biaya kuliah di Australia
Berapa Biaya Kuliah di Australia Yang Harus Kamu Keluarkan?
21 Januari 2020
biaya hidup termurah di Indonesia
5 Fakta Tentang Gaya Hidup Orang Jepang
23 Januari 2020

Kuliah Murah di Inggris? Cek 5 Kota Ini!

biaya hidup di inggris

biaya hidup di inggris

Seperti yang selalu kita kenal, Inggris adalah negara dengan daya tarik besar bagi para pelajar dari seluruh dunia. Banyak dari mereka mengincar negara ini untuk melanjutkan studinya. Hal tersebut dikarenakan kualitas pendidikan Inggris merupakan yang terbaik di dunia. Lulusannya menghasilkan seseorang dengan full capability, inovator, pengusaha, maupun bekerja di industri ternama.

biaya hidup di inggris

Sumber: Freepik

Akan tetapi, nilai mata uang Indonesia dan biaya hidup berbeda dengan Inggris. Hal inilah yang menjadi pertimbangan banyak siswa Indonesia yang ingin studi di luar. Kamu dapat mengandalkan beasiswa yang biasanya ditawarkan oleh beberapa universitas dengan nominal yang beragam. Namun, kamu sebenarnya bisa loh kuliah di Inggris dengan menyesuaikan budget yang kamu miliki. Sebagai rekomendasi, yuk cek 5 kota dengan biaya hidup murah di Inggris ini:

Baca Juga : Berapa Biaya Kuliah di Australia Yang Harus Kamu Keluarkan?

Newcastle

Newcastle adalah salah satu kota dengan biaya hidup murah di Inggris. Kota ini terletak di Timur Laut Inggris⁠. Wilayah utara Inggris memang dikenal lebih murah daripada Selatan, dan ini termasuk dengan Newcastle. Di kota ini, harga sewa tempat tinggal rata-rata dapat menghabiskan hanya sekitar £300 sebulan. Mirip dengan tetangganya Skotlandia, Newcastle juga memiliki transportasi umum yang sangat murah—satu tiket metro dapat mematok seharga £1,50. Untuk biaya makan sendiri, kamu dapat menghabiskan sekitar £140 – £200 saja perbulan.

Buat kamu yang ingin kuliah di kota ini, Newcastle punya beberapa universitas terkemuka seperti Newcastle University dan juga Northumbria University. Selain kualitas pengajaran, kedua universitas tersebut dikenal memiliki fasilitas yang lengkap bagi para pelajar. Jika ingin mengatur pengeluaran yang lebih hemat, kamu dapat tinggal di akomodasi yang disediakan oleh universitas tersebut.

Belfast

Belfast termasuk kota pelajar yang paling terjangkau di Inggris. Salah satu universitas riset terkemuka di negara tersebut, Queen’s University Belfast, mengatakan bahwa kota ini lebih murah dibandingkan Manchester, Edinburgh, Leeds dan Newcastle. Living expenses nya pun 28% lebih rendah daripada London. Untuk kamu yang ingin berkuliah di Belfast, kamu hanya akan menghabiskan sekitar £90 – £107 per minggu untuk akomodasi dan sekitar £40an untuk membeli bahan makanan yang dibutuhkan.

Sheffield

Sheffield adalah salah satu kota dengan biaya hidup paling terjangkau di Inggris untuk siswa. Biaya hidup menurut pemerintah tidak lebih dari £1015 per bulan, biaya ini sudah termasuk akomodasi, buku, makanan, peralatan, dan biaya transportasi lokal. Tetapi, jumlah ini dapat berkurang secara drastis jika kamu memilih sendiri akomodasi yang ada di universitas. Tinggal di properti yang dibangun khusus untuk siswa merupakan pilihan yang bagus karena mereka akan memberikan mu berbagai fasilitas gratis.

Baca Juga : Biaya Hidup Termurah di Indonesia

Di Sheffield ada berbagai universitas top yang dapat kamu pilih sebagai destinasi studi, seperti University of Sheffield dan Sheffield Hallam University. Sebagai pelajar, kamu tidak akan membayar pajak dewan serta dapat memilih untuk tidak membayar lisensi TV. Pengeluaran transportasi pun dapat dengan mudah kamu kurangi karena hampir seluruh tempat yang ada di Sheffield berada dalam jarak yang dekat jika ditempuh dengan berjalan kaki.

Cardiff

Cardiff juga menyusul dalam peringkat salah satu kota dengan biaya hidup di Inggris yang termurah bagi para pelajar. Kota ini menjadi yang pertama paling hemat biaya di Inggris dalam Natwest Student Living Index tahun 2019. Indeks tersebut pun didasarkan pada pendapatan siswa, pengeluaran bulanan dan life balance. Bahkan menurut Cardiff University, universitas dengan riset terkemuka dunia, mengatakan bahwa rata-rata sewa tempat di kota ini hanya merogoh kocek sejumlah £105 sebulan termasuk tagihan.  

Di Cardiff University sendiri kamu dapat menghemat dengan tinggal di akomodasi kampus yang membutuhkan biaya rata-rata sekitar £8.996 untuk tahun akademik penuh atau £4.498 untuk satu semester. Saat kamu menjadi mahasiswa di universitas ini, kamu akan mendapatkan kartu pelajar dengan fasilitas diskon di banyak toko dan restoran. Perkiraan biaya ini sudah mencakup akomodasi, makanan, buku, pakaian, perjalanan, telepon, dan pengeluaran yang berkaitan dengan aktivitas sosial.

Liverpool

Liverpool relatif murah dibandingkan dengan kota-kota lain di Inggris. Di kota ini, kamu dapat menikmati sewa tempat tinggal dengan harga rendah baik di pusat kota maupun di pinggiran kota. Kamu akan mengeluarkan biaya sekitar £ 6.000 dan £ 8.000 per tahun untuk biaya hidup sehari-hari termasuk akomodasi, makanan, dan perjalanan lokal. Living cost kamu juga sebenarnya akan bervariasi sesuai dengan gaya hidupmu.

Baca Juga : Urutan 10 Universitas Terbaik di Dunia 2020

Di kota ini kamu bisa memilih opsi University of Liverpool atau Liverpool John Moores University sebagai destinasi studi. Untuk biaya hidup lebih murah saat studi, kamu bisa memilih untuk tinggal di akomodasi kampus. University of Liverpool dikenal baik dalam riset dan bidang studi Bisnisnya, sedangkan untuk Liverpool John Moores University sifatnya lebih praktikal. Buat kamu yang ingin memaksimalkan potensi praktis, kamu bisa memilih universitas ini.

biaya hidup di inggris

Sumber: Freepik

Nah itu dia 5 kota dengan biaya hidup di Inggris yang murah! Kamu juga bisa hidup hemat dengan cara lain selain memilih akomodasi murah loh. Cobalah untuk memasak sendiri, memilih belanja bulanan di supermarket termurah, dan naik transportasi umum saat bepergian ke tempat yang diinginkan. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah mengawasi keuangan mu dan juga pandai mengatur pengeluaran. Semoga dengan rekomendasi kota diatas, kamu bisa lebih mudah mempertimbangkan destinasi studi ya. Tetaplah semangat meraih impian!

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!