Cara Lancar Bahasa Inggris yang Efektif dan Menyenangkan
20 Juli 2022
Kumpulan Kosakata Bahasa Inggris Yang Sulit Tapi Penting Untuk Kamu Hafal
20 Juli 2022

Perbedaan Each dan Every yang Kamu Belum Tahu!

Hi, English enthusiasts! Kali ini kita akan membahas satu aspek penting ketika belajar Bahasa Inggris, yaitu kosakata atau Vocabulary. Kamu pasti sudah tau kata Each dan Every atau mungkin sering menggunakan keduanya. Tapi, apa kamu sudah tau kalau kedua kata ini memiliki cara penggunaan yang berbeda? Nah, kali ini kita akan bahas perbedaan Each dan Every yang kamu belum tahu

Ketika kamu mau menerjemahkan kata ‘setiap’, pasti kamu akan hampir otomatis pakai every. Sedangkan kita sering memakai each sebagai terjemahan langsung dari ‘masing-masing’. Sebenarnya gak salah karena memang kebanyakan seperti itu. Akan tetapi, sebenarnya dua kata ini itu bisa mengambil peran satu sama lain loh. Maksudnya apa? Artinya, selain memiliki peran masing-masing, kedua kata ini bisa menggantikan satu sama lain. Cukup menarik tapi agak membingungkan yah?

Perbedaan Each dan Every (1)

Pertama-tama, kita perlu tahu kalau each dan every adalah dua kata yang memiliki makna mirip dan memang digunakan untuk menjelaskan kata benda tunggal (singular nouns). Namun, ada sedikit bedanya nih.

Each biasanya merujuk ke dua hal, sedangkan every untuk menjelaskan tiga hal atau lebih. Sederhananya adalah kalau ada dua hal terpisah dan kita mau menjelaskan masing-masingnya saja, maka yang kita harus pakai adalah each. Sedangkan, kalau ada beberapa hal yang dikelompokan menjadi satu dan kita mau menjelaskan masing-masing hal tersebut, kita bisa gunakan each dan every. Yuk kita simak contoh-contoh berikut!

Contoh:

Benar = My older brother is taking a day off since each of his arms can’t move properly

Salah = My older brother is taking a day off since every of his arms can’t move properly (Ini adalah kalimat yang salah karena tangan/lengan manusia hanya ada dua, dan every hanya bisa berlaku kalau ada lebih dari 2 objek)

Benar = Her parents work almost every day and each of them is not outside the town

Salah = Her parents work almost every day and every of them is not outside the town (Ini juga kalimat yang salah karena orangtua hanyalah sepasang, pria dan wanita, sehingga every tidak bisa digunakan)

freepik.com

Perbedaan Each dan Every (2)

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, untuk dua hal, kita hanya bisa menggunakan each. Tapi kalau ada 3 hal lebih (sampai berpuluh-puluh, misalnya), kita bisa memakai keduanya.

Contoh:

Benar = The applicant needs to show every document to pass the screening test

Benar = The applicant needs to show each document to pass the screening test

Bahkan, each dan every dapat digunakan secara bersamaan untuk memberi penekanan

Contoh:

Benar = The applicant needs to show each and every document to pass the screening test

Tapi, kita perlu hati-hati karena bentuk seperti ini hanya berlaku di bahasa lisan (spoken language) dan tidak bisa untuk bahasa tulisan (written language).

Perbedaan Each dan Every (3)

Perbedaan berikutnya adalah ketika ada kata keterangan (adverbs) seperti almost atau practically, kita wajib menggunakan every.

Contoh:

Benar = Practically every teacher held their back when they figured out what happened

Benar = The bank was robbed last night, and almost every item was stolen

Sekarang, coba jawab pertanyaan berikut: apakah perbedaan dari (1) Every man is supposed to be responsible dan (2) Each man is supposed to be responsible? Apakah sama saja atau berbeda?

Well, jawabannya adalah tentu berbeda. Kalimat (1) memiliki konteks yang lebih luas dan general, dan pastinya jumlah ‘man’-nya lebih banyak. Sementara itu, kalimat (2) lebih spesifik dan merujuk ke beberapa ‘man’ saja

freepik.com

Langkah Selanjutnya?

Itulah bahasan tentang perbedaan Each dan Every yang kamu belum tahu. Ingin tau lebih tentang kosakata Bahasa Inggris lain? Nah, SUN English punya program Conversation dan General English untuk bantu kamu menguasai penggunaan kosakata dan aspek Grammar lainnya loh. Dengan kualitas materi terbaik dan pengajar yang profesional, tentunya kamu bisa lebih paham dan lancar ketika berkomunikasi dalam Bahasa Inggris. Yuk, hubungi kantor SUN English terdekat!

Tinggalkan Balasan