contoh soal gre
Aplikasi Contoh Soal GRE yang Mudah Kamu Akses untuk Latihan!
17 Agustus 2021
4 Kegiatan Mahasiswa University of Waterloo yang “Nyeni” Banget
4 Kegiatan Mahasiswa University of Waterloo yang “Nyeni” Banget
20 Agustus 2021

6 Tips Persiapan Biar Lancar ‘Ngerjain’ Reading TOEFL!

tips reading toefl

Sumber: Pexels

Kalau ingin berkuliah di luar negeri atau melamar pekerjaan, TOEFL bisa jadi salah satu sertifikasi Bahasa Inggris yang wajib kamu lampirkan! TOEFL memiliki berbagai indikator kemampuan yang diujikan dan salah satunya adalah reading. Sebenarnya, kamu bisa menaklukkan soal-soal mereka yang termasuk challenging dengan memiliki persiapan yang baik lho. Kamu pasti akan bertanya-tanya, “Seperti apa ya tips reading TOEFL biar lancar ngerjainnya?”. Good for you, kita sudah menyiapkan rekomendasi persiapan dan cara mempelajarinya di bawah ini:

1. Memperkaya Ilmu Pengetahuan

tips reading toefl

Sumber: Pexels

Soal-soal dalam bagian reading biasanya membahas topik pengetahuan umum. Oleh karena itu, penting banget untukmu memperluas informasi dengan membaca berbagai sumber pengetahuan. Kamu bisa ‘menggali’ semuanya melalui koran, majalah, buku fisik, karya ilmiah, bahkan berita online dan konten media sosial yang berbahasa Inggris. Dengan cara ini, kamu bisa memperluas wawasan di berbagai macam bidang serta menjadikan pemahamanmu semakin kontekstual dan luas.

2. Meningkatkan Kemampuan Memahami Bacaan

Yang satu ini nggak bakal luput dari tips reading TOEFL agar kamu lancar menghadapi Hari H! Dalam TOEFL, kamu akan menemukan banyak vocabulary atau kosakata asing yang mungkin saja belum pernah kamu temukan sebelumnya! Meningkatkan kemampuan memahami bacaan bisa membantu kamu agar kamu jadi lebih efisien saat harus mengetahui makna ataupun yang diminta dalam keseluruhan konteks soal dan pertanyaan soal itu sendiri.

3. Dalami Ragam Kosakata yang Cukup Sulit

tips reading toefl

Sumber: Pexels

Lebih baik siap sekarang daripada kaget nanti! Seperti yang sudah disebutkan diatas, kamu pasti akan bertemu dengan berbagai macam kosakata dalam soal-soal reading TOEFL. Sebaiknya kamu mencari tahu dan membiasakan diri dengan beberapa kosakata Bahasa Inggris yang termasuk cukup sulit. Caranya banyak kok! Bisa baca kamus, baca buku apapun, menonton film ataupun dokumenter, dan bahkan mendengarkan lagu. Setelah itu, coba deh catat arti kata-kata tersebut dan memahami maknanya dengan lebih baik.

4. Baca Cepat atau ‘Screening’ dengan Efektif

Tips lancar menyelesaikan soal reading TOEFL adalah dengan meningkatkan kemampuan membaca dengan cepat! Bukan artinya ngebut lho ya hehehe. Tetapi bagaimana kamu bisa membaca sekaligus ‘menyaring’ intisari secara efektif tanpa menghabiskan waktu yang kamu punya. Kamu bisa melatih kemampuan ini dengan mencoba membatasi waktu pengerjaan soal. Kapan kamu harus selesai menjawab, kapan kamu bisa loncat ke pertanyaan selanjutnya, dan lain sebagainya. Dalam situasi ini, kamulah yang menentukan.

5. Atur Strategi Menjawab Soal

tips reading toefl

Sumber: Pexels

Kenapa ini penting? Agar kamu nggak menghabiskan banyak waktu saat kebetulan menghadapi soal-soal reading yang sulit! Jika kamu nggak menemukan jawaban sebuah soal, kamu bisa meninggalkan soal tersebut sementara dan pindah ke soal lainnya. Setelah itu kamu bisa kembali untuk mencoba mengerjakan soal yang sulit tadi. Kalaupun masih nggak menemukan titik terang, kamu masih bisa mengusahakan dengan mencari jawaban terdekat ataupun membuat perspektif yang sekiranya masih masuk akal. Pastikan kamu nggak mengosongkan lembar jawaban dan bisa memaksimalkan waktu pengerjaan dengan baik! Sisanya, kamu tetap tenang dan yakin kalau kamu bisa menyelesaikannya dengan baik.

6. Latihan Soal TOEFL

Praktis dan bisa kamu lakukan kapan saja! Saat ini pilihan aplikasi belajar TOEFL banyak yang gratis dan nggak kalah berkualitas. Kamu bisa coba mengunduhnya melalui PlayStore maupun AppStore seperti ELSA: Learn and Speak English ataupun Practice for TOEFL® Test Pro 2021. Cara ini sangat membantu untuk membuatmu lebih siap dan familiar saat menghadapi tes yang sesungguhnya!

Nah, itu dia 6 tips penting yang bisa membantumu menghadapi soal-soal reading TOEFL! Kamu bisa mempersiapkan ini dengan mengikuti preparation program dari sebuah lembaga non-formal seperti SUN English. SUN English ini merupakan tempat yang tepat untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, khususnya menyiapkan TOEFL. Metode belajarnya interaktif dan kurikulum mereka selalu update secara berkala. So, pas banget buat kamu benar-benar belajar!

Bagaimana? Kamu sudah siap?

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.