Contoh Yes / No Question
25 April 2022
Serunya Kuliah Jurusan Robotik, Seperti Apa, ya?
Serunya Kuliah Jurusan Robotik, Seperti Apa, ya?
25 April 2022

It Digunakan Untuk Kata Ganti Benda Dalam Bahasa Inggris

Hallo, apa kabar nih sahabat SUN English, masih semangat ya untuk belajar bahasa Inggrisnya. Berbicara mengenai belajar sebuah bahasa, ada banyak hal yang harus kita perhatikan baik dari segi tata bahasa, sosio-kultural dan hal hal lain yang menyangkut bahasa itu sendiri. Maka, dalam mempelajari sebuah bahasa, kita tidak akan terlepas dari aturan penggunaan bahasa tersebut. Aturan tersebut tidak jauh berbeda dengan aturan yang kita gunakan ketika melakukan percakapan atau belajar bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pokok bahasan kali ini, yang akan kita bahas adalah penjelasan dari kata ‘it’ digunakan untuk kata ganti benda dalam bahasa Inggris.

Susunan kalimat sempurna harus terdiri dari subjek dan kata kerja (minimal), tetapi sering dalam sebuah kalimat itu tidak ada subjeknya. Ketika dalam sebuah kalimat tidak ada subjeknya maka sering kali digunakan kata ‘it’ yang berfungsi sebagai subjek dalam sebuah kalimat. Kata ‘it’ ini sering kali digunakan dalam bahasa Inggris dan artinya tergantung pada pemakaian nya. Namun kadang sering kali malah penggunaan kata ‘it’ ini tidak perlu diterjemahkan.

Secara harfiah, kata ‘it’ bisa diartikan sebagai ini, itu, dia dan miliknya. Namun, penggunaan kata ‘it’ itu sendiri ternyata sangat luas dan mencakup berbagai konteks. Berikut beberapa penjelasan penggunaan kata ‘it’ dalam bahasa Inggris.

  1. Sebagai pronoun ( kata ganti ) untuk menggantikan hewan dan benda mati yang tunggal ( singular ) dan bentuk jamak dari kata ‘it’ adalah ‘they’.

Contoh kalimatnya :

  • Look at the butterfly, it always comes to window ( lihat kupu-kupu itu, dia selalu datang ke jendela ).
  • I have two cats. They are in the cage now ( saya mempunyai dua kucing, kucing-kucing itu di dalam kandang sekarang ).
  • Is this your book? Yes, it is ( apakah ini buku kamu? Ya… )

  1. Sebagai preparatory ( pendahuluan kalimat ) bila di gunakan untuk menyatakan sesuatu yang berhubungan dengan : Time ( waktu ), Situation ( keadaan ), Distance ( jarak ).

Contoh kalimatnya :

  • It is nine o’clock ( sekarang jam 09.00 )
  • It can be very warm in september ( mungkin keadaan akan sangat hangat di bulan September ).
  • How far is it to Surabaya? It is 60 kilometres ( Seberapa jauh ke Surabaya? 60 kilometer )
  1. Sebagai preparatory ( pendahuluan kalimat ) dalam bentuk kalimat infinitive atau clause.

Contoh kalimatnya :

  • It worried me a bit that she didn’t phone . ( Sedikit mengkhawatirkan aku bahwa dia tidak menelpon ).
  • It is true that she never turned up ( benar bahwa dia tidak pernah hadir ).
  1. It dalam question tag di gunakan untuk menunjukan kata Nothing, Everything, All serta subjek lainnya yang tidak pernah di gunakan atau jarang di gunakan dalam question tag.

Contoh kalimatnya :

  • Nothing happened, didn’t it ? ( Tidak ada yang terjadi, kan ? )
  • This is the last bus, isn’t it ? ( Ini bis terakhir, kan ? )

Demikian pembahasan mengenai penjelasan untuk kata it digunakan untuk kata ganti benda atau pronoun dalam bahasa Inggris, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan pembaca sekalian dalam mempelajari bahasa inggris. Untuk informasi lengkap seputar kursus Bahasa Inggris, pilihan program belajar, hingga berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Tinggalkan Balasan