Makanan Khas Australia
8 Makanan Khas Australia yang Nyesel Kalau Nggak Dicoba
10 Maret 2022
Biaya Kuliah S2 Manajemen
Ini Dia Biaya Kuliah S2 Manajemen di University of Exeter!
14 Maret 2022

Gimana Belajar Akuntansi untuk Pemula? Calon Mahasiswa Wajib Simak!

Belajar Akuntansi untuk Pemula

Sejak dulu sampai sekarang, jurusan akuntansi menjadi salah satu incaran mahasiswa. Sebagai calon mahasiswa, jurusan ini bisa banget jadi opsi kamu nanti! Masih belum paham soal akuntansi? Simak apa aja yang perlu diperhatikan saat belajar akuntansi untuk pemula di sini!

Sebelum tau gimana belajar akuntansi untuk pemula, kamu harus terlebih dahulu tau lebih banyak soal jurusan ini. Menurut US News, Mahasiswa akuntansi akan mendapatkan banyak ilmu soal administrasi bisnis, menyelami seluk-beluk teknis akuntansi, serta mengembangkan keterampilan lain yang diperlukan dalam peran akuntansi. Contoh keterampilannya kayak cara berbicara di tempat umum dan bahkan IT.

Kalau kamu pingin belajar akuntansi, kamu harus tertarik pada angka, komunikasi informasi keuangan, keuangan perusahaan, dan analisa data.

 

Apa Itu Jurusan Akuntansi?

Belajar Akuntansi untuk Pemula

 

Sebagai mahasiswa jurusan akuntansi, nantinya kamu bakal belajar cara membuat dan mengaudit sistem yang terperinci dan akurat yang menampilkan keuangan bisnis atau organisasi. Kamu bakal mempelajari teori di balik akuntansi dan belajar cara menganalisa posisi keuangan perusahaan.

Tergantung program yang kamu ambil, mungkin kamu akan dapet gelar Bachelor of Business Administration atau Bachelor of Science in Accounting. Beberapa universitas internasional memiliki nama yang beda-beda untuk jurusan akuntansi seperti accountancy, accounting and financial management, atau accounting technology.

 

Gimana Belajar Akuntansi untuk Pemula?

Belajar Akuntansi untuk Pemula

 

Like anything in life, you have to try it first. Tapi gimana, sih, cara belajar akuntansi untuk pemula? There’s no right or wrong. Dengan sumber informasi yang beragam mulai dari buku sampai internet, kamu bisa cari tau mengenai jurusan ini untuk menentukan apakah jurusan ini memang tepat buatmu.

One of the first step you can do is find out what they study. Mengetahui mata kuliah yang nantinya akan kamu pelajari bisa membantumu dalam membuat keputusan dan melihat apakah jurusan akuntansi cocok dengan minatmu.

Sebagian besar jurusan akuntansi memulai studi dengan liberal arts studies yang mencakup sejumlah mata kuliah seperti sastra Inggris, bahasa asing, psikologi, dan fisika. Saat semester berjalan, kamu akan belajar mata kuliah lain seperti pengantar akuntansi dan perpajakan, serta prinsip ekonomi mikro dan makro.

Ada pula mata kuliah hitung-hitungan kayak kalkulus dan statistik. Terus mata kuliah yang lebih advanced akan meliputi sistem berbasis komputer, manajemen operasi, hukum bisnis, serta kelas teori untuk audit. Komunikasi bisnis dan public speaking juga umum termasuk bagian dari kurikulum jurusan akuntansi.

Oh iya, kamu juga perlu ingat bahwa ada beberapa universitas yang mewajibkan mahasiswa mereka untuk magang sebagai bagian dari kurikulum. Dengan magang, kamu bisa dapat pengalaman langsung di lapangan serta mengembangkan networking profesional untuk bantu kamu mendapatkan pekerja pasca kelulusan nanti!

 

Cara Tau Kecocokan

 

Setelah tau informasi lebih lengkap mengenai cara belajar akuntansi untuk pemula dan beberapa mata kuliah yang akan kamu pelajari nantinya, kamu mungkin masih belum 100% yakin. Walaupun ada minat di bidang akuntansi dan yakin bisa menyanggupi mata kuliah yang nantinya bakal dipelajari, mungkin masih ada bagian dari diri kamu yang ragu. Masih ada pertanyaan, apa bener jurusan ini cocok buat kamu?

Meskipun nggak ada orang lain yang bisa meyakini kamu selain dirimu sendiri, ada beberapa faktor yang bisa membantu kamu membuat keputusan ini. 

First and foremost, you must like math. Ini keharusan, karena gimana nggak? Kerjaan kamu nantinya bakal berhadapan dengan hitung-hitungan dan angka terus-menerus. Kalau dari awal kamu nggak suka matematika, kamu nggak bakal enjoy kuliah akuntansi.

Sebagai mahasiswa jurusan akuntansi, kamu juga harus menikmati organizing atau menginput data karena menganalisis informasi keuangan adalah bagian penting dari kuliah dan karirmu nantinya.

Nggak hanya matematika, mahasiswa akuntansi juga harus bisa public speaking. Soalnya, akan ada saatnya kamu harus mengkomunikasikan temuanmu di hadapan dosen dan teman-teman sekelas, dan bahkan di hadapan CEO saat kamu nanti kerja. Kamu juga wajib paham dengan analisa keuangan yang kamu presentasikan.

Also, if you like routines, this major is the perfect fit for you! Sebagai akuntan, kamu harus mengerjakan tugas rutin dan repetitif, sampai kemungkinan harus lembur saat musim pajak. Lastly, akuntan juga identik dengan orang yang taat aturan dan jujur, karena pekerjaanya harus mematuhi peraturan terperinci dan etika perpajakan.

 

More Than Numbers

 

Walaupun suka belajar matematika jadi salah satu keharusan mahasiswa akuntansi, this major is more than numbers! Ada banyak alasan buat kamu untuk belajar akuntansi melampaui buku besar, sheet Excel, dan faktur.

Akuntansi sangat dibutuhkan untuk mengelola dampak ekonomi serta membantu klien menyesuaikan model bisnis, terutama saat dihadapi dengan situasi yang tidak pasti. Dengan perkembangan teknologi keuangan, para profesional kini menyadari keragaman yang ditawarkan oleh akuntansi.

Ini dia beberapa alasan lainnya yang bisa jadi pertimbangan kamu untuk belajar akuntansi:

1. High Demand Career

Akuntansi adalah salah satu bidang pekerjaan yang selalu diminati dan dicari. Jadi setelah lulus dan mengantongi gelar akuntansi, kamu nggak usah khawatir dalam menjelajahi jalur karir jangka panjang!

Menurut penelitian, akuntansi termasuk dalam bidang karir yang masuk daftar prioritas di Australia dan akan terus mendapatkan permintaan yang kuat dalam setidaknya lima tahun mendatang.

2. Industri yang Tumbuh Cepat

Akuntansi disebut sebagai industri yang memiliki pertumbuhan yang pesat dan kuat. Artinya, jumlah lapangan kerja di industri ini akan terus bertumbuh juga! 

3. Fleksibilitas Karir

Sama seperti skill menguasai bahasa, memiliki dasar yang kuat dalam akuntansi memungkinkan kamu untuk “bicara” bahasa bisnis.

Sebagai mahasiswa akuntansi, kamu nggak perlu harus bekerja sebagai akuntan tradisional yang mencatat transaksi di buku besar dan menyiapkan laporan laba-rugi. Sejalan dengan perkembangan teknologi, waktu  yang dihabiskan untuk perhitungan dan tugas transaksional lainnya bisa dipangkas.

Berkatnya, akuntan bisa memilih untuk memiliki spesialisasi dalam sisi keuangan yang lebih strategis kayak analisis data. Nah, di sini, peran akuntansi lebih ke menerjemahkan angka dan data dalam bentuk laporan yang bisa memberikan dampak nyata pada pengambilan keputusan bisnis.

Faktanya, mempelajari akuntansi membuka pintu bagimu ke berbagai bidang karir lain yang saling berhubungan termasuk analis bisnis, investment advisory, risk management, hingga entrepreneurship.

Gimana? Udah lebih paham soal akuntansi, kan? Mulai dari penjelasan jurusan, alasan, dan bahkan cara belajar akuntansi untuk pemula udah dipaparkan di atas, now all you have to do is think it over and decide your future path!

Masih banyak hal-hal yang berkaitan dengan belajar di luar negeri yang tersedia buat kamu! Kamu tinggal akses SUN E-Guide Book untuk dapet informasi lengkap dengan soal kuliah di luar negeri. Cepetan akses E-Guide Book secara GRATIS dimanapun dan kapanpun kamu berada!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Sumber gambar: Unsplash

Tinggalkan Balasan