Persiapan Kursus 6
6. Apa itu SAT I?
2 Januari 2019
Persiapan Kursus 8
7. SAT
2 Januari 2019

6. GMAT vs GRE

Persiapan Kursus 7

Jika Anda berencana mengambil program bisnis dan manajemen ke luar negeri, terutama ke Amerika Serikat, ada syarat tes kecakapan akademis yang diajukan oleh universitas tujuan. Sekolah bisnis di Amerika Serikat umumnya mensyaratkan calon murid memiliki hasil tes Graduate Records Examinations (GRE®) atau Graduate Management Admission Test (GMAT®).

Umumnya, sekolah bisnis lebih memprioritaskan GMAT® sebagai syarat penerimaan. Akan tetapi, belakangan GRE® mulai banyak dipilih oleh sekolah bisnis di Amerika Serikat sebagai tes yang lebih aplikatif.

Lalu, tes apa yang sebaiknya dipilih? GRE® atau GMAT®?

GRE®

GRE® biasanya dipilih jika Anda juga berencana melanjutkan studi ke program studi yang berbeda selain untuk sekolah bisnis. GRE® juga dapat digunakan untuk persyaratan kuliah program studi lainnya. Selain itu, biaya tes GRE® juga relatif lebih murah yaitu berkisar USD205.

Tes GRE® terdiri dari tiga bagian: writing, verbal, dan quantitative dengan total durasi pengerjaan tes selama 3 jam 45 menit.

Tes verbal GRE® (dan juga penilaian dalam bagian writing) lebih berfokus pada vocabulary, yang juga menentukan penilaian dalam writing. Oleh karena itu, peserta tes dengan wawasan dan daya ingat yang kuat tentang bahasa Inggris akan lebih mudah meraih hasil optimal pada bagian verbal GRE.

Kuantitatif GRE® berfokus pada pertanyaan matematika secara konseptual. Peserta dapat memanfaatkan trik dan manipulasi matematika yang dipelajari saat SMA, atau saat mempersiapkan SPMB. Bidang cakupan yang dibahas di bagian matematika GRE® juga tidak berbeda jauh dengan pelajaran matematika SMA seperti deret, aljabar, probabilitas, statistik, dan geometri. Dibutuhkan latihan rutin untuk meraih hasil yang baik.

GMAT®

Ini merupakan tes bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan ke sekolah bisnis. Terdapat beberapa sekolah bisnis yang menjadikan GMAT® sebagai tes yang diprioritaskan. Untuk mengikuti GMAT, peserta harus mengeluarkan biaya tes sebesar USD250 per tes.

GMAT® terdiri dari empat bagian yaitu writing, reasoning, verbal, dan quantitative dengan durasi total waktu pengerjaan selama 3 jam 30 menit.

GMAT® lebih berfokus pada logika, grammar, dan kemampuan penalaran. Bagian Quantitative GMAT®, peserta akan diberikan soal-soal hitungan yang harus dijawab dengan pendekatan yang sistematis dan proses yang terkadang panjang. Pertanyaan banyak terkait dengan penerapan ketimbang konsep, sehingga banyak yang menganggap soal Quantitative GMAT® relatif lebih sulit ketimbang GRE®. 

Jadi, pilih GRE® atau GMAT? Sebelum memutuskan, cari tahu dulu plus-minus melalui pertimbangan berikut ini:

1. Tes GRE® relative lebih murah dibandingkan Tes GMAT®.

2. Hasil Tes GRE® bisa selesai lebih cepat ketimbang tes GMAT®.

3. Apabila sudah memutuskan untuk kuliah bisnis di Amerika Serikat, sebaiknya ambil tes GMAT®.

4. Bila memutuskan kuliah program studi selain bisnis dan managemen, sebaiknya ambil tes GRE®.

 

GMAT & GRE Preparation at SUN English

GMAT/GRE Premium Class
Class Types Private (1 student)

Semi Private (2 students atau lebih)

Duration 30 hours
50 hours
70 hours
Requirements GMAT/GRE Placement Test

 

GMAT/GRE Essential 
Class Types Regular (5-15 students)
Duration 30 hours
Requirements No test required

 

GMAT Coaching Clinic 
Class Types Private (1-3 students)
Duration 15 hours
Requirements No test required

 

GMAT Crash Course 
Class Types Regular (5-15 students)
Duration 15 hours
Requirements No test required

 

Bingung pilih paket yang sesuai dengan kebutuhan kamu? langsung kontak aja nomer hotline Sun English di 081211868283 untuk informasi lebih lanjut!

Comments are closed.