengan jadwal yang terbilang banyak dan beragam, tes TOEFL iBT memiliki kuota tes yang lebih sedikit. Jadi, jika kamu berniat mengambil tes ini, sebaiknya dapat kamu siapkan dari jauh-jauh hari ya! Sementara untuk biaya itu sendiri, kamu harus merogoh kocek sebesar $205 atau setara dengan Rp 2.948.556,00.

TOEFL ITP

Ingin Daftar International Tes? Ini Biayanya!

Test yang terakhir adalah TOEFL ITP. Tes ini adalah bentuk tes TOEFL yang pengerjaan nya menggunakan media kertas, bukan komputer. Dalam TOEFL ITP, terdapat beberapa kemampuan yang akan muncul, meliputi listening comprehension, structure and written expression, dan reading comprehension. Untuk biayanya, kamu harus membayar sebesar sekitar Rp 350,000 sampai dengan Rp 550,000.

Untuk informasi lengkap seputar pembelajaran Bahasa Inggris, tips dan trik, hingga Test Preparation Program eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Tinggalkan Balasan