Apa Arti Pronouns, Jenis-Jenisnya dan Bagaimana Menggunakannya dalam Kalimat?
Apa Arti Pronouns, Jenis-Jenisnya dan Bagaimana Menggunakannya dalam Kalimat?
20 April 2022
Rekomendasi Tempat Mendaftar Kursus TOEFL Online Berkualitas di Indonesia
21 April 2022

Rekomendasi Tempat Kursus TOEFL ITP di Jakarta

Sebagai bahasa internasional, Bahasa Inggris tentu sudah bukan lagi bahasa asing yang sulit kita pelajari. Dengan pesatnya pertumbuhan teknologi dan globalisasi, memberikan akses yang mudah bagi siapa saja yang ingin belajar Bahasa Inggris. Baik melalui video, artikel, maupun belajar otodidak dengan cara berkomunikasi langsung dengan penutur asli Bahasa Inggris. Bahkan, saat ini Bahasa Inggris telah menjadi syarat maupun prioritas penting dalam seleksi tertentu. Contohnya yaitu melamar pekerjaan, syarat kelulusan, serta syarat beasiswa, baik dalam negeri maupun luar negeri..

Dalam mengukur kemampuan Bahasa Inggris, terdapat cukup banyak jenis tes seperti TOEFL ITP, TOEFL iBT, IELTS, Duolingo, dan lain sebagainya, tergantung pada kebutuhan dan syarat seleksi yang kita ingin capai. Di dalam negeri sendiri, tes kemampuan Bahasa Inggris yang paling umum dan banyak menjadi syarat adalah TOEFL ITP.

Selain memberi informasi sekilas mengenai TOEFL ITP, artikel ini juga akan memberikan rekomendasi tempat kursus TOEFL ITP Jakarta.

Pengertian TOEFL ITP

Test of English as a Foreign Language, atau yang kita lebih familiar dengan nama TOEFL, adalah tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris seseorang, terutama yang berasal dari negara tidak berbahasa Inggris (Bahasa Inggris bukan bahasa utama).

Bagaimana awal mula tes TOEFL menjadi alat ukur kemampuan Bahasa Inggris? Sejak tahun 1947, sebuah lembaga internasional yang berpusat di Amerika Serikat, Educational Testing Service (ETS), berdiri. Lembaga terseburyang kemudian membentuk dan mengelola tes TOEFL. Hingga saat ini, sudah banyak sekali lembaga di dalam negeri yang bekerjasama dengan ETS, sehingga kita tetap bisa mengambil tes TOEFL tanpa harus pergi ke Amerika terlebih dahulu.

Lalu, apa itu TOEFL ITP? ITP atau Institutional Testing Program adalah salah satu jenis TOEFL khusus untuk wilayah Asia yang diselenggarakan oleh ETS, yang artinya sertifikat TOEFL ITP hanya digunakan untuk institusi dan wilayah lokal tertentu dan tidak berlaku untuk seluruh negara di dunia.

TOEFL ITP terdiri dari 3 sesi, yaitu listening, structure and written expression, dan reading comprehension. Umumnya, di berbagai lembaga maupun institusi di dalam negeri meminta syarat minimal total skor 550 untuk dapat lolos seleksi.

Masa Berlaku Sertifikat TOEFL ITP

Setelah mengambil tes TOEFL ITP, kita akan mendapatkan sertifikan yang berisi skor masing-masing sesi dan total skor. Sertifikat tersebutlah yang kemudian akan kita lampirkan pada kebutuhan kita masing-masing.

Namun, sertifikat TOEFL ITP tersebut tidak dapat kita gunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Sertifikat TOEFL ITP memiliki masa berlaku. Menurut ETS, sertifikat TOEFL ITP hanya memiliki masa berlaku selama 2 tahun lamanya.

Persiapan Kursus TOEFL ITP Jakarta

Seperti yang telah kita bahas di atas, umumnya minimal skor TOEFL ITP yang perlu kita capai adalah 550. Meski demikian, setiap perguruan tinggi, intansi, maupun perusahaan pasti memiliki standar nilai atau skor TOEFL masing – masing. Kita pasti ingin mencapai skor setinggi yang kita bisa supaya akan lebih besar pula peluang kita untuk lolos dalam seleksi baik itu perguruan tinggi, pekerjaan, atau beasiswa.

Maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk mempersiapkan dengan matang sebelum akhirnya memutuskan untuk mengambil tes resmi yang bersertifikat ETS. Tentu kita tidak ingin harus mengulang mengambil test karena kita yang tidak benar-benar siap.

Tidak perlu bingung karena saat ini ada begitu banyak lembaga kursus TOEFL ITP yang menyediakan jasa untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi tes kemampuan Bahasa Inggris satu ini. Salah satunya adalah SUN English dari SUN Education Group.

Manfaat Kursus Persiapan Tes TOEFL ITP

Kenapa, sih, kita perlu kursus untuk mempersiapkan diri sebelum mengambil tes TOEFL ITP? Apa saja manfaatnya?

Didampingi oleh Pengajar Profesional yang Berpengalaman

Ketika berlatih secara mandiri, tidak dapat kita hindari pasti akan ada beberapa materi atau pertanyaan yang tidak dapat kita pahami. Sudah berusaha mencari jawaban di internet, tetap saja masih sulit untuk kita pahami. Terutama, sesi kedua pada TOEFL ITP  yaitu structure and written expression di mana kita harus memahami grammar.

Apabila belajar dengan mendapat pendampingan pengajar yang sudah berpengalaman dan menguasai di bidangnya, kita dapat menanyakan apapun kesulitan yang kita alami dalam menyiapkan TOEFL ITP. Bahkan kita dapat meminta pengajar untuk menjelaskan hingga kita benar-benar paham.

Tidak hanya itu, kita juga akan mendapatkan banyak soal latihan dan dapat kita kerjakan serta diskusikan jawabannya bersama dengan pengajar.

Mendapatkan Strategi dalam Mengerjakan Tes

Seperti yang telah kita ketahui, belajar bersama pengajar akan lebih memudahkan kita dalam memahami apa yang harus kita pelajari sebelum mengambil tes TOEFL ITP. Selain itu, ketika kita memutuskan untuk mempersiapkan diri dengan mengikuti kursus, lembaga dan pengajarnya tentu akan memberikan kita beberapa strategi. Supaya dalam mengerjakan soal, kita tidak hanya memahami materinya, tapi juga tahu bagaimana mengenali jenis soal serta bagaimana memilih jawaban yang benar.

Persiapan yang Matang

Manfaat berikutnya yang kita dapatkan ketika mengikuti kursus untuk mempersiapkan tes TOEFL ITP adalah kita akan lebih siap baik secara pengetahuan maupun mental. Mengapa demikian? Saat kursus, selain materi, tentu kita juga akan mendapatkan latihan-latihan soal TOEFL ITP. Kita akan mendapat bimbingan dalam mengerjakan, juga berdiskusi mengenai jawabannya. Jenis soal sesulit apapun, tentu itu bukan lagi hal yang menegangkan apabila kita sudah terbiasa mengerjakannya.

Keunggulan Kursus TOEFL ITP Jakarta di SUN English

Program kursus bahasa Inggris SUN dirancang sebagai program persiapan singkat dan intensif dimana peserta harus melalui proses dan strategi pembentukan keterampilan yang cukup ketat, latihan/tes, tutorial, diskusi, latihan tambahan, dan sesi umpan balik, yang akan memastikan peningkatan skor setiap peserta. Tim akademik dan pengajarnya akan memberikan fasilitas yang memadai, pengenalan materi ujian, saran dan rekomendasi, serta pengalaman langsung yang dibutuhkan siswa untuk menghadapi ujian yang sebenarnya. Beberapa keunggulan lainnya yaitu:

Kelas Online dan Offline

Bagi sebagian orang, tatap muka dengan pengajar dan teman di kelas adalah cara yang efektif untuk belajar. Dengan belajar tatap muka, kita dapat berinteraksi dan bertanya langsung dengan pengajar. Selain itu, belajar di kelas juga membantu lebih fokus karena kemungkinan terkendala gangguan sekitar maupun gangguan koneksi dapat kita hindari.

Meski demikian, tak sedikit juga yang lebih memilih belajar daring karena alasan satu dan lain hal. Hal tersebut tidaklah menjadi masalah jika mengambil kursus bersama SUN English, karena lembaga tersebut membuka kelas untuk keduanya, yaitu online dan offline.

Terdapat Placement Test

Langkah awal sebelum mengikuti program pembelajaran di SUN English adalah dengan menjalani Placement Test atau Tes Prediksi TOEFL ITP. Melalui tes tersebut, kita dapat menentukan tingkat penempatan sebelum memasuki program persiapan tes dan menentukan bahan yang kita butuhkan. Dari hasil pengujian tersebut, prediksi ini juga akan merancang program yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan, serta membantu mendapatkan skor target yang ingin kita capai.

Kelas Kecil dan Intensif

SUN English membuka dua (2) jenis kelas: Private (1-2 orang) dan Semi Private (4-6 orang). Kelas dengan jumlah murid sedikit dan program pembelajaran intensif akan memberikan hasil yang baik. Mengapa? Karena pengajar dapat dengan mudah mengidentifikasi kelemahan dan kelebihan siswa di kelas. Selain itu, siswa akan mendapatkan lebih banyak perhatian dan waktu selama proses pembelajaran, lebih mudah berkonsentrasi pada setiap materi yang mereka punya, dan memiliki kesempatan untuk berinteraksi lebih banyak yang akan mempengaruhi proses pembelajaran menjadi lebih efektif.

Lokasi Strategis

Bagi yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya, tidak perlu lagi bingung mencari tempat kursus TOEFL ITP Jakarta karena SUN English memiliki beberapa pusat pembelajaran di Jakarta yaitu di Kelapa Gading, Pluit, Tanjung Duren, Kebun Jeruk, Senayan Trade Center (STC), Pondok Indah, Gading Serpong, dan Alam Sutera. Kantor perwakilan SUN English berada di lokasi yang strategis dan mudah dijangkau.

Untuk informasi lengkap seputar kursus Bahasa Inggris, pilihan program belajar, hingga berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Tinggalkan Balasan