Musculoskeletal Aging
Musculoskeletal Aging
28 November 2018
Peace and Conflict Studies
Peace and Conflict Studies
28 November 2018

Nanotechnology

Nanotechnology

Nanoteknologi atau nanotechnology adalah sains untuk mengembangkan teknologi dalam ukuran ultraminiatur (superkecil) – satu nanometer adalah sepermiliar meter. Contoh alat kecanggihan teknologi ini adalah adalah alat penyimpan data yang mampu menampung data sebuah CD dalam sebuah media yang hanya berukuran seperseribu milimeter.

Nanoteknologi pada dasarnya berhubungan dengan beberapa bidang ilmu, seperti ilmu dasar fisika dan kimia, serta sains dan keterampilan teknik. Bidang nanoteknologi yang baru ini mempunyai ruang lingkup yang sangat luas, mulai dari rancangan alat-alat komputer generasi berikutnya, penciptaan bahan-bahan inovatif, sampai dengan pengembangan sensor nano dengan daya deteksi yang sangat kuat.

Banyak industri yang akan menggarap keuntungan dari perkembangan nanoteknologi ini, terutama industri otomotif (teknologi cat dan dempul) dan industri makanan (pengemasan). Lulusan dengan keterampilan dan ilmu di bidang nanoteknologi sangatlah diperlukan terutama yang memiliki spesialisasi di bidang kimia: bio-organik dan bio-nonorganik, teknik, pembuatan mikro elektronik dan meteorologi.

Sumber: RMIT University, Melbourne, Australia (www.rmit.edu.au)

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!