pengalaman kuliah di new zealand
Pengalaman Seru Kuliah di Kampus No. 1 New Zealand, University of Auckland!
5 Mei 2021
apa saja yang dipelajari di jurusan pariwisata
Kuliah Sambil ‘Jalan-jalan’? Yuk Cari Tahu Apa Saja Yang Dipelajari di Jurusan Pariwisata!
6 Mei 2021

Contoh Personal Statement yang ‘Menyentuh’ untuk Kamu Pencari Scholarship!

contoh personal statement scholarship

Sumber: Freepik

Ketika mencoba melamar universitas di luar negeri, pekerjaan, maupun beasiswa, pihak pemberi umumnya akan memintamu menyertakan Personal Statement. Personal Statement adalah salah satu dokumen penting sebagai kelengkapan pendaftaran. Jika berbicara mengenai scholarship, kamu pasti tahu bahwa diluar sana ada banyak sainganbelum lagi jumlah kuota yang terbatas! Disinilah cara pihak pemberi menentukan siapa yang mereka pilih sebagai penerima beasiswa. Selain kriteria akademis, mereka akan membutuhkan hal lain; seperti contoh Personal Statement scholarship. Surat ini menjadi penentu yang dapat memberikan mereka gambaran siapakah kamu, seperti apa tujuan, serta value yang kamu miliki.

Personal Statement biasanya ditulis sekitar dua halaman panjangnya. Kamu harus bisa menjabarkan sedikit tentang dirimu, alasan yang relevan, tujuan, hingga kontribusi unik atau khusus yang dapat kamu berikan kepada program scholarship tersebut. Menyusunnya memang bisa dibilang challenging. Personal Statement yang menarik memerlukan ekspresi, kreativitas, pengaturan tulisan, tata bahasa, serta tanda baca yang baik. Ukuran “bagusnya” sebuah tulisan memang relatif, tapi kamu masih bisa berusaha menyajikan yang pure dan benar-benar menggambarkan dirimu!

contoh personal statement scholarship

Sumber: Ruangguru

Nah, contoh Personal Statement scholarship yang baik bisa kamu lihat sekilas seperti gambar diatas. Eits.. tapi tentu saja isinya nggak bisa ‘plek’ kamu ikuti! Kamu harus bisa membuat versi dirimu, versi terbaikmu, versi value yang kamu miliki. Agar lebih paham, yuk simak tips yang bisa kamu lakukan dalam membuat Contoh Personal Statement scholarship berikut ini:

1. Ceritakan Diri Secara Singkat

Jangan menulis autobiografi ya! Kamu bisa mulai menceritakan dirimu secara singkat seperti latar belakang pendidikan dan passion. Personal Statement memang ada unsur tentang ‘dirimu’, tapi nggak berarti kamu melakukan ajang unjuk ‘image’ dengan menceritakan keberhasilanmu secara detail. Yang mereka butuhkan adalah kelebihan dan kesesuaian mu yang relevan dengan scholarship. Pastikan setelah memperkenalkan dirimu, struktur tulisan mengarah pada minat dan fokus pada hal yang berkaitan dengan scholarship tersebut.

2. Pengalaman dan Tujuan di Masa Depan

contoh personal statement scholarship

Sumber: Freepik

“Apa yang sudah menjadi spotlight dalam dirimu dan bisa kamu highlight?”. Kamu boleh memaparkan pengalaman terbaik serta apa tujuanmu di masa depan. Utarakan apa yang ingin kamu lakukan, kembangkan, terlebih dengan scholarship tersebut. Jabarkan jika prestasimu nanti nggak hanya berdampak positif untuk dirimu, tetapi juga dalam hal lainnya.

3. Keunggulan yang Berdampak untuk Program Beasiswa

Kira-kira seperti apa keunikan yang kamu miliki dan memberikan dampak baik bagi program beasiswa maupun si penyedia tersebut? Bisa kamu tuangkan juga sebagai contoh Personal Statement scholarship yang menarik! Jangan ragu dalam menyatakan ambisi serta kemampuanmu sebagai bentuk kontribusi bagi bangsa dan negara di masa depan.

4. Tunjukkan Bahwa Kamu adalah Aset

contoh personal statement scholarship

Sumber: Freepik

Sebagai penutup, yakinkan tim pemberi dan penyeleksi bahwa kamu merupakan sosok yang ideal untuk mendapatkan scholarship tersebut. Tunjukkan bahwa kamu merupakan aset penting bagi sang pemberi scholarship. Dengan begitu, mereka akan yakin dan mantap bahwa kamu dapat menjadi penerima yang tepat.

5. ‘Be Honest, Be Yourself’

Poin terakhir, tetapi super esensial. Kamu harus bisa jujur dan menjadi dirimu sendiri saat menulis Personal Statement. Buat se-orisinil mungkin dan gunakan kata-kata yang tidak berlebihan namun mampu menggambarkan sifat serta kemampuanmu dengan baik. At the end, Personal Statement mencerminkan masalah kepribadianmu yang membedakan dengan kandidat lainnya. 

Susunlah Personal Statement dengan jelas, ringkas, langsung pada sasaranyang paling penting, usahakan untuk membuat setiap bagian tulisan bermakna. Setelah selesai, baca kembali tulisanmu dan mintalah pendapat maupun kritik dari orang lain. Jika kamu merasa Personal Statement sudah sangat baik, berkas tersebut siap deh untuk kamu lampirkan!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.