Finite Verb Adalah? Yuk, Bedah Sekarang!
27 April 2022
Mau Lanjut S2 Pariwisata, di Universitas Mana, Ya?
Mau Lanjut S2 Pariwisata, di Universitas Mana, Ya?
27 April 2022

Forensic Science / Ilmu Forensik

Forensic Science / Ilmu Forensik

Ilmu Forensik adalah jurusan yang menerapkan pengetahuan dari ilmu alam, sistem hukum kriminal, dan perundangan untuk menganalisa dan mengevaluasi bukti-bukti yang terkumpul dari suatu lokasi kecelakaan atau kriminal.

Jurusan ini mungkin cocok bagi kamu yang menyukai klub ilmiah, kimia, komputer, percobaan lab, bekerja dengan peralatan yang teliti, atau bahkan cerita detektif.

Pertimbangkan jurusan ini jika kamu bagus cermat, menyukai matematika, analisa kuantitatif, pemikiran luas, bisa bekerja sama dalam tim, punya tanggung jawab, kemampuan analisa, kesabaran, serta skill menulis yang baik.

Dalam sebuah ilm, biasanya pahlawan merangkap sebagai ahli forensik, ahli penyelidik bukti, serta investigator lokasi kriminal. Namun, kenyataannya semua bidang di atas terbagi menjadi beberapa orang khusus dengan jurusan kuliah masing-masing.

Pada dua tahun pertama, kamu akan banyak mempelajari mata kuliah biologi, kimia, fisika, serta statistik tingkat universitas. Selain itu, akan ada pula mata kuliah berupa pengenalan terhadap hukum kriminal, pengetahuan sosial, dan psikologi.

Kemudian di tahun ketiga dan keempat, kamu akan memilih jurusan lab khusus, diajarkan oleh ahli forensik dan di sini kamu akan belajar cara menerapkan dasar dan prinsip ilmu pengetahuan ilmiah ke dalam praktek forensik. Di tahun terakhir kamu biasanya dan akan berpartisipasi dalam kurikulum praktek lapangan dan proyek seminar.

Lulusan jurusan ini bisa menjadi ahli lab forensik, pemeriksa TKP, analis bukti sidik jari, insinyur forensik, ahli kimia forensik, analis DNA forensik, hingga petugas kehakiman.

Sumber: American Academy of Forensic Sciences (AAFS)

(www.aafs.org)

 

Tinggalkan Balasan