Arti dan Penggunaan Ain’t dalam Kalimat
26 April 2022
Contoh Soal TOEIC yang Sering Muncul: Sudah Tahu?
Contoh Soal TOEIC yang Sering Muncul: Sudah Tahu?
26 April 2022

Perbedaan TOEFL dan TOEIC yang Perlu Kamu Ketahui!

Pasti kamu sudah tidak asing dan sering sekali mendengar tentang tes TOEFL dan TOEIC. Jika bahasa Inggris bukan bahasa pertamamu, kamu pasti akan membutuhkan tes seperti TOEFL dan TOEIC ini untuk berbagai keperluan baik di dalam maupun luar negeri; seperti untuk keperluan kuliah, mendapatkan beasiswa, atau bahkan untuk melamar pekerjaan. Akan tetapi, mungkin kamu masih bingung tes mana yang harus kamu ambil sesuai dengan kebutuhanmu. Yuk simak lengkap perbedaan TOEFL dan TOEIC agar kamu tidak salah pilih!

Tujuan Tes

Walaupun TOEFL dan TOEIC keduanya merupakan tes untuk menguji kemampuan bahasa Inggris seseorang, mereka mempunyai tujuan yang berbeda. Tes TOEFL biasanya berfungsi untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris secara akademik (baik di dalam maupun luar negeri). Kamu bisa menggunakannya untuk persyaratan masuk ke universitas tertentu atau bahkan beasiswa. Lalu, bagaimana dengan TOEIC? TOEIC bisa kamu gunakan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris di lingkungan profesional. Maka dari itu, tes TOEIC ini berguna untukmu yang membutuhkan sertifikat kemampuan bahasa Inggris sebagai persyaratan di dunia kerja; seperti masuk kerja atau naik pangkat di perusahaan.

Isi Tes

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, karena tujuan dari kedua tes ini berbeda, maka isi tes keduanya pun berbeda. Karena tujuan tes TOEFL spesifik untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris di bidang akademik, maka topik dari tes ini akan lebih berfokus pada bidang akademik. Di dalam tesnya akan membahas dunia perkuliahan dan berbagai jenis materi kuliah mulai dari ekonomi, sejarah, sosial, dan lain-lain. Sedangkan untuk tes TOEIC, karena fungsinya adalah untuk dunia profesional, maka topik utamanya pun akan membahas tentang dunia kerja. Misalnya tentang presentasi di kantor atau untuk klien dan juga permasalahan pada saat meeting

Jenis Tes

Perbedaan selanjutnya dari tes TOEFL dan TOEIC adalah jenisnya. Tes TOEIC hanya ada satu jenis dan hanya mengukur kemampuan reading dan listening dalam durasi kurang lebih 2 jam. Sementara itu, tes TOEFL ada 2 jenis tergantung dari kegunaannya. Apabila kamu ingin menggunakannya hanya di dalam negeri saja, kamu cukup mengikuti tes TOEFL PBT yang biasanya diselenggarakan oleh tempat les atau lembaga bahasa khusus yang tersebar di Indonesia. Tes ini terdiri dari listening, structure & written expression, dan reading comprehension yang berdurasi selama kurang lebih 3-4 jam. Bagaimana jika kamu ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri? Tes TOEFL yang perlu kamu ambil untuk ini adalah TOEFL iBT yang terdiri dari reading, listening, speaking, dan juga writing dengan durasi kurang lebih 3 jam.

Skor TOEFL dan TOEIC

Perbedaan tes TOEFL dan TOEIC juga bisa kamu lihat dari rentang skor nya. Untuk rentang skor TOEIC berkisar mulai dari 10 hingga 990. Berbeda dengan skor TOEIC, skor TOEFL PBT untuk keperluan di dalam negeri biasanya berkisar antara 310 hingga 677. Sementara untuk keperluan kuliah ke luar negeri di mana kamu harus mengambil tes TOEFL iBT, rentang skornya mulai dari 0 hingga maksimum 120.

Persiapkan dirimu untuk tes TOEFL dan TOEIC

Nah, itu dia perbedaan antara tes TOEFL dan TOEIC yang perlu kamu ketahui. Kalau kamu ingin menyiapkan diri untuk mengikuti tes bahasa Inggris, yuk ikutan program kelas bahasa Inggris di Sun English yang memiliki kelas sesuai dengan kebutuhan belajar kamu. Kamu juga bisa mengetahui level bahasa Inggris kamu agar pilihan program dapat disesuaikan dengan kemampuan bahasa Inggris yang kamu miliki.

Untuk informasi lengkap seputar kursus Bahasa Inggris, pilihan program belajar, hingga berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa emukan informasinya di sini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Tinggalkan Balasan