Les Roches: Universitas dengan Jurusan Pariwisata Terbaik Global Asal Swiss
4 April 2021
bournemouth university
Cari Tahu Tentang Fakultas dan Program Studi di Bournemouth University, Yuk!
5 April 2021

Kuliah S2 di Malaysia: Kualitas Kelas Dunia dengan Biaya Terjangkau

Sumber: Freepik

Selain dekat dengan Tanah Air, Malaysia menjadi negara yang diincar banyak pelajar internasional karena kualitas pendidikannya. Pendidikan pascasarjana atau yang disebut S2 di Malaysia memang sangat populer dan memiliki reputasi unggul. FYI, pemerintah Malaysia sangat mengedepankan pendidikan dan penelitian mereka! Negara ini bahkan menghabiskan sebagian besar investasi pendidikan tingginya dalam menumbuhkan dan memperkuat kemitraan dengan universitas asing. Biaya kuliah S2 di Malaysia pun termasuk terjangkau. Dengan merogoh kocek yang bersahabat—kualitas pendidikannya jauh menjanjikan karena siswa mendapatkan fasilitas serta pengajaran yang baik.

Sumber: Freepik

Pertama-tama, pendidikan pascasarjana di Malaysia ada 2 macam:

1. Master by Coursework

Sederhananya, program pascasarjana yang satu ini lebih berfokus pada pembelajaran yang ada di kelas. Strukturnya hampir sama dengan tingkat sarjana. Kamu akan mengikuti kelas perkuliahan, mengerjakan tugas, mendalami teori, hingga mengikuti ujian. Kelebihannya kalau kamu mengambil Master by Coursework adalah ilmu yang kamu dapatkan bisa sangat mendalam.

2. Master by Research

Master by Research lebih mengarah pada penelitian. Umumnya karena berfokus pada kegiatan praktik atau penelitian, kamu nggak akan memiliki jadwal kelas kuliah. Pihak kampus juga bisa jadi tidak mengadakan pengumpulan tugas maupun ujian. Kamu yang memilih Master by Research akan jadi memiliki banyak pengalaman riset berguna saat ingin melanjutkan S3 nantinya! Selain itu, kamu jadi lebih mudah dalam membuat serta menerbitkan karya ilmiah.

biaya kuliah s2 di malaysia

Sumber: Freepik

Perkiraan biaya kuliah S2 di Malaysia berkisar antara RM 45.000 hingga RM 65.000 pertahunnya. Baik itu universitas negeri maupun swasta unggulan seperti Taylor’s University dan Monash University. Cakupan biaya tersebut berbeda dan tergantung pada universitas yang kamu pilih. Kamu bisa menanyakan hal tersebut secara detail ataupun pihak universitas yang akan memberikan penjelasan langsung secara lengkap saat proses pendaftaran. Umumnya biaya kuliah S2 di Malaysia sendiri akan mencakup biaya registrasi, premi asuransi, pembelajaran, laboratorium, perpustakaan, hingga deposit atau biaya lainnya.

Selain itu, kamu nggak perlu khawatir dengan biaya hidup di negara ini! Pengeluaranmu nggak jauh berbeda dengan kota besar yang ada di Indonesia. Rata-rata biaya yang diperlukan pelajar biasanya berkisar antara RM 16,000 hingga RM 21,000 per tahun, dengan gaya hidup masing-masing pribadi. Anggaran ini sudah termasuk akomodasi, makan, transportasi, telekomunikasi, buku dan alat tulis, medis dan layanan kesehatan, asuransi, serta biaya pribadi. 

Kamu juga bisa melakukan cara lain untuk menekan biaya saat berkuliah di Malaysia dengan memilih akomodasi yang terjangkau! Untuk tempat tinggal, kamu bisa memanfaatkan asrama kampus. Harganya lebih student-friendly, lokasinya sangat strategis karena terletak di area kampus, serta memiliki banyak fasilitas penunjang studi yang bisa kamu manfaatkan. Namun, jika kamu membutuhkan space dengan privasi lebih, kamu bisa kok menyewa apartemen kecil atau flat dengan harga yang murah.

biaya kuliah s2 di malaysia

Sumber: Freepik

Nah.. dari segi biaya studi sampai biaya hidup, sangat terjangkau bukan? Dengan mengambil studi S2 di Malaysia, kamu jadi berkesempatan belajar langsung di negara dengan pertumbuhan ekonomi serta pendidikan tertinggi. Berbagai universitas topnya sudah diakui menyajikan pendekatan pembelajaran yang interaktif dan inovatif, terdiri dari beragam jenis pilihan jurusan, dan dibawakan dalam Bahasa Inggris yang bisa memudahkan kamu dalam berkomunikasi. Dijamin pengalaman studi S2 kamu akan terasa berbeda dan menyenangkan!

Bagaimana? Siap berkuliah dan merantau ke negeri seberang di Malaysia?
Yuk tentukan universitas pilihanmu!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.