Meghan Markle, Duchess of Sussex: Wanita Inspiratif yang Mengubah Dunia
14 Mei 2019
PSB Academy Application Day 2019
15 Mei 2019

Cliff of Moher, Irlandia: Pernah Muncul di Film Harry Potter!

cliff of moher feature image

Penggemar film Harry Potter tentunya familiar dengan Cliff of Moher karena pernah muncul pada film Harry Potter and The Half-Blood Prince pada tahun 2009. Dalam film tersebut dikisahkan Harry yang sedang mencari horcrux datang menemui Dumbledore. Dumbledore lalu melakukan apparate untuk dirinya dan Harry yang membawa mereka berdiri pada sebuah batu karang berlatar belakang tebing yang menjulang di tengah Samudra. Nah, tebing tersebut adalah Cliff of Moher yang berlokasi di Irlandia.

harry potter 2009

Sumber: harrypotter.fandom.com

Cliff of Moher merupakan salah satu lokasi ikonis di Irlandia yang terletak di County Clare. Tebing batu ini tegak membentang di atas Samudra Atlantik sepanjang empat belas kilometer. Cliff of Moher memiliki ketinggian 120m di wilayah Hag’s Head dan mencapai 214m di utara O’Brien Tower yang berjarak sekitar depalan kilometer.

Hag’s head merupakan lokasi paling rendah di Cliff of Moher. Tempat ini memiliki formasi bebatuan unik yang menyerupai kepada wanita yang menghadap ke lautan. Di bagian tengah tebing ini berdiri O’Brien Tower yang merupakan penanda tempat paling tinggi di Cliff of Moher.

cliff of moher

Sumber: istock

Cliff of Moher awalnya merupakan situs delta sungai raksasa yang terbentuk sekitar 320 juta tahun yang lalu. Tebing ini terdiri dari serpihan dan batu pasir yang setiap lapisannya kaya akan fosil. Hal tersebut membuat tempat ini dipertimbangkan untuk berbagai penelitian geologi. Hanya saja, lokasinya yang berada tepat menantang Samudra Atlantik membuat Cliff of Moher harus selalu menghadapi erosi gelombang.

atlantic puffin

Sumber: istock

Tebing yang menjulang di ketinggian yang nyaris vertikal tersebut menjadi tempat favorit bagi burung-burung laut. Ada sekitar dua puluh spesies burung laut berhabitat di sini yang jumlah keseluruhannya mencapai puluhan ribu. Pada musim semi dan musim panas, tempat ini ditumbuhi rumput dan bunga liar yang indah. Keberadaan paus, lumba-lumba dan anjing laut seringkali dapat terlihat dari puncak tebing ini. Sejumlah mamalia darat seperti luak, kelinci, cerpelai, dan kambing juga dapat ditemui di sini.

wildfloer

Sumber: allthewaysyouwander.com

Cliff of Moher merupakan bagian dari Burren and Cliff of Moher Geopark yang telah dianugrahi penghargaan anggota oleh UNESCO pada tahun 2011. Keindahan tempat ini telah menarik jutaan pengunjung setiap tahunnya. Selain itu, tempat ini juga kerap muncul dalam berbagai film dan video klip lagu. Beberapa film yang memunculkan Cliff of Moher antara lain Ryans Daughter (1970), The Princess Bride (1987) dan Leap Year (2010). Selain itu Cliff of Moher juga muncul di dalam video klip lagu “Runaway” oleh Maroon 5, “My Love” oleh Westlife, dan “The Color Green” oleh Rich Mullins.

Comments are closed.