homestay australia
Kuliah di Australia Enaknya Tinggal di Akomodasi Kampus atau Homestay?
16 Agustus 2021
tips reading toefl
6 Tips Persiapan Biar Lancar ‘Ngerjain’ Reading TOEFL!
19 Agustus 2021

Aplikasi Contoh Soal GRE yang Mudah Kamu Akses untuk Latihan!

contoh soal gre

Sumber: Pexels

Apa kamu seorang pelajar yang ingin berkuliah di luar negeri terutama Amerika? Pasti sekarang sedang bersiap-siap untuk mengikuti GRE! Sistem pendidikan di Amerika memerlukan standar khusus yang wajib kamu penuhi jika ingin mendaftar ke universitas yang ada di sana. Salah satunya, seperti GRE yang terkenal itu. GRE atau Graduate Record Examinations merupakan tes yang harus kamu lalui jika ingin mendaftar ke program pascasarjana. Termasuk sebagai soal ujian internasional yang challenging, ada baiknya memperbanyak latihan contoh soal GRE agar nantinya lancar dan siap sedia dalam menghadapinya!

contoh soal gre

Sumber: Pexels

Soal-soal GRE memang cukup kompleks dan membuatmu memerlukan persiapan yang sangat baik. Tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan mu dalam memahami bacaan rumit dan menganalisa informasi kuantitatif. GRE berlaku untuk kamu yang ingin mendaftar program MBA maupun bidang lainnya seperti Ilmu Sosial, Bisnis, Pendidikan, hingga masih banyak lagi. Dengan durasi ujian selama 3 jam dan 45 menit, GRE meliputi beberapa indikator yang diujikan, seperti:

1. Analytical Writing

Bagian ini memiliki dua set test dimana kamu harus menuliskan dua buah essay. Waktu yang kamu punya untuk mengerjakan adalah 60 menit dengan 30 menit di masing-masing essay. Essay pertama bertujuan untuk mengetahui seperti apa perspektif kamu terhadap suatu isu, sedangkan essay kedua bertujuan untuk menggali kemampuan analisis kamu terhadap suatu argumen. Singkatnya tes ini ingin mengetahui kemampuan kamu dalam memberikan ide dan sudut pandang!

2. Verbal Reasoning

Kamu bisa latihan contoh soal GRE agar semakin familiar menghadapi bagian tes ini. Biasanya Verbal Reasoning berbentuk pilihan ganda dan tujuannya adalah untuk mengetahui kemampuanmu dalam menganalisa dan mengevaluasi materi tertulis. Tes yang terdiri dari dua set ini berdurasi 60 menit yang membuatmu harus menyatukan seluruh informasi, hubungan antara komponen dan kalimat, serta kata dan konsep kalimat tersebut.

3. Quantitative Reasoning

contoh soal gre

Sumber: Pexels

Bagian Quantitative Reasoning berisi soal-soal Matematika seperti yang kamu pelajari di bangku SMA! Soal-soalnya meliputi aritmatika, geometri, hingga aljabar. Kamu akan mengerjakan dua set tes yang berbentuk pilihan ganda dengan durasi 35 menit.

4. Unscored Test/Research Question

Bagian tes yang ini bersifat sebagai tes tambahan yang penyelenggara GRE gunakan untuk membuat soal baru maupun kepentingan penelitian lainnya. Tenang saja, jawabanmu dalam tes ini nggak akan mempengaruhi nilai secara keseluruhan kok!

Nah, setelah mengetahui seperti apa indikator yang diujikan, kamu harus bisa memaksimalkan kemampuan di berbagai bagian tes GRE ini. Banyak cara untuk mempelajari GRE, mulai dari ikut bimbingan dengan lembaga profesional sampi dengan latihan mandiri contoh soal GRE di rumah. FYI, latihan soal-soal sebenarnya bisa membantumu menambah penguasaan Bahasa Inggris dan lebih familiar dengan GRE lho! Kamu bisa mengerjakan soal-soal GRE gratis di internet atau yang lebih mudahnya, aplikasi contoh soal GRE yang bisa kamu unduh dalam smartphonemu. Cara ini efektif banget karena bisa kamu pelajari kapan saja dan dimana saja. Beberapa rekomendasi aplikasi dengan rating terbaik di Android dan iOS yang bisa membantumu berlatih GRE adalah:

– GRE Prep & Practice by Magoosh

contoh soal gre

Magoosh.

Magoosh merupakan sebuah industri yang bergerak dalam persiapan ujian. Melalui aplikasi ini kamu bisa mengerjakan soal latihan GRE dari yang verbal sampai dengan Matematika. Magoosh pun berkonsep interaktif dengan adanya video, sampai jadwal GRE, strategi GRE, dan tips-tips menarik yang bisa kamu baca sebelum menghadapi GRE! Sangat membantu bukan?

– Manhattan Prep GRE

contoh soal gre

Aplikasi Manhattan Prep.

Manhattan Prep GRE bisa membantu kamu memaksimalkan waktu belajar dan siap menaklukkan GRE! Versi terbarunya mencakup sejumlah pertanyaan latihan dan metrik kemajuan dasarmu. Aplikasi ini menyajikan lebih dari ribuan soal latihan, ratusan daftar kata kosakata paling umum, hingga ratusan latihan soal yang challenging beserta feedback langsung yang akan kamu dapatkan.

– GRE Test Prep by Galvanize

Galvanize.

Aplikasi persiapan ujian GRE Galvanize juga termasuk keren nih. Kamu bisa mendapatkan akses ke soal latihan GRE paling komprehensif yang dibuat oleh Stanford, Harvard, Texas A&M, Universitas Negeri San Jose, dan alumni IIT! Kamu bisa mempelajari soal latihan GRE Math dan Verbal, mengakses penjelasan yang sangat baik untuk setiap pertanyaan, mencoba GRE Score Predictor untuk melacak sejauh mana kemampuanmu serta prediksi skor GRE, hingga menggunakan Exam Readiness Indicator untuk mencari tahu seberapa siap kamu dalam menghadapi GRE yang sebenarnya. Lengkap yah!

Nah, itu dia indikator penting GRE dan rekomendasi aplikasi contoh soal GRE yang bisa kamu coba! Tampilan aplikasinya menarik dan penyajiannya termasuk seru lho! Kamu bisa mengaksesnya dengan mudah dan nyaman. Kira-kira.. yang mana nih akan menjadi pilihanmu? Anyway, kalau kamu ingin menggunakan banyak aplikasi juga boleh kok. Dengan meng-combine beberapa sumber, kamu jadi bisa mendapatkan banyak ilmu pengetahuan yang berbeda. Sementara itu, hasil tes GRE berbentuk online dan tidak berbentuk sertifikat fisik seperti halnya IELTS maupun TOEFL PBT ya. Kamu bisa mengeceknya dengan login ke akun ETS di websitenya. FYI, masa berlaku hasil tes GRE adalah 5 tahun. Kamu hanya bisa mengambil ulang dengan ketentuan minimal 21 hari setelah mengambil tes terakhir. Dalam 1 tahun batas maksimal pengambilan tes ulang adalah 5 kali.

Dokumentasi SUN English.

Untuk kamu yang ingin mengikuti GRE bisa mendaftar melalui situs mereka ataupun berkonsultasi bersama SUN English! SUN English merupakan tempat yang tepat untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggrismu. Dengan mentor berpengalaman, mereka menyajikan bimbingan belajar Bahasa Inggris umum sampai menjadi pionir dalam persiapan tes internasional. SUN English juga memiliki konsep kelas ‘kecil’ agar proses belajar kamu bisa lebih personal dan metode belajar dalam seluruh kelasnya bersifat interaktif. Kamu akan disajikan kurikulum yang update secara berkala karena mereka menjaga agar materi belajar tetap relevan dengan perkembangan pendidikan di era digital ini. Bakalan menyenangkan sekaligus efektif deh perjalanan belajar kamu! Hihi.

Bagaimana? Sudah siap untuk menghadapi GRE nantinya?

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.