masa berlaku visa amerika
Sebelum Asyik ‘Travelling’ di Amerika, Pastikan Tahu Masa Berlaku Visa!
7 Mei 2021
pengalaman kuliah di jerman
Pengalaman Seru Kuliah di Jerman Ini Nggak Bikin Nyesel Merantau Jauh!
10 Mei 2021

Jurusan Akuntansi Ngebosenin? Cari Tahu Fakta Jurusan dan Biaya Kuliahnya!

biaya kuliah jurusan akuntansi

Sumber: Unsplash

Praktek Akuntansi di Indonesia berkembang pesat di setiap tahunkhususnya dalam dunia bisnis. Akan tetapi, nggak hanya digunakan dalam bisnis, Akuntansi pun ‘eksis’ serta dibutuhkan dalam berbagai kehidupan lain. Kamu bisa lihat kan kalau Akuntansi digunakan oleh perorangan? Mulai dari mahasiswa, ibu rumah tangga, bahkan mungkin kamu juga yang sedang membaca ini! Ngga bisa dipungkiri, Akuntansi memang penting bagi semua orang. Kebayang nggak kalau nggak ada jurnal, anggaran, dan perhitungan? Bisa bakal kacau balau! Saking dibutuhkan dan banyaknya yang bisa dieksplorasi dalam bidang ini, pada akhirnya banyak pelajar mengincar studi sampai mempersiapkan biaya kuliah jurusan Akuntansi dengan baik.

biaya kuliah jurusan akuntansi

Sumber: Freepik

As a quick fact, jurusan Akuntansi termasuk populer dan biaya studi di setiap tempat tentu berbeda. Sebelum membahas lebih jauh dan detail, ketahui dulu seperti apa perkuliahan bidang yang satu ini. Akuntansi merupakan bidang ilmu dimana kamu belajar agar mampu mempraktekkan ‘kegiatan’ Akuntansi dan melakukan fungsi bisnis itu sendiri. Dalam perkuliahan, kamu akan mempelajari prinsip Akuntansi dan teori, Akuntansi Keuangan, Akuntansi Manajerial, pengendalian anggaran, pajak, audit, perencanaan, hingga aspek hukum. Satu hal yang super pasti, belajar Akuntansi bakalan erat dengan hitung-hitungan. Kamu harus memiliki kemampuan berhitung atau seenggaknya senang melakukan hitungan yang teliti!

Mungkin beberapa dari kamu bisa merasa bahwa jurusan ini terdengar complicated atau membosankan. Uh-oh. Padahal sebenarnya, jurusan Akuntansi itu cukup challenging dan banyak manfaatnya loh. Kalau ingin tahu ‘rahasianya’, beberapa fakta singkat berikut bisa membuktikan jurusan ini punya karakteristik menarik tersendiri:

1. Bisa Jadi Pondasi yang Baik

biaya kuliah jurusan akuntansi

Sumber: Freepik

Kemampuan ataupun sertifikasi Akuntansi selalu berharga bahkan jika kamu ingin ‘merambah’ ke bidang lain seperti keuangan atau ekonomi. Dalam hal ini, latar belakang Akuntansi mu bisa membantu. Kamu dianggap memiliki kemampuan dalam mengembangkan teori moneter yang lebih luas dan mampu mengasah keahlian melalui penerapan metodologi.

2. Penerapannya Luas

Seperti yang sempat disebutkan diatas. Kuliah di jurusan Akuntansi artinya kamu akan mempelajari sebuah keterampilan yang dapat diterapkan dalam banyak bidang kehidupan. Kamu bisa menggunakan pengetahuan tentang manajemen penggajian, rasio untung dan rugi, dan konsep terkait bisnis lainnya jika kamu sedang merintis bisnis sendiri. Selain itu, kamu yang juga memulai kehidupan sebagai mahasiswa bisa menggunakan pengetahuan Akuntansi dalam membantu mengelola anggaran serta pengeluaran secara efektif.

3. Prospek Kerja yang Bagus

biaya kuliah jurusan akuntansi

Sumber: Unsplash

Kamu nggak perlu khawatir dengan peluang kerja setelah lulus nanti! Selama adanya kebutuhan dan ekonomi, ilmu Akuntansi pasti dibutuhkan. Ada banyak sekali pilihan karir Akuntansi yang menjanjikan. Perusahaan atau industri juga membutuhkan tenaga profesional yang mampu mengatur keuangan perusahaan. Kamu bisa memilih untuk bekerja dalam perusahaan atau melanjutkan pendidikan profesi jika ingin membuka praktek sendiri!

Sementara itu, untuk biaya kuliah jurusan Akuntansi sendiri bisa merogoh biaya yang berbeda di setiap negara maupun universitas. Hingga di tahun ini, rentang biaya studi S1 dalam negeri dapat berkisar mulai dari Rp. 3 juta sampai Rp. 7 juta per semester. Jika kamu ingin berkuliah di luar negeri, rentang biaya studi S1 nya bisa dimulai dari $8,000 hingga $36,000 untuk empat tahun penuh masa studi. Biaya tersebut umumnya mencakup studi teori, kegiatan praktikal, maupun keperluan kuliah yang lain. Jika merasa cukup berat dalam memenuhi biaya tersebut, kamu bisa mengajukan permohonan keringanan biaya pada pihak universitas ataupun mendaftar beasiswa!

Sumber: Unsplash

Bagaimana? Kamu siap mencoba jurusan yang satu ini?

Bosen nggak, ditantang untuk menguasai iya. Complicated enggak juga, banyak manfaat setelah belajarnya iya. Yup, seperti itulah menariknya jurusan Akuntansi yang bisa kamu lihat dan rasakan nanti. ‘Tak kenal maka tak sayang’, setelah tahu, jurusan Akuntansi bisa dibilang jurusan yang seru bukan?

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.