Ciri-Ciri Kamu Adalah Calon Mahasiswa Jurusan Ahli Gizi
Ciri-Ciri Jurusan Ahli Gizi Adalah Jurusan yang Tepat Buat Kamu
5 Oktober 2021
Kenalan dengan Humber College, Universitas Bersejarah di Kanada
Kenalan dengan Humber College, Salah Satu Universitas Kaya Sejarah di Kanada
7 Oktober 2021

Biaya Kuliah Jurusan Hubungan Internasional di 4 Universitas Top Dunia

biaya kuliah jurusan hubungan internasional

Source: Unsplash

Kita semua hidup di dunia yang menghadapi banyak peristiwa. Mulai dari perang hingga kemiskinan, pandemik hingga masalah iklim, kita berada pada masa yang menghadapi banyak tantangan. Untuk itu, dunia membutuhkan individu-individu yang memiliki ambisi besar dan ingin memberikan dampak positif secara global.Mempelajari hubungan internasional adalah salah satu cara untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang isu-isu global. Hubungan internasional adalah subjek yang menarik dan memberikan penekanan besar pada ekonomi, budaya, pendidikan, serta ilmu politik dan meneliti dampaknya terhadap masyarakat umum. Dalam jurusan hubungan internasional, kamu juga akan belajar mengenai bagaimana negara, pemerintah, dan individu merespons isu-isu tersebut dengan tepat.Hubungan internasional merupakan salah satu bidang studi unggulan yang menjadi favorit banyak pelajar. Karenanya, banyak calon mahasiswa dari seluruh dunia berusaha untuk masuk ke universitas yang memiliki jurusan hubungan internasional terbaik di dunia.Dengan masuk ke universitas top dunia, kualitas pendidikan dan pengalaman yang belajar yang kamu dapatkan pasti berbeda dan sangat berguna.Salah satu faktor yang bisa menentukan jalur kuliahmu adalah pertimbangan biaya. Maka dari itu, kali ini SUN Education sudah menyediakan biaya kuliah jurusan hubungan internasional di 4 universitas top dunia untuk membantumu menentukan pilihan!

1. Harvard University

biaya kuliah jurusan hubungan internasional

Source: Unsplash

Jika belajar hubungan internasional di Harvard, kamu akan mendapatkan pemahaman mengenai perspektif dan implikasi dari isu-isu global seperti seperti kemiskinan, genosida, konflik bersenjata, terorisme, hak asasi manusia, dan lingkungan. Selain itu kamu bisa mengembangkan wawasan kritis dan analisis dari hasil interaksi internasional antara pemerintah, organisasi, bisnis, kelompok, dan individu.

Kamu juga akan mempelajari cara membangun pengetahuan tentang evolusi, operasi, dan kompleksitas lembaga pemerintah dan nonpemerintah regional dan global yang berurusan dengan perdagangan, ekonomi, dan hukum internasional.

Biaya kuliah jurusan hubungan internasional di Harvard merupakan $35.760 secara umum. Namun, mereka juga menyediakan opsi bagi mahasiswa untuk mendapatkan bantuan keuangan. Biasanya, mahasiswa yang memenuhi syarat akan menerima dana hibah untuk menutupi sebagian biaya kuliah per semester.

2. University of Oxford

biaya kuliah jurusan hubungan internasional

Source: Unsplash

Departemen Politik dan Hubungan Internasional (DPIR) di Oxford disebut sebagai departemen yang terkenal secara internasional atas pengajaran dan penelitian mereka. Oxford menawarkan gelar S2 Psikologi jika kamu berminat!

Di Oxford, studi bidang Hubungan Internasional bisa kamu temukan dalam BA degrees Philosophy, Politics and Economics (PPE), History and Politics, program MPhil, dan juga DPhil.

S2 dalam hubungan internasional terdiri dari pembelajaran selama dua tahun yang menggabungkan pelatihan intelektual yang ketat dalam pendekatan teoritis dan konseptual untuk hubungan internasional dengan studi tentang sejarah politik dunia terkini, serta memberikan pelatihan metodologis dan bimbingan pribadi untuk melahirkan penelitian berkualitas tinggi.

Dengan memperoleh gelar S2 di bidang hubungan internasional, kamu akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk melanjutkan penelitian dan studi lebih lanjut di tingkat lanjutan dan juga untuk melakukan berbagai bentuk pekerjaan profesional di lapangan.

Biaya kuliah jurusan hubungan internasional di Oxford adalah sebesar £30,330 untuk mahasiswa internasional.

3. The University of Sydney (USYD)

Source: abc.net.au

The Department of Government and International Relations USYD menawarkan studi sistematis dan luas di bidang utama politik dan hubungan internasional. Program Hubungan Internasional mereka yang sudah dikenal secara internasional mengajarkan untuk mengeksplorasi peran lembaga internasional dalam membentuk keputusan kebijakan di tingkat global dan menggiringmu turut serta dalam penelitian.

Jika memilih untuk berkuliah di USYD, kamu akan menjelajahi sejarah perkembangan sistem politik, sosial, budaya, dan ekonomi serta  mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang aktor, institusi, dan proses hubungan internasional.

Jurusan hubungan internasional berfokus pada negara-negara teritorial yang mengakui tidak ada otoritas superior atas isu-isu penting untuk kepentingan nasional. Kamu akan menganalisis sifat sistem ini—aturan dan kekuatan yang mengatur perilaku negara, faktor-faktor yang mengarah pada konflik militer atau kerjasama damai, serta tren saat ini menuju dunia yang lebih terintegrasi secara global, dan lebih terfragmentasi.

Pada tahun pertamamu, kamu akan diperkenalkan dengan teori inti, konsep dan institusi dalam hubungan internasional, serta sejarah sistem internasional. Kemudian tahun kedua dan ketiga secara progresif membangun di atas pondasi ini, mengembangkan pemahamanmu lebih lanjut tentang isu-isu sentral, termasuk keamanan internasional, organisasi internasional, ekonomi politik internasional, dan hukum internasional.

USYD menawarkan program S2 hubungan internasional yang terdiri dari Master of International Relations, Graduate Diploma in International Relations, dan Graduate Certificate in International Relations. Biaya kuliah jurusan hubungan internasional di USYD adalah sebesar AUD 40.000. Sebagai salah satu universitas yang bekerja sama dengan SUN Education, jangan sungkan untuk konsultasi dengan kami jika ada pertanyaan lebih lanjut, ya!

4. Monash University

Source: uniaustralia.com

Monash University menawarkan program Graduate Certificate untuk jurusan hubungan internasional. Program ini dirancang bagi mereka yang ingin lebih jauh lagi memahami dunia politik global yang beragam dan dinamis, serta menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar keadilan global, perang, perdamaian, gerakan sosial, dan hubungan antarnegara.

Universitas yang terletak di Australia tersebut menyatakan bahwa mahasiswa pascasarjana perlu memiliki pemahaman kritis tentang kompetensi antarbudaya, serta keterampilan dan sikap yang diperlukan untuk menerapkan ilmu pengetahuan ini.

Dengan gelar Graduate Certificate, kamu akan membangun keterampilan penting terkait kepemimpinan global, komunikasi antarbudaya, dan mempelajari mengenai konektivitas global. Jika kamu tertarik, biaya kuliah jurusan hubungan internasional di Monash University merupakan AUD 36.400 untuk mahasiswa internasional.

Alasan Mempelajari Hubungan Internasional

Sudah tahu biaya kuliah jurusan hubungan internasional tapi masih ragu untuk mendalami bidang tersebut? Say no more! Baca lebih lanjut untuk tahu kenapa kamu harus belajar hubungan internasional!

Kalau kamu senang berdebat dan memiliki kemampuan untuk berargumentasi secara seimbang, hubungan internasional tepat bagimu! Informasi yang menyesatkan dan berita palsu memecah komunitas dan dapat memicu agenda yang berbahaya. Inilah sebabnya mengapa hubungan internasional membutuhkan orang-orang yang dapat berbicara menentangnya dan berbicara untuk mereka yang tidak bisa bersuara.

Hubungan internasional juga cocok jika kamu ingin membuat perbedaan di dunia. Penting untuk diingat bahwa hubungan internasional juga bukan hanya tentang politik. Hubungan internasional adalah tentang memiliki pemahaman dan kesadaran lintas budaya tentang apa yang terjadi di luar batas. Selain itu, keterampilan yang kamu dapatkan saat belajar hubungan internasional akan membuka banyak pintu karier! 

Bagi kamu yang berencana untuk melanjutkan studi jurusan hubungan internasional di luar negeri, kamu bisa berkonsultasi dengan SUN Education, lho! Kamu bisa bertanya-tanya mulai dari pilihan negara, universitas program gelar yang sesuai dan informasi akademik lainnya. Selain itu, kamu juga bisa berdiskusi mengenai biasa hidup, tips dan trik selama tinggal di luar negeri dan lain-lain. 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan lebih dari 300 institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan