Idiom Bahasa Inggris Yang Sering Digunakan
20 Juli 2022
5 manfaat kursus Bahasa Inggris dan tempat kursus terbaik di Tanjung Duren
20 Juli 2022

Apakah Arti dari “Having”?

Hai teman-teman Sunners! Kali ini, Sun Kembali lagi untuk menjawab pertanyaan yang sering kali ditanyakan oleh banyak orang. Kali ini, kita akan membahas mengenai arti dari “having”. Kata satu ini pasti sudah sangat tidak asing di telinga kita, tapi mari kita bahas lebih dalam supaya lebih jelas ya.

Penjelasan mengenai kata ‘have’

Kata ‘having’ itu sendiri berasal dari kata dasar ‘have’, yang memiliki arti ‘memiliki’. Tapi apakah hanya itu satu-satunya arti dari kata ‘have’? Tentunya tidak! Tergantung dari konteks grammar dan situasi, arti dari ‘have’ juga bisa berarti ‘sudah’. Mari kita liat penjelasannya.

Present perfect tense

Apakah kalian masih ingat dengan tense satu ini? Tentu kita tahu bahwa dalam present perfect tense, kita memerlukan kata ‘have’ + verb 3. Sebagai contoh:

I have done my homework – Saya sudah menyelesaikan Pekerjaan Rumah saya.

She has taught English for 20 years – Dia sudah mengajar Bahasa Inggris selama 20 tahun.

Damian has made fatal mistake – Damian sudah membuat kesalahan yang besar.

Present perfect continuous

Dalam present perfect continuous, kita harus menggunakan kata ‘have’ + been + verb -ing’. Kita sendiri menggunakan tense satu biasanya untuk menyatakan kegiatan yang memiliki durasi tertentu, namun baru saja selesai. Sebagai contoh:

Michelle have been living in Indonesia for 10 years – Saya sudah Tinggal di Indonesia selama 20 tahun.

They have been waiting there for about 2 hours – Mereka sudah menunggu disana selama 2 jam.

Dari kedua contoh ini, kita dapat melihat bahwa yang di highlight adalah apa yang sudah terjadi, yaitu pada kalimat pertama, waktunya sudah lewat 20 tahun, sedangkan pada kalimat kedua, waktunya sudah lewat 2 jam. Apakah setelah itu Michelle masih tinggal di Indonesia? Bisa saja. Namun, jika kita ingin bilang bahwa Michelle masih tinggal di Indonesia, maka kita akan memakai present continuous tense.

Menurut penjelasan mengenai present perfect dan present continuous tense, tentunya kita bisa melihat bahwa arti dari ‘have’ pada kalimat-kalimat tersebut adalah ‘sudah’. Jadi, makna dari suatu kata bisa saja berubah tergantung tense yang bersangkutan. Namun, sekarang mari kita bahas mengenai arti dari ‘having’. Kapan saja kita akan memakainya?

Source: https://unsplash.com/

Present continuous tense

Present continuous tense merupakan tense yang kita pakai untuk menyatakan suatu aksi yang sedang berlangsung. Karena itu, kita wajib menambahkan imbuhan -ing kepada kata kerja ketika menggunakan tense yang satu ini. Sebagai contoh:

I am having my breakfast – Saya sedang sarapan.

We are having a good time – Kami sedang bersenang-senang

Past continuous tense

Present continuous tense merupakan tense yang kita pakai untuk menyatakan suatu aksi yang sedang berlangsung di masa yang lampau. Karena itu, kita wajib menambahkan imbuhan -ing kepada kata kerja ketika menggunakan tense yang satu ini. Sebagai contoh:

Maybe Ken and Grat were having a fight – Mungkin Ken dan Grat sedang bertengkar saat itu.

George was having some financial problems – George saat itu sedang menghadapi masalah keuangan

Gerund

Kita juga dapat menggunakan kata ‘having’ saat harus memakai gerund. Jika kalian lupa, gerund merupakan sebuah bentuk kata yang diambil dari kata kerja, namun berfungsi sebagai kata benda, dan dalam Bahasa Inggris, diakhiri dengan imbuhan -ing. Sebagai contoh:

Having become arrogant, he decided to cut off all ties with his family.

Setelah menjadi arogan, dia memutuskan untuk memutus hubungannya dengan keluarganya.

There is nothing wrong with having a different opinion.

Memiliki pendapat yang berbeda itu tidak salah.

Was Adam having second thoughts as well?
Apakah Adam juga ragu-ragu?

Having a baby is a blessing that they should be thankful about.

Memiliki seorang bayi adalah sebuah anugerah yang seharusnya mereka syukuri.

Demikian penjelasan yang bisa SUN berikan mengenai arti dari ‘having’. Semoga artikel ini membantu proses pembelajaran Bahasa Inggris kalian ya.

Source: https://unsplash.com/

Informasi lebih lanjut

Untuk informasi lengkap seputar pembelajaran Bahasa Inggris, tips dan trik, hingga Test Preparation Program eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Tinggalkan Balasan