Penjelasan dan Contoh Penggunaan “Being”
22 April 2022
Level Kursus Bahasa Inggris Berdasarkan Nilai IELTS
22 April 2022

Langkah-Langkah Membuat Kalimat Positif, Negatif, dan Tanya dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Langkah-Langkah Membuat Kalimat Positif, Negatif, dan Tanya dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Beberapa dari kita mungkin masih bingung bagaimana membuat kalimat dalam bahasa inggris. Pada dasarnya terdapat tiga jenis kalimat yaitu kalimat positif, negatif dan kalimat tanya. Dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas langkah-langkah membuat kalimat positif, negatif, dan kalimat tanya dengan baik dalam simple present tense, dan simple past tense.

Simple Present Tense

Langkah-Langkah Membuat Kalimat Positif, Negatif, dan Tanya dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Simple present tense merupakan tenses yang cukup sering kita gunakan karena tenses ini berkaitan dengan kegiatan yang sering kita lakukan atau kebiasaan. Ada beberapa fungsi dalam menggunakan simple present tense. Biasanya kita gunakan untuk menjelaskan kegiatan yang kita lakukan secara berulang-ulang, mengekspresikan fakta, dan pendapat.

Kalimat Positif

Dalam kalimat positif rumus yang bisa kita gunakan yaitu S+Verb-1+O. Jenis kata kerja yang kita gunakan dalam simple present tense yaitu kata kerja pertama. Ada beberapa hal yang mesti kita perhatikan yaitu jika subjectnya tunggal ketiga seperti She, He, dan It atau nama orang tunggal, maka kita harus tambahkan s/es ke kata kerja tersebut. Seperti dalam table di bawah ini.

Subject Verb
Barra works at his office every weekdays
He always washes his car
The Sun rises in the east
Sonia is smart
Bob is handsome

Kalimat pertama dan kedua yaitu menunjukan kebiasaan dari Barra dan He. Contoh kalimat pertama kata kerja dasar yang kita gunakan yaitu work lalu ditambahkan -s, senggakan kalimat kedua kata kerja dasar yang kita gunakan yaitu wash, namun jika kalian amati kata kerja ini menambahkan -es bukan hanya s. Dalam kalimat simple present tense, ada beberapa hal yang harus kita ingat yaitu kata kerja yang berakhiran -sh, -ch, dan -y, tidak hanya menambahkan -s tetapi -es dan ies, seperti wash menjadi washes, watch menjadi watches, dan cry menjadi cries. Kalimat pertama dan kedua menunjukan kebiasaan. Sedangkan ketiga yaitu fakta. keempat dan kelima menyatakan pendapat.

Setelah kita mempelajari cara membuat kalimat positif dengan menggunakan subject tunggal, saatnya kita membuat kalimat positif dengan menggunakan subject yang jamak atau lebih dari satu. Untuk kalimat yang menggunakan subject jamak lebih simpel, karena kita tidak perlu menambahkan s/es/ies di kata kerjanya. Contoh subject jamak yaitu they, we dan I(sebagai subject tunggal pertama). Seperti contoh di tabel berikut.

Subject Verb
Sonia and Bob learn English course at SUN
They always come on time
We are smart

Kalimat Negatif

Kalimat negatif berbeda dengan kalimat positif. Dalam kalimat negatif kita perlu menambahkan kata kerja bantu does not atau do not. Dalam membuat kalimat negatif menggunakan does not, subject yang kita gunakan yaitu subject tunggal ketiga seperti she, he, dan it atau nama orang tunggal. Sedangkan untuk do not, kita menggunakan subject jamak yaitu we dan they atau subject tunggal pertama seperti I. Seperti contoh dalam tabel di bawah ini.

Subject auxiliary verb main verb
I do not play football every Monday
We do not watch TV on Weekdays
She does not come to her aunt’s house on Sunday
He does not like to hang out with his friends

Kalimat Tanya

Ketika kita membuat kalimat tanya, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan terutama penempatan subject dan verb. Berbeda dengan kalimat positif dan kalimat negatif yang kita dahului dengan penempatan subject lalu verb, dalam kalimat tanya kita harus menggunakan kata bantu kerja terlebih dahulu lalu subject, lalu diikuti kata kerja utama. Dalam hal ini, rumus yang bisa kita gunakan yaitu Do+I/you/they/we+verb-1?, dan Does+she/he/it/the name of a person+verb-1?. Untuk lebih jelasnya bisa kita lihat melalui tabel berikut ini.

Auxiliary verb Subject Main verb
Do you study in SUN every Tuesday and Thursday?
Do they always come with you when you play a football match?
Does Sonia like to visit you every weekend?
Does your mom always cook your favorite food every day?
Does your teacher usually give you the homework every week?
Does he have a good novel to read?

Dari kalimat-kalimat tersebut bisa kita perhatikan bahwa kata kerja yang digunakan tidak ditambahkan apapun. Namun, kita perlu menggunakan do dan does sebagai kata bantu yang membedakan subject, apakah subject itu tunggal pertama atau ketiga, atau subject jamak.

Simple Past Tense

Langkah-Langkah Membuat Kalimat Positif, Negatif, dan Tanya dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Simple past tense yaitu tense yang kita gunakan ketika menjelaskan kejadian yang sudah lampau. Dalam arti, kejadian tersebut dimulai dan diakhiri di waktu lampau. Dalam membuat kalimat menggunakan simple past tense lebih simpel jika kita bandingkan dengan simple present tense. Hal dikarenakan, kata bantu yang kita gunakan dalam simple past tense hanya satu, yaitu did. 

Kata kerja bantu did kita gunakan untuk semua subject, I/you/they/we, she/he/it. Selain itu, berbeda dengan simple present tense yang menggunakan kata kerja pertama, simple past tense menggunakan kata kerja kedua. Seperti take > took, come > came, rise > rose. Sebagai tambahan, kata kerja yang mengalami perubahan bentuk pertama dan kedua tersebut disebut irregular verbs. Sedangkan, kata kerja kedua yang hanya menambahkan -ed disebut regular verbs seperti play > played, wash > washed, cook > cooked.

Kalimat Positif

Ketika membuat kalimat positif dalam bentuk simple past tense, kita hanya menggunakan kata kerja bentuk kedua. Formula yang kita gunakan yaitu S+Verb-2+O. Seperti contoh kalimat di tabel berikut.

SUbject Verb
I went to Japan last year
She visited her uncle two weeks ago
We watched a movie in a cinema last Tuesday

Kalimat Negatif

Ketika kita menggunakan kalimat negatif, ada kata kerja bantu yang perlu kita gunakan yaitu did. Namun, karena kita sudah menggunakan kata kerja bantu did yang mana bentuk kedua dari do sehingga kita tidak perlu menggunakan kata kerja utama bentuk kedua lagi. Jangan lupa untuk menambahkan not di kalimat negatif ini. Seperti contoh kalimat di bawah ini.

Subject auxiliary verb main verb
I did not do my homework when my teacher gave me
She did not return my notebook
He did not have lunch with me yesterday
They did not inform me the updated schedule

Kalimat Tanya

Untuk membuat kalimat tanya, kita perlu memperhatikan penempatan subject dan kata kerjanya. Berbeda dengan kalimat positif dan negatif, kita harus memulai kalimat tanya menggunakan kata kerja bantu did dalam simple past tense. Lalu diikuti subject dan kata kerja utama atau verb. Formula yang kita gunakan yaitu DId+I/you/they/we/she/he/it+verb-2+o. Seperti contoh kalimat di bawah ini.

Auxiliary verb Subject Verb
Did you come to her party last week?
Did she find my wallet?
Did Tom go to his relatives in Japan last holiday?
Did Sonia and Bob buy you a present?

Sekian pembahasan kita kali ini. See you next time!

Untuk informasi lengkap seputar pembelajaran Bahasa Inggris, tips dan trik, hingga Test Preparation Program eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Tinggalkan Balasan