berapa tahun kuliah kedokteran
Kuliah Kedokteran di Luar Negeri Berapa Lama, Sih? Temukan Jawabannya di Sini!
10 Mei 2021
tips dan trik TOEFL
5 Tips dan Trik untuk Menaklukkan TOEFL: Kamu Siap?
19 Mei 2021

Anti Ribet-Ribet Club, Kamu Bisa Mengurus Paspor dengan Cara ‘Online’!

cara mengurus paspor online

Sumber: Good News From Indonesia

Ketika ingin melakukan perjalanan antar negara, kita memerlukan sebuah paspor. Kegunaan paspor adalah sebagai dokumen legal yang dikeluarkan oleh pejabat berwenang suatu negara yang memuat identitas pemegangnya. Dengan kata lain, paspor merupakan ‘akses masuk dan keluar’ mu di sebuah negara. Untungnya, jaman semakin maju! Kalau dulu kamu harus datang langsung ke imigrasi hanya untuk mendaftar, sekarang nggak perlu lagi. Inovasi yang terus berkembang akhirnya memberikan kesempatan sebuah fasilitas dalam mengurus paspor dengan cara online.

Sumber: Unsplash

Baik itu untuk kepentingan studi ke luar negeri, mengunjungi keluarga, berpelesiran, kegiatan berbisnis, maupun pekerjaanyou can start in just one click! Paspor ini nantinya akan berisi identitas yang meliputi foto pemegang, tanda tangan, tempat dan tanggal kelahiran, informasi kebangsaan, hingga terkadang informasi penting lain yang berkaitan dengan kamu sebagai pemegang. Nah sebelum memahami cara mengurus paspor online, kamu harus tahu dulu seluk-beluk mengenai paspor di Tanah Air ini!

Di Indonesia, paspor diterbitkan oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM. Ditjen Imigrasi menerbitkan dua jenis paspor yaitu paspor biasa serta paspor elektronik (e-paspor). Dalam paspor biasa umumnya hanya tertera data diri pemegang alias data kamu saja. Kalau jarang bepergian ke luar negeri, paspor biasa saja juga sudah cukup kok! Sementara paspor elektronik merupakan jenis paspor dengan data biometrik yang disimpan dalam bentuk chip yang tertanam dalam paspor. Bisa dibilang, jenis paspor ini relatif sulit dipalsukan.

cara mengurus paspor online

Sumber: Kumparan

Dulu untuk pembuatan e-paspor sendiri sebenarnya bisa dilakukan secara online. Namun, saat ini hanya bisa dilakukan dengan langsung datang ke Kantor Imigrasi. Sementara jika ingin membuat paspor biasa, kamu sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) dapat mengajukan aplikasi jauh lebih mudah. Saat ini, kamu dapat melakukan permohonan dan mengurus paspor dengan cara online! Jadi lebih praktis, fleksibel, dan bisa menghemat waktumu bukan?

Nah, sebelum mengajukan aplikasi, kamu perlu melengkapi seluruh keperluan data untuk nantinya dilampirkan sebagai persyaratan. Berkas yang perlu kamu persiapkan adalah sebagai berikut:

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) ayah atau ibu yang masih berlaku atau surat keterangan pindah ke luar negeri
  2. Kartu Keluarga (KK)
  3. Akta kelahiran atau surat baptis
  4. Akta perkawinan atau buku nikah orangtua
  5. Surat penetapan ganti nama dari pejabat berwenang bagi yang telah mengganti nama; dan
  6. Paspor biasa (lama) bagi yang sudah memiliki paspor biasa

Jika sudah mengetahui jenis paspor dan melengkapi data yang dibutuhkan, kamu bisa mulai mengikuti cara mengurus paspor online yang ada di bawah ini!

1. Mendaftar Antrian Secara Virtual

cara mengurus paspor online

Sumber: Tech Business Thinker

Seperti yang dikatakan diatas, pembuatan paspor semakin dimudahkan. Kamu bisa mengambil antrian secara online dengan mendaftar melalui Aplikasi Layanan Paspor Online. Cukup mengunduh layanan inovatif tersebut melalui App Store atau Google Play Store dalam smartphone mu. Setelah itu, lakukan pendaftaran menggunakan alamat email dan ikuti tahapan selanjutnya. Lewat aplikasi ini kamu bisa memilih Kantor Imigrasi yang diinginkan hingga proses mendapatkan kode booking.

2. Membawa Kode Booking

Kamu perlu membawa kode booking yang sudah didapatkan tersebut ke Kantor Imigrasi untuk masuk ke dalam proses selanjutnya. Jangan lupa untuk membawa segala persyaratan yang dibutuhkan ya! Pastikan kamu juga sudah menyiapkan materai Rp 6.000 dari rumah. Materai ini diperlukan sebagai administrasi pengajuan paspor dan selanjutnya kamu perlu menunjukkan kode booking atau barcode ke petugas Imigrasi.

3. Petugas Akan Memeriksa Dokumen

cara mengurus paspor online

Sumber: ANTARA Foto

Setelah menunjukkan kode booking kepada petugas Imigrasi, mereka akan memeriksa persyaratan dokumen yang kamu bawa. Jika lengkap, kamu akan langsung diberikan nomor antrian pembuatan paspor. Setelah itu, kamu akan diarahkan untuk menuju ke ruang pengambilan foto, sidik jari, dan sesi wawancara. Usahakan untuk menggunakan pakaian yang rapi serta nyaman agar proses pemotretan foto paspor berjalan lancar!

4. Proses Pengambilan Data Pemohon

Disinilah kamu sebagai pemohon paspor akan dipanggil petugas Imigrasi untuk melakukan proses foto, pengambilan sidik jari, sampai sesi wawancara. Kamu wajib mengenakan pakaian rapi berkerah dan sangat disarankan untuk nggak mengenakan baju berwarna putih. Hal ini dilakukan agar foto paspor kamu terlihat jelas saat diperiksa di Kantor Imigrasi luar negeri. Laki-laki diharuskan menggunakan celana panjang dan untuk perempuan dapat mengenakan celana panjang atau rok bergaya formal.

5. Mendapatkan Kode Pembayaran

Sumber: Unsplash

Kamu akan mendapatkan tanda terima serta kode bayar atau yang disebut billing setelah menyelesaikan serangkaian pengambilan data. Pembayaran ini dapat dilakukan maksimal tujuh hari di seluruh bank Indonesia dan setelah proses wawancara. Jika ingin menggunakan cara lain, kamu juga bisa menggunakan PT. Pos Indonesia untuk pembayaran paspor loh. Kamu bisa menikmati akses ini karena Kantor Imigrasi memiliki hubungan kerjasama dengan pos tersebut.

6. Paspor mu Telah Jadi

Horeee! Kamu sudah bisa menunggu paspor dikirim ke rumah ataupun mengambil langsung di Kantor Imigrasi. Jika kamu memanfaatkan pengiriman paspor melalui jasa PT. Pos Indonesia, kamu hanya perlu menunggu santai paspor tersebut untuk diantarkan ke rumahmu! Biayanya tentu akan disesuaikan dengan lokasi tempat tinggal kamu berada.

cara mengurus paspor online

Sumber: iStock Photo

Nah, itu dia cara mendaftar paspor online hingga alur pembuatannya saat di Kantor Imigrasi. Mudah dan fleksibel bukan? FYI, peraturan terbaru paspor biasa saat ini memiliki masa berlaku paling lama lima tahun sejak tanggal diterbitkannya. Untuk kamu yang berkewarganegaraan ganda, masa berlakunya tidak boleh melebihi batas usia untuk menyatakan memilih kewarganegaraan.

Sekarang, kamu bisa mulai melengkapi apa saja yang nantinya diperlukan sebagai persyaratan setelah mengajukan aplikasi online!

Sudah siap kan untuk menyisihkan satu harimu melakukan pengurusan paspor di Kantor Imigrasi?

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.