Rekomendasi Tempat Kursus TOEFL ITP di Jakarta
20 April 2022
Apa Arti Regular dan Irregular Verbs dalam Bahasa Inggris?
21 April 2022

Rekomendasi Tempat Mendaftar Kursus TOEFL Online Berkualitas di Indonesia

Yang Perlu Kamu Tahu

Dalam beberapa tahun terakhir, kursus TOEFL online menjadi hal yang tidak asing terdengar di kalangan pelajar. Pasalnya, kehadiran kursus-kursus berbasis virtual atau digital muncul dengan sangat massive, tidak hanya di Indonesia saja tetapi juga di seluruh belahan dunia. Hal ini terjadi karena adanya pandemi Covid-19 di tahun 2020 yang mengharuskan kita untuk menjaga jarak satu dengan lainnya. Alhasil kegiatan belajar tatap muka untuk kegiatan akademis dan non akademis tidak dapat berjalan seperti sedia kala.

Aktivitas pembelajaran tentu tidak dapat berhenti begitu saja karena virus yang menyebar di berbagai dunia. Maka dari itu, kursus toefl online maupun jenis kursus lain seperti matematika, ekonomi, musik bahkan yoga bisa menjadi alternatif baru bagi banyak orang. Pemilihan jenis dan tempat kursus untuk kamu juga merupakan hal krusial dan perlu perhatian lebih, lho. Jangan sampai kualitas dan ekspektasi yang kamu inginkan menjadi tidak sesuai dengan kebutuhan belajar kamu.

Kamu pun bisa mempertimbangkan dan mengukur beberapa hal penting ketika memilih belajar dengan metode daring. Mulai dari kualitas pengajar, durasi belajar yang dibutuhkan, jenis kelas dan lain-lain sebagai berikut:

1. Kompetensi Pengajar

Sama halnya seperti belajar offline, kursus via daring juga membutuhkan pengajar yang profesional dan handal di bidang yang menjadi fokus mereka. Tidak hanya itu, mereka pun harus mampu menyampaikan dan mengkomunikasikan materi dengan baik dan mudah dimengerti. Sehingga, kamu akan mendapatkan pengalaman belajar yang menyenangkan.

2.Kurikulum dan Bahan Ajar Yang Menyesuaikan Siswa

Kamu perlu pertimbangkan tempat belajar terstandar yang memiliki kurikulum yang up-to-date dan cocok dengan target yang kamu inginkan. Seperti apa pace belajar yang kamu mau? Apakah tingkat kesulitan soal-soal dan progress belajar sudah sesuai?

3.Kapasitas Di Dalam Kelas Online

Tahukah kamu, kapasitas kelas akan menjadi penentu utama kemajuan proses belajar, lho. Apalagi kelas virtual setidaknya butuh penyesuaian lebih untuk berkomunikasi di dalam kelas. Terlalu banyak peserta per sesi kelas akan menyulitkan dalam memahami materi dan bertanya kepada tutor kamu.

4.Biaya Sesuai Dengan Fasilitas

Fasilitas adalah salah satu dari syarat paling krusial ketika kamu memutuskan untuk mengambil kelas online. Perlu kamu sadari, belajar bersama guru saja bukan hanya satu fasilitas yang kamu butuhkan. Kamu pun dapat mencari jenis layanan kelas yang memiliki sistem ujian berkala untuk mengukur kemajuan nilai dan perkembangan selama belajar. Layanan tanya jawab kepada teacher di luar jam kelas akan menjadi nilai service yang luar biasa.

Sebelum kita kulik lebih dalam tentang kursus toefl online berkualitas di Indonesia, alangkah baiknya kita pahami dulu apa itu TOEFL dan bagaimana jenis tesnya.

Kenali Pendiri Tes TOEFL, Yuk!

Secara umum, jika kamu yang memilih negara Amerika Serikat dan Kanada yang bertutur American English, persyaratan tesnya adalah TOEFL. Sudahkah kamu pertimbangankan negara impian mana yang hendak kamu jelajahi untuk karir atau pendidikanmu nanti? ETS atau Educational Testing Services mendirikan TOEFL atau Test of English as a Foreign Language sebagai tolak ukur berbahasa Inggris. Tes standar ini mengukur kecakapan seorang non-native (bukan penutur asli Bahasa Inggris) untuk ke perguruan tinggi di negara-negara tertentu. Negara-negara tersebut adalah negara yang resmi memakai Bahasa Inggris sebagai bahasa utama.

TOEFL (Test of English as a Foreign Language)

Adapun beberapa fokus utama dalam menilai kemampuan bahasa Inggris yang perlu kamu pelajari sebelumnya; 50 soal dari Listening Comprehension (kemampuan mendengarkan), 40 soal untuk Structure and Written Expression (struktur atau tata bahasa), 50 soal dari Reading Comprehension (keterampilan membaca), dan 1 pertanyaan esai pada Test of Written English atau TWE. TOEFL menguji keempat skill ini secara berurutan selama dengan durasi yang berbeda.

Tidak semua tes TOEFL menguji skill TWE, kebanyakan dari test TOEFL hanya menguji 3 skill pertama dengan total durasi 115 menit. Sebagai catatan, masa berlaku sertifikat TOEFL juga berbeda-beda tergantung dari lembaga atau institusi yang menilai kelayakan sertifikat tersebut, secara umum mereka mengakui sertifikat TOEFL hingga 2 tahun saja.

TOEFL PBT (Paper Based Test)

Paper Based merupakan jenis TOEFL yang paling tradisional karena masih memakai media kertas dalam pengerjaannya. Sistem penilaiannya pun dilakukan manual oleh penyelenggara tes atau institusi yang resmi bekerjasama dengan ETS. Penilaian skor mulai dari nilai terendah hingga tertinggi berkisar dari 310 hingga 677.

TOEFL CBT (Computer Based Test)

Berbeda dengan PBT, Computer Based menggunakan media komputer baik dari proses mengisi hingga skoring nilai mulai dari 0 hingga 300.

TOEFL IBT (Internet Based Test) 

Selain tiga fokus bahasa sebelumnya, tes ini menguji kemampuan speaking, tidak seperti CBT dan PBT juga terdapat perbedaan dalam menilai angka skor yakni 0-120. Tes ini telah menggantikan dua tes sebelumnya walaupun di Indonesia TOEFL PBT masih cukup populer.

Rekomendasi Tempat Kursus TOEFL Online

Dari sejumlah ulasan di atas, kamu pun jadi tahu berbagai kriteria utama tempat belajar yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan. Sehingga kamu pun bisa mendapatkan pengalaman kursus yang menyenangkan dan tentunya bermanfaat.

Jika kamu bergabung di SUN English, kamu akan mendapatkan program persiapan singkat yang intensif. Pengasahan keterampilan dan strategi yang cukup ketat akan kamu dapatkan serta berbagai macam latihan. Pengajar tentu siap untuk memberikan macam-macam tutorial, diskusi, tes berkala dan sesi umpan balik. Sesi umpan balik atau feedback ini akan menguatkan peningkatan skor yang kamu inginkan.

SUN English sediakan dua jenis kelas untuk kamu mulai dari kelas Private (1 orang) dan Semi Private (2-4 orang). Kelas dengan jumlah murid yang sedikit dan program belajar intensif dari kami bisa meningkatkan progress yang lebih maksimal. Mengapa begitu ? Para pengajar bisa lebih mudah mengenali kelemahan dan kekuatan dari skill yang kamu miliki. Tidak hanya itu, kamu akan mendapatkan perhatian dan waktu lebih banyak untuk fokus di kelas. Kamu juga jadi lebih berkonsentrasi pada setiap materi dan mudah untuk berinteraksi langsung agar belajar menjadi efektif dan optimal.

Berikut adalah informasi seputar kursus TOEFL online yang bisa kita berikan untuk kamu. Semoga cocok dan sesuai dengan apa yang kamu butuhkan saat ini, ya. Untuk informasi lengkap seputar kursus Bahasa Inggris, pilihan program belajar, hingga berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa temukan informasinya di sini.

SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Tinggalkan Balasan