Langkah-Langkah Membuat Kalimat Positif, Negatif, dan Tanya dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya
Langkah-Langkah Membuat Kalimat Positif, Negatif, dan Tanya dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya
22 April 2022
Contoh Yes / No Question
25 April 2022

Level Kursus Bahasa Inggris Berdasarkan Nilai IELTS

Berbicara tentang penguasaan bahasa Inggris, apakah kamu sudah tahu di tingkat mana level kemampuan bahasa Inggrismu berada? Ternyata, ada banyak manfaatnya lho jika kita bisa mengukur sejauh mana kita menguasai bahasa Inggris. Mulai dari untuk memenuhi keperluan akademik, menguasai literasi, sampai menumbuhkan rasa percaya diri dalam berkomunikasi. Jika kamu juga ingin meningkatkan keterampilan bahasa Inggrismu, bergabung di level kursus bahasa Inggris yang sesuai akan membuat tujuanmu mudah tercapai. Dalam artikel ini, kita juga akan membahas lebih lanjut tentang level kursus bahasa Inggris. Jadi, pastikan kamu terus membaca ulasan kali ini ya!

Pentingnya mengetahui level kemampuan bahasa Inggris

– Syarat masuk sekolah/kuliah

Sebelum memulai pendidikan di jenjang yang lebih tinggi, kamu perlu memenuhi syarat masuk ke institusi yang kamu inginkan. Selain nilai raport dari hasil belajar kamu pada tingkatan sekolah sebelumnya, nilai tes kemampuan berbahasa Inggris juga seringkali menjadi syarat masuk yang ditetapkan oleh sekolah atau kampus. Oleh sebab itu, kamu bisa coba sedari sekarang untuk mengikuti tes standarisasi bahasa Inggris.

– Menghemat waktu belajar

Setelah kamu mendapatkan hasil tes bahasa Inggris yang kamu coba, tentunya kamu akan tahu di level mana kemahiranmu berada. Jika hasilnya sudah bagus, kamu bisa fokus mempersiapkan persyaratan kuliah lainnya atau fokus pada subjek pelajaran lain di sekolah. Namun jika hasilnya belum memenuhi standar minimum, kamu tidak perlu berkecil hati. Kamu punya kesempatan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu dengan belajar secara mandiri atau mengikuti kursus bahasa Inggris di institusi yang terpercaya. Dengan mengetahui level bahasa Inggrismu lebih awal, kamu bisa menghemat waktu belajar. Kamu bisa lebih fokus pada skill yang masih harus diperbaiki namun tetap berlatih di aspek yang kamu sudah lumayan kuat. Misalnya, nilai readingmu sudah tinggi sementara nilai writing kamu masih rendah. Nah, kamu jadi tahu skill mana yang proporsi belajarnya perlu kamu tambah. Dengan begitu, kamu akan lebih fokus dalam proses belajarmu dan perkembangan belajar kamu akan lebih cepat dan signifikan.

– Semangat membaca dan memanfaatkan literasi berbahasa inggris

Memiliki hasil tes bahasa Inggris dengan skor tinggi bukan berarti kamu sudah boleh berhenti belajar dan tidak berlatih lagi. Kecakapan berbahasa itu sifatnya dinamis. Bisa meningkat jika terus diasah dan digunakan. Pun bisa melemah bila tidak dilatih dan tidak digunakan dalam waktu lama. Untuk itu, setiap orang perlu mempertahankan dan juga memperbagus kemampuan berbahasanya, baik untuk skill menyimak (listening), membaca (reading), berbicara (speaking), maupun menulis (writing).

Latihan membaca dapat dilakukan dengan memilih artikel atau buku dengan topik yang kamu sukai. Sedangkan untuk kemampuan mendengarkan, kamu bisa menonton film berbahasa Inggris, mendengarkan podcast, atau menyimak pidato dan acara bincang-bincang berbahasa Inggris. Jenis teks atau pidato yang bisa kamu baca atau simak juga berbagai macam. Kamu bisa menyesuaikan dengan level kemampuanmu berdasarkan hasil tes standarisasi bahasa Inggris yang telah kamu ikuti. Kamu juga bisa meminta saran guru atau teman mengenai sumber bacaan yang sesuai dengan kemampuanmu namun juga bisa membantu meningkatkannya. Dengan semangat membaca literasi berbahasa Inggris, kegiatan tersebut akan menjadi kebiasaan baikmu yang bermanfaat untuk mengasah kompetensi dalam menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa asing.

– Meningkatkan percaya diri dalam berkomunikasi

Manfaat lain dari mengetahui tingkat kemampuan bahasa Inggris adalah untuk meningkatkan percaya diri dalam menggunakan bahasa Inggris. Mungkin kamu pernah merasa tidak yakin akan kemampuan diri sendiri sehingga enggan untuk menggunakan bahasa Inggris padahal kesempatan itu ada di depan mata. Hal ini mungkin terjadi karena kamu khawatir tidak mengerti lawan bicara atau bahkan ragu kalau lawan bicaramu dapat mengerti apa yang kamu katakan. Oleh karena itu, jika kita sudah mendapat gambaran kemampuan seperti apa yang kita punya, kita akan semangat dalam meningkatkannya, yang akan berdampak positif terhadap tingkat kepercayaan diri.

Kita tidak bisa memungkiri bahwa bahasa Inggris sangatlah penting dalam berbagai aspek kehidupan di setiap fase usia. Untuk meningkatkan keterampilan dalam menggunakan bahasa Inggris, kita bisa melatihnya secara mandiri, bersama teman, atau mengikuti kursus bahasa Inggris agar supaya mendapat arahan dan masukan dari mentor. Sebelum mengikuti kursus, kita bisa mencari informasi mengenai jenis kelas yang sesuai dengan kemampuan kita. Berikut ini beberapa macam level kelas dalam kursus bahasa Inggris yang berfokus pada pembelajaran bahasa Inggris umum (General English) dan bahasa Inggris akademik (Academic English).

Level kursus bahasa Inggris program General English (GE)

1. Elementary/Basic

Program ini cocok untuk kamu yang kemampuannya masih terbatas namun punya semangat tinggi untuk berkembang. Level Basic untuk General English bisa diikuti baik oleh anak-anak, remaja, maupun dewasa. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mulai belajar bahasa Inggris sekalipun bagi orang dewasa.

2. Intermediate/Independent

Teruntuk kamu yang sudah familiar dengan bahasa Inggris dan cukup mahir dalam memahami teks atau percakapan berbahasa Inggris, program GE di level ini akan membuatmu semakin percaya diri terutama dalam mengembangkan productive skills yaitu speaking dan writing.

3. Advanced/Proficient 

Ungkapan ‘tuntutlah ilmu sepanjang hayat’ bisa menggambarkan betapa program GE bisa bermanfaat untuk kamu yang sudah bagus dalam menggunakan bahasa Inggris. Kamu perlu tetap belajar dan berlatih untuk mempertahankan kefasihan berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

Level kursus bahasa Inggris program Academic English/IELTS

Untuk keperluan studi lanjutan, kamu bisa mengikuti kelas IELTS yang ruang lingkupnya adalah penggunaan bahasa Inggris dalam dunia pendidikan. Merujuk kepada rentang nilai IELTS yaitu 1.0 sampai 9.0, berikut deskripsi singkat pelevelannya:

1. IELTS 1.0 – 3.5

Sudah mempunyai dasar pengetahuan bahasa Inggris, namun elemen pokok seperti grammar dan vocabulary perlu dilatih secara mendasar.

2. IELTS 4.0 – 5.5

Sudah bisa menggunakan vocab dan grammar secara natural, tetapi ketidakakuratan masih sering terjadi.

3. IELTS 6.0 – 7.5

Penerapan vocab dan grammar sudah akurat, dan perlu pelatihan untuk meningkatkan kefasihan.

Itulah pembagian tingkatan kelas yang bisa kita jumpai dalam kursus bahasa Inggris. Untuk mengetahui level yang sesuai dengan kebutuhanmu, tentunya kamu perlu mengikuti tes penempatan sehingga materi ajar di kelas yang akan kamu ikuti cocok dan efektif untuk mengembangkan keterampilan menggunakan bahasa Inggris, baik untuk keperluan akademik, sosial, maupun pengembangan pribadi.

Untuk informasi lengkap seputar kursus Bahasa Inggris, pilihan program belajar, hingga berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa temukan informasinya di sini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

 

Tinggalkan Balasan