Fakta-Fakta Tentang Sheffield Hallam University
Fakta-Fakta Tentang Sheffield Hallam University
7 April 2022
Le Cordon Bleu Virtual Culinary Fest
Pelajari Hidangan Klasik Prancis di Le Cordon Bleu Virtual Culinary Festival 2022
8 April 2022

Budaya Belanda yang Bisa Bikin Culture Shock

Budaya Belanda

Sebagai mahasiswa internasional yang belajar di Belanda, kamu harus memanfaatkan kesempatan yang ada untuk keluar dari zona nyaman dan merasakan hal-hal baru. Dengan belajar di luar negeri, kamu ditantang untuk melakukan banyak hal dan experience budaya yang belum pernah kamu temukan sebelumnya. Dalam proses ini, sebagai mahasiswa asing tentunya bakal ada beberapa budaya Belanda yang bisa buat kamu culture shock.

Kalo ngomongin Belanda, pasti di benak kita muncul soal kincir angin atau tulip. But the Netherlands is more than those! Belanda adalah negara yang menawarkan segudang pengalaman budaya beragam. Selain itu, sebagai mahasiswa, negara ini juga memiliki standar akademis yang tinggi dan budaya kerja yang sehat.

Sama seperti negara-negara lainnya, budaya Belanda memiliki keunikannya sendiri. Mau tau apa aja budaya Negeri Kincir Angin yang bisa buat kamu culture shock? Baca terus ya!

 

Good Mood

Budaya Belanda

 

Budaya Belanda pertama yang bisa bikin kamu culture shock adalah cara mereka membawa diri. Udah populer dikenal bahwa penduduk lokal Belanda dari segala usia dan semua lapisan masyarakat tampak sangat ramah. Mereka bahkan disebut sebagai orang-orang yang selalu dalam good mood atau suasana hati yang baik. 

Keramahan ini tercermin dari cara mereka tersenyum dan menyapamu saat berpapasan di jalan, bahkan jika kamu benar-benar orang asing! Budaya ini dinilai sangat aneh terutama jika kamu berasal dari lingkungan yang cenderung individualistis dan nggak sering menyapa tetangga. Keramah-tamahan dianggap sebagai norma yang nggak umum.

Dutch Directness

Walaupun terkenal ramah terhadap pendatang asing, berbeda dengan masyarakat Indonesia, orang Belanda dikenal nggak suka basa-basi. Orang Belanda sangat terkenal straight to the point dan nggak takut memberikan pendapat jujur mereka.

Hal ini bisa menjadi salah satu budaya Belanda yang butuh penyesuaian agar terbiasa. Misalnya, kalo kamu bertanya kepada seseorang apakah baju yang kamu pakai cocok, mereka akan sangat jujur, and I mean brutally honest. Tanpa bermaksud kasar, mereka hanya memberikan jawaban jujur atas pertanyaan yang kamu ajukan.

 

Beda Antara Amsterdam dan Belanda

Budaya Belanda

 

Nggak umum kalo nuansa di ibu kota mencerminkan nuansa suatu negara secara keseluruhan. Tapi di Belanda, perbedaannya cukup mencolok. 

Saat kamu belajar di Belanda, cobalah untuk traveling ke luar dari Amsterdam atau kota mana pun yang jadi tujuan studimu. Dengan begitu kamu bisa melihat bahwa Amsterdam lebih sebagai negara bagian dalam sebuah negara bagian lainnya, bukan kota besar.

Amsterdam terdiri dari perpaduan budaya  dan komunitas masyarakat, siap untuk menawarkan pengalaman hidup dan studi menakjubkan buat kamu, baik itu dari segi akademis, artistik, ataupun komersial.

Namun, pas kamu naik kereta untuk keluar dari Amsterdam, semuanya kelihatan beda dan menjadi lebih tradisional. Dari kehidupan perkotaan di Amsterdam, kamu bisa terjun ke kehidupan yang lebih rural dengan pemandangan yang saking indahnya kelihatan seperti green screen!

Pecinta Carnaval

Budaya Belanda lainnya yang bisa bikin kamu culture shock adalah seberapa sukanya masyarakat Belanda berpesta saat karnaval. Terlepas dari libur nasional  King’s Day, banyak pendatang asing yang menilai Carnaval sebagai culture shock paling intens bagi mereka.

Carnaval adalah pesta kostum besar-besaran di kota-kota di sekitar Belanda yang digelar biasanya pada awal Februari, sebelum masa Prapaskah. Festival ini benar-benar pengalaman intens bagi orang asing karena semua toko tutup selama tiga hari, penduduk setempat berpakaian dengan kostum-kostum, serta banyaknya pesta bir yang digelar.

It’s also fun to join the fun! Kalo kamu kebetulan udah di Belanda saat Carnaval ini terjadi, jangan lupa untuk ikutan! It’s truly once in a lifetime experience!

 

Monday is the New Sunday 

 

Satu hal khusus yang perlu kamu biasakan jika ingin tinggal dan belajar di Belanda adalah betapa mereka menghargai ketenangan di hari Senin. Beda banget kan sama budaya kita di mana Senin jadi hari pertama kerja?

You heard that right! Pada Senin, sebagian besar toko di Belanda akan tutup dan orang-orang memulai minggu mereka dengan tenang. Sementara itu pada hari Minggu, semua toko buka seperti biasa.

Biasanya, toko-toko di Belanda buka hingga jam 5 atau 6 sore. Namun, Kamis adalah apa yang orang Belanda sebut sebagai shopping day. Ini adalah satu-satunya hari dalam seminggu ketika semua toko dan kafe buka sampe jam 9 malam!

Make sure kamu inget ini ya pas belajar di Belanda nanti! Gunanya biar kamu nggak ribet pas mau belanja dan toko-toko pada tutup.

Bandit Sepeda

Ini lebih ke nasihat ketimbang penjelasan soal budaya Belanda, but bike bandits are really common in the Netherlands! Seperti yang kamu tau, alat transportasi utama di Belanda adalah sepeda. Di beberapa kota yang merupakan rumah bagi banyak universitas seperti Maastricht, Tilburg, atau Utrecht, kamu bahkan akan menyadari bahwa selalu lebih banyak sepeda daripada mobil di jalan raya.

Nah karena banyaknya populasi masyarakat yang menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi utama, di Belanda pun lazim terjadi pencurian sepeda. Diperkirakan mahasiswa mungkin memiliki hingga tiga sepeda yang dicuri hanya dalam beberapa tahun!

Untuk itu, kamu kudu berhati-hati dan cobalah untuk nggak terlalu terikat secara emosional dengan sepedamu, karena kamu nggak tau kapan kamu butuh sepeda baru.

 

Jendela Terbuka Lebar

 

Kebiasaan atau budaya Belanda yang satu ini agak bertolak belakang dengan poin sebelumnya. Jangan kaget kalo saat belajar di Belanda nanti kamu melihat banyak orang membuka jendela rumah mereka lebar-lebar. Kamu bisa melihat orang makan malam hingga menonton TV di sofa mereka.

Namun, budaya ini adalah alasannya lho! Dengan melakukan hal ini, orang Belanda ingin menunjukkan bahwa nggak ada barang dan harta berharga untuk dicuri. Alasan lain mungkin karena Belanda tidak mendapatkan banyak sinar matahari, membuka jendela memungkinkan cahaya alami sebanyak mungkin.

All in all, Belanda adalah negara indah untuk ditempati dan juga tujuan studi yang tepat buatmu! Penting bagimu untuk mengetahui budaya Belanda agar nggak culture shock terlalu berat nantinya.

Mau tau lebih banyak soal kuliah di Belanda? Kamu hanya perlu akses SUN E-Guide Book sekarang! E-Guide Book ini bisa kamu akses dari gadget mana pun secara GRATIS.

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Sumber gambar: Unsplash

Tinggalkan Balasan