Cuma di Bronte College, Kamu Dijamin Lebih Siap Kuliah di Kanada!
Cuma di Bronte College, Kamu Dijamin Lebih Siap Kuliah di Kanada!
24 September 2021
biaya makan di Singapore
Mahasiswa Wajib Tahu! Ini Estimasi Biaya Makan di Singapore
27 September 2021

Fire Protection and Safety Technology / Teknologi Pemadam Kebakaran dan Alat Keselamatan

Fire Protection and Safety Technology / Teknologi pemadam kebakaran dan alat keselamatan

Sumber: Pexels

Dalam jurusan ini, kamu akan mempelajari cara mengevaluasi dan mengurangi potensi kerugian barang, properti dan nyawa di lokasi bencana. Kamu akan mempelajari 3 macam bahaya tertinggi terhadap keselamatan yaitu kebakaran, kecelakaan dan barang beracun.

Kamu mungkin akan menyukai jurusan ini jika kamu suka pekerjaan sebagai relawan, pemadaman kebakaran, bekerjasama dengan orang lain dan suka menolong. Pertimbangkan jurusan ini jika kamu bagus dalam perhatian ke detil, kreatif, berpikir kritis, punya jiwa kepemimpinan, pandai mengorganisir, kuat dalam analisa kuantitatif atau punya inisiatif dan kemampuan lisan.

Tahukah kamu kalau tugas seorang pemadam kebakaran bukan saja hanya memadamkan kebakaran ? Mereka juga harus siap untuk melindungi dan menyelamatkan orang lain dalam segala bentuk bencana dan bahaya

Saat ini banyak dibutuhkan pelayanan pencegahan kerusakan dan kehilangan, sehingga penempatan kerja lulusannya saat ini hampir 100%.

Ilmu yang akan kamu pelajari di jurusan ini mempersiapkan kamu untuk berkarir di bidang pencegahan kerugian. Profesi ini terbagi menjadi 3 kategori : perlindungan dari kebakaran, dari kecelakaan fisik, dan dari pengaruh lingkungan. Kamu akan mempelajari bagaimana memperkirakan bencana untuk bisa mengambil langkah pencegahannya. Misalnya merancang jalur evakuasi yang efisien, dengan mengidentifikasi benda yang mungkin membahayakan pekerja, dan mengontrol pemakaian bahan beracun di pabrik.

Kurikulum awalnya langsung memperkenalkan kamu pada masalah kebakaran dan keselamatan. Dengan demikian kamu bisa mengukur seberapa tertarik kamu di bidang ini.

Program ini banyak menyertakan kelas matematika dan fisika, kamu memerlukan 2 semester kalkulus , dan 2 semester lagi untuk kimia dan 1 semester fisika. Semua kelas memerlukan kemampuan komputer, jadi jika kamu tertarik jurusan ini, sebaiknya mulai mempersiapkan mengambil kelas di SMU yang dengan konsentrasi matematika dan ilmu alam tingkat universitas.

Kamu mungkin akan menerima banyak pekerjaan rumah dan kelas tambahan di jurusan ini.

Lulusan jurusan ini bisa menjadi Konsultan pencegahan kebakaran, insinyur keselamatan lingkungan, kesehatan, pemeriksa pondasi bangunan,  insinyur industri keselamatan, komandan pemadam kebakaran.

Tinggalkan Balasan