Ingin Daftar International Tes? Ini Biayanya!
Ingin Daftar International Tes? Ini Biayanya!
21 April 2022
jurusan di university of sydney
Ini Dia 5 Jurusan Top di University of Sydney!
22 April 2022

Perbedaan Have, Has dan Had

Perbedaan Have, Has dan Had

Sering mendengar kata have, has dan had dalam kalimat bahasa inggris? kata-kata tersebut tentunya memiliki penggunaan dan arti yang banyak. Pada dasarnya, kata have, has dan had dapat berfungsi sebagai main verb dan auxiliary verb dalam sebuah kalimat tergatung penggunaannya saja. 

Dalam sebuah kalimat, Have, has dan had bisa menjadi main verb yang berarti kata kerja utama dimana have, has, had berfungsi sebagai kata kerja yang bisa berdiri sendiri. Sedangkan jikalau kata- kata tersebut berfungsi sebagai auxiliary verb berarti have, has, dan had adalah kata kerja bantu yang memodifikasi makna kata kerja yang mengikutinya. Kalau kalian pernah belajar tenses, pastinya kata have, has dan had sudah tidak asing lagi jika kalian belajar tenses seperti Present perfect, present perfect continuous dan past perfect.

1. have, has dan had sebagai main verb

Perbedaan Have, Has dan Had

    a. Penggunaan dalam kalimat

Penggunaan has dan have terkadang membingungkan ketika digunakan sebagai kata kerja utama. Hal ini disebabkan karena selain kata has dan have merupakan salah satu irregular verbs yang memiliki bentuk masa lampau (Had), penggunaanya dalam sebuah kalimat pun ditentukan pada subject yang digunakan. 

Have digunakan bersama subject I, You, We, They atau orang pertama dan kedua tunggal atau pada orang ketiga jamak, sedangkan kata Has digunakan bersama subject orang ketiga tunggal seperti She, He, dan It. Seperti contoh di bawah ini:

– They like animals. They have a horse, three dogs and six cats. (mereka suka hewan. Mereka mempunyai seekor kuda, 3 anjing dan 6 kucing.

– Sarah isn’t feeling well. She has a headache. (Sarah lagi kurang sehat. dia lagi sakit kepala)

I have just sent the email to all the students. (saya baru saja telah mengirim email ke semua siswa)

   b. Arti dalam kalimat

Arti kata has, have dan had yang berperan sebagai kata kerja utama adalah untuk menyatakan kepemilikan seperti arti contoh pertama dan kedua di atas. Selain itu, karena fungsinya sebagai kata kerja utama, untuk menyatakan kepemilikan di masa lampau, kata had dapat digunakan. seperti contoh di bawah ini:

I had some bananas on the table yesterday. (saya mempunyai beberapa pisang di atas meja kemarin)

2. Have, has dan had sebagai auxiliary verbs

Perbedaan Have, Has dan Had

Guys! setelah belajar have, has dan had sebagai kata kerja utama, yuk sekarang kita belajar penggunaan selanjutnya yang berfungsi sebagai kata kerja bantu atau auxiliary verbs. Pada pembahasan kali ini kita akan membahas have, has dan had yang digunakan bersamaan kata kerja pada tenses seperti present perfect, present perfect continuous dan past perfect. Selain itu, kita akan berlajar juga fungsi dari tenses tersebut. yukk, kita bahas satu persatu, yang pertama adalah present perfect tense.

a. Have dan has dalam present perfect tense.

Apakah kalian mengetahui fungsi present perfect dalam kalimat bahasa inggris?. Yang pertama, present perfect berperan untuk menjelaskan kejadian yang telah terjadi di masa lampau dan mempunyai hubungan dengan waktu sekarang atau memiliki hasil di masa sekarang. Kedua, present perfect berfungsi untuk mejelaskan kejadian yang baru saja terjadi. Oleh karena itu, kalimat present perfect selalu digunakan untuk menginformasikan berita atau news yang baru saja terjadi. Bentuk kalimat dari tense ini adalah “subject + have/has + verb 3″.

yuk kita pelajari contoh di bawah ini, beserta penggunaan have dan has yang berfugsi sebagai kata kerja bantu.

– Lisa’s English wasn’t very good 3 years ago. However, her English has improved now. (bahasa inggrisnya lisa sangat tidak bagus tiga tahun yang lalu. Tetapi, sekarang bahasa inggrisnya sudah membaik.

I went to the shops 2 hours ago. I’ve bought lots of things. (saya pergi ke toko 2 jam yang lalu. Saya telah membeli banyak barang)

Tom has just gone out. He’ll be back in about an hour. (Tom baru saya pergi. Dia kan kembali dalam satu jam)

– Eka : would you like something to eat? (apakah kamu mau makan sesuatu?)

-Tami : I have just had lunch. (saya baru saja makan siang)

Dari contoh-contoh di atas bisa kita bisa pahami bahwa kata have dan has merupakan kata bantu yang sangat penting untuk memodifikasi makna kata kerja. Selain itu, penggunaan have dan has akan tetap tergantung pada subject yang kalian gunakan yah. Jadinya, kalian pun harus tepat dalam menggunakannya; have bersama subject I, You, We, They, Sedangkan Has harus bersamaan dengan subject She, He dan It.

b. Have dan has dalam present perfect continuous tense.

Perbedaan Have, Has dan Had

Berbeda dengan tense sebelumnya, present perfect continuous tense berperan untuk menjelaskan suatu kejadian yang telah terjadi di masa lampau, namun kejadian tersebut adalah kejadian yang belum selesai atau masih sedang berlangsung di masa sekarang. bentuk kalimat dari tense ini adalah “Subject + have/has + been + verb1 ing”.  untuk lebih jelasnya, kita pelajari contoh di bawah ini.

– Tim is still watching TV. He has been watching TV all day. (Tim masih sedang nonton TV. Dia telah menonton TV seharian=belum selesai nonton TV)

They have been learning English for two years.(Mereka telah dan masih belajar bahasa inggris dari 2 tahun lalu= belum selesai)

Dari 2 contoh di atas sangat jelas bahwa have dan has juga berperan sebagai kata bantu untuk menjelaskan kata kerja utama dalam membentuk suatu arti. 

c. Had dalam past perfect tense

Selanjutnya, kita pelajari juga salah satu tenses yang berperan penting dalam percakapan sehari-hari, yaitu past perfect tense. Berbeda dengan tenses sebelumnya, kata bantu yang kita gunakan pada past perfect adalah kata Had. Sehingga, bentuk kalimat dari tense ini adalah “Subejct + had + verb 3″. Fungsi dari tense ini adalah untuk menjelaskan sebuah past action yang terjadi sebelum past action lainnya terjadi. untuk lebih jelasnya kita bisa pelajari contoh di bawah ini;

– I went to tami’s house an hour ago, but she wasn’t there. She had gone out. (saya pergi ke rumahnya tami 1 jam yang lau, tetapi dia tidak berada di rumah. dia telah pergi.)

– Before I arrived home last night, my brother had eaten all the cakes on the table. (sebelum saya sampai di rumah semalam, kakakku telah memakan semua kue yang ada di atas meja).

– Before I came to the cinema, the film had started. (sebelum saya sampai di bioskop, film nya telah mulai)

 

Untuk informasi lengkap seputar kursus Bahasa Inggris, pilihan program belajar, hingga berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Tinggalkan Balasan