Bongkar Pengalaman Kuliah Jurusan Teknik Informatika, Yuk!
Bongkar Pengalaman Kuliah Jurusan Teknik Informatika, Yuk!
16 Maret 2022
6 Alasan Kenapa Harus Memilih Jurusan Administrasi Publik
6 Alasan Kenapa Harus Memilih Jurusan Administrasi Publik
18 Maret 2022

6 Alumni Terkenal Lulusan University of Kansas

University of Kansas

University of Kansas terkenal atas banyak hal seperti kampusnya yang bagus, program basketnya, serta standar akademik berkualitas tinggi. Selain beberapa faktor yang membuat universitas berbasis di Amerika Serikat ini dikenal, ternyata ada banyak juga mahasiswa mereka yang kemudian menjadi artis bahkan terkenal di Hollywood!

Universitas ini sendiri adalah universitas riset negeri yang menjadi salah satu dari 62 anggota Association of American Universities (AAU). Mereka memiliki lima kampus yang tersebar di berbagai area seperti Lawrence campus, Edwards Campus di Overland Park, serta cabang sekolah kesehatan di Kansas City, Wichita, dan Salina.

Universitas ini juga memiliki berbagai jurusan studi seperti Architecture, Aerospace Engineering, Biotechnology, Information Technology, Linguistics, Pharmacy, Philosophy, Theatre, dan masih banyak lainnya.

Buat kamu yang lagi nyari opsi tujuan studi di Amerika Serikat, ini mungkin bisa jadi salah satu pertimbangan kamu buat memilih University of Kansas!

Siapa aja sih nama-nama besar yang pernah kuliah di universitas ini? Baca di bawah ya!

 

1. Gillian Flynn

University of Kansas

 

Gillian Flynn adalah seorang penulis asal Amerika Serikat. Flynn sudah menerbitkan tiga novel top yakni Sharp Objects, Dark Places, dan Gone Girl, yang ketiganya sudah diadaptasi menjadi film atau serial televisi.

Flynn menulis adaptasi untuk film Gone Girl (2014) dan serial HBO Sharp Objects, serta menjadi penulis skenario untuk film thriller Widows (2018). Film Gone Girl sendiri jadi salah satu adaptasi karyanya yang paling terkenal lho! Film itu dibintangi oleh Ben Affleck dan Rosamund Pike.

Dia adalah pembawa acara dari serial drama fiksi ilmiah 2020 Utopia. Sebelumnya, Flynn adalah seorang kritikus televisi untuk Entertainment Weekly.

Novelis ini berkuliah di University of Kansas, di mana dia menerima gelar sarjana dalam bahasa Inggris dan jurnalisme. Dia menghabiskan dua tahun di California, menulis untuk majalah ekonomi dan perdagangan. Sebelum pindah ke Chicago, Flynn menghadiri Northwestern University dan mendapatkan gelar master di Medill School of Journalism pada 1997.

 

2. Rob Riggle

University of Kansas

 

If you’re a fan of comedy movies, you’ll know this one for sure! Rob Riggle merupakan aktor, komedian, koresponden The Daily Show, dan mantan cast member Saturday Night Life. Dia membintangi sejumlah film komedi terkenal seperti Talladega Nights: The Ballad of Ricky Bobby (2006), The Hangover (2009), Furry Vengeance (2010), Larry Crowne (2011), hingga Dumb and Dumber To (2014). 

Riggle saat ini menjadi pembawa acara bersama serial pertunjukan permainan golf mini Holey Moley dengan Joe Tessitore di stasiun televisi ABC.

Pria kelahiran Louisville, Kentucky, ini berkuliah di University of Kansas di mana dia menjadi anggota fraternity Phi Gamma Delta dan lulus dengan gelar B.A. di Teater dan Film pada 1992. Riggle kemudian melanjutkan untuk mendapatkan gelar Master of Public Administration dari Webster University pada 1997.

University of Kansas bahkan memberikan Riggle penghargaan untuk alumni terkemuka pada 2018 dari College of Liberal Arts & Sciences. 

 

3. Paul Rudd

University of Kansas

 

Marvel fans pasti tau aktor ini! Paul Rudd merupakan aktor Hollywood ternama yang udah main di banyak banget film seperti Ant-Man (2015), Clueless (1995), Ghostbusters Afterlife (2021), Avengers Endgame (2019), hingga Night at the Museum (2006).

Rudd berkarir sebagai seorang komedian, aktor, sekaligus produser yang pernah menempuh studinya di University of Kansas. Ia mengambil jurusan teater  ̶  satu dari banyaknya jurusan populer di kampus tersebut. Terlihat jelas bahwa Rudd memiliki passion di bidang akting karena ia masih menghabiskan beberapa bulannya untuk mengambil kursus drama di Inggris setelah menempuh studinya di KU.

 

4. Clyde Tombaugh

 

Nama Clyde Tombaugh mungkin belum terlalu familiar di kupingmu, tapi tau nggak sih kalau astronom asal Amerika ini menemukan Pluto pada 1930? Yes, it’s him! Pada saat penemuan, Pluto dianggap sebagai planet, tetapi direklasifikasi sebagai planet kerdil pada 2006. Tombaugh juga menemukan banyak asteroid, dan menyerukan penelitian ilmiah yang serius tentang objek terbang tak dikenal.

Setelah penemuannya, Tombaugh memperoleh gelar sarjana dan master dalam bidang astronomi dari University of Kansas pada 1936 dan 1938. Selama Perang Dunia II dia mengajar navigasi personel Angkatan Laut di Northern Arizona University. 

Dia bekerja di White Sands Missile Range pada awal 1950-an, dan mengajar astronomi di New Mexico State University dari 1955 hingga pensiun pada 1973. Pada 1980, dia dilantik ke International Space Hall of Fame

 

5. Alan Mulally

 

Meskipun bukan artis, nama Alan Mulally nggak kalah penting! Mulally merupakan seorang insinyur dan eksekutif manufaktur di industri kedirgantaraan Amerika Serikat.

Dia adalah mantan Presiden dan CEO Ford Motor Company hingga 2014. Setelah pensiun dari Ford, Mulally diangkat  menjadi Dewan Direksi Google. 

Mulally adalah wakil presiden eksekutif Boeing dan CEO Boeing Commercial Airplanes (BCA). Dia memulai karirnya dengan Boeing sebagai seorang insinyur pada 1969 dan dia dikenal sebagai sosok di balik kebangkitan BCA melawan Airbus pada pertengahan 2000-an. Pada 2015, Mulally dilantik ke dalam International Air & Space Hall of Fame di San Diego Air & Space Museum.

Pria kelahiran 1945 ini lulus dari University of Kansas dengan gelar Bachelor of Science pada 1968. Dia kemudian melanjutkan studinya di universitas itu dan memperoleh gelar Master of Science di bidang teknik penerbangan dan astronotika.

 

6. Wilt Chamberlain

 

Nah kalo yang satu ini udah pasti nggak asing buat penggemar NBA! Wilt Chamberlain adalah seorang pemain basket profesional yang bermain sebagai center, dan secara luas banyak yang menganggapnya sebagai salah satu pebasket terhebat dalam sejarah olahraga.

Dia bermain untuk Philadelphia/San Francisco Warriors, Philadelphia 76ers, dan Los Angeles Lakers. Sebelumnya, Chamberlain bermain untuk University of Kansas dan Harlem Globetrotters sebelum main di NBA.

Pada 1955, Chamberlain masuk ke University of Kansas. Pada tahun pertamanya, ia bermain untuk tim mahasiswa baru Kansas Jayhawks di bawah pelatih Phog Allen. 

Gimana? Dari deretan nama bertabur bintang ini, mana yang paling kamu idolakan? Banyaknya nama terkenal yang memilih untuk menimba ilmu di University of Kansas, bisa mencerminkan kualitas pendidikan yang ditawarkan lah ya!

Pingin dapet lebih banyak informasi soal studi di Amerika Serikat? Caranya mudah banget, kamu tinggal akses SUN E-Guide Book untuk dapet informasi terlengkap soal belajar di Amerika Serikat dan banyak negara lainnya. Buruan, akses E-Guide Book secara GRATIS dimanapun dan kapanpun kamu berada!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu untuk KONSULTASI GRATIS.

 

Sumber gambar: cappex.com, chicagotribune.com, countryliving.com, lowell.edu, nba.com

Tinggalkan Balasan