Ini Dia 5 Universitas dengan Program S2 Arsitektur Terbaik di Dunia, Catat, Ya!
Ini Dia 5 Universitas dengan Program S2 Arsitektur Terbaik di Dunia, Catat, Ya!
21 September 2021
Score IELTS Kamu Sudah Pas? Intip Cara Mengetahuinya Lewat IELTS Score Converter Ini!
Score IELTS Kamu Sudah Pas? Intip Cara Mengetahuinya Lewat IELTS Score Converter Ini
23 September 2021

Inilah 5 Alasan Memilih Jurusan Hukum Tepat Bagimu!

alasan memilih jurusan hukum

Source: Unsplash

Memilih jurusan perkuliahan tidak semudah membalikkan telapak tangan, for sure! Perlu banyak pertimbangan yang matang karena jurusan dapat menentukan jalur karier dan aspek masa depan lainnya. Salah satu jurusan yang hingga kini pun menarik minat adalah hukum. Mempelajari hukum menawarkan sejumlah kesempatan untuk mengembangkan keterampilan dan mengeksplorasi banyak aspek kehidupan manusia. Ada banyak keuntungan dan alasan untuk memilih jurusan hukum, menjadi mahasiswa hukum akan mempertajam pemikiran, memperkuat pemahaman, dan memperdalam pengalaman di bidang kehidupan dan ilmu sosial.

Karena itu, jurusan hukum seharusnya menarik bagi mereka yang ingin mengembangkan pemikiran abstrak dan problem-solver praktis. Oh iya, gelar hukum pastinya bisa memberimu keterampilan menjadi pengacara sukses, tapi tentu that’s not the only option! Kamu juga bisa memilih karier sebagai politikus, diplomat, jurnalis, dan masih banyak lainnya! Kok bisa gitu? Soalnya gelar hukum membekalimu ilmu yang dibutuhkan hampir semua profesi yang mengandalkan kekuatan intelektual dan pendekatan praktis.

Kuliah hukum identik dengan menjadi pengacara dan menghafal banyak pasal, tapi sebenarnya tidak hanya itu saja! Ada banyak keuntungan  yang bisa kamu peroleh dengan menjadi mahasiswa hukum

Ingin tahu apa saja? Catat 6 alasan memilih jurusan hukum di bawah ini!

1. Pengetahuan Hukum yang Luas dan Dalam

Pertama, alasan memilih jurusan hukum adalah mahasiswa hukum memperoleh pengetahuan yang luas dan mendalam. Siswa yang bergelar sarjana hukum punya kesempatan baik untuk mengejar bidang khusus di luar mata pelajaran ini untuk mendapatkan gambaran besar mengenai bagaimana hukum berhubungan dengan mata pelajaran lain, seperti politik, ekonomi, sejarah, kriminologi, dan filsafat.

Kalau ditanya apa yang membuat seorang pengacara sukses, banyak yang menjawab kecerdasan, tekad, dan kerja keras. Tapi satu jawaban yang jarang diperhatikan adalah imajinasi! Argumen kreatif yang menjadi salah satu skill pengacara berkaitan dengan luasnya pengetahuan hukum yang ia punya.

2. Lebih Dari Belajar Kasus dan UU

alasan memilih jurusan hukum

Source: Unsplash

Alasan memilih jurusan hukum lainnya adalah banyaknya keterampilan yang dapat diasah. Bisa terampil berpikir seperti seorang pengacara sukses pastinya datang dengan banyak sekali latihan dan pengalaman. Contohnya, anak kecil membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk bisa berkomunikasi lancar dengan belajar dari orang tua mereka mengenai tata bahasa, intonasi, dan struktur bahasa. Sama halnya dengan belajar hukum! Hukum adalah bahasa yang digunakan masyarakat untuk mendefinisikan hubungan, menjelaskan hak dan kewajiban, dan mengatur interaksi antara individu dan masyarakat secara keseluruhan.

Mahasiswa hukum akan mengembangkan skill untuk membaca dan menafsirkan sumber utama, mencari konteks sebuah peristiwa, mengevaluasi, dan ultimately mengambil sebuah keputusan. Mengembangkan keterampilan kritis dan pemahaman kontekstual ini membutuhkan banyak waktu. Like they said, Rome wasn’t built in a day! It takes time to be great.

BACA JUGA: Mitos Mahasiswa Hukum yang Orang Pikir Kuliahnya Susah Atau Gak Sih

3. Membuat Perbedaan

Hukum memberikanmu kuasa untuk membuat perbedaan dalam masyarakat! Hal ini bisa menjadi motivasi utama bagi kamu yang tertarik dengan aktivisme sosial dan masih mencari alasan memilih jurusan hukum. Kamu ingin mengatasi isu sosial atau lingkungan di masyarakat? Mempelajari hukum bisa membantumu melakukannya dan membuat perbedaan! Jika kamu mengikuti isu-isu seperti ketidaksetaraan dan diskriminasi, maka gelar sarjana hukum akan membekalimu ilmu terkait hak asasi manusia dan bagaimana cara melindunginya.

Lebih lanjut, hukum hadir dengan makna besar yang lahir dari membantu orang lain, berjuang melawan ketidakadilan, dan membela orang yang tidak bersalah. Ini adalah tanggung jawab besar, dan perlu diingat bahwa pengacara mana pun tidak akan bisa memenangkan setiap kasus, bahkan jika mereka benar. Tapi mereka dapat tetap melakukan segala upaya untuk membuat masyarakat kita lebih baik.

BACA JUGA: Catat, Inilah Biaya Kuliah Jurusan Hukum 5 Universitas Terbaik di Inggris!

4. Buka Pintu ke Banyak Pilihan Karier

alasan memilih jurusan hukum

Source: Unsplash

Selain itu, alasan memilih jurusan hukum lainnya adalah hukum membekalimu dengan keterampilan penting. Dengan gelar sarjana hukum, kamu dapat mengembangkan sejumlah keterampilan esensial yang merupakan kunci kelayakan kerja, baik di industri hukum maupun non hukum. Keterampilan tersebut meliputi kemampuan untuk menginterpretasikan informasi yang kompleks, keterampilan meneliti, membentuk argumen yang kuat, keterampilan negosiasi, kemampuan menulis secara ringkas dan akurat, serta berkomunikasi dengan percaya diri.

As you know now, kamu bisa terjun ke profesi hukum dengan gelar sarjana hukum, tapi gelar ini juga dapat membuka begitu banyak pintu karir lainnya. Lulusan hukum sering masuk ke berbagai bidang seperti perbankan, keuangan, pemasaran dan posisi manajemen di berbagai industri seperti asuransi dan ritel.

Profesi di bidang hukum juga tetap menjadi salah satu pekerjaan yang menarik minat banyak orang dengan gaji yang juga tinggi. Persaingannya mungkin nggak mudah, tapi imbalannya sepadan. Contohnya di Amerika Serikat, prospek pekerjaan bagi pengacara adalah positif dengan perkiraan peningkatan sebesar 6% antara 2018-2028.

5. Law is Fun and Useful!

alasan memilih jurusan hukum

Source: Unsplash

Law is fun! Siapa bilang belajar hukum itu hanya stressful? Jurusan hukum pun bisa menjadi menyenangkan untuk dipelajari! Banyak pertanyaan lucu dan unik yang bisa kamu jawab dari perspektif hukum. Misalnya, bisakah kamu mendapatkan kompensasi jika terkena bola basket saat bersantai di teras rumah? Skenario-skenario lucu seperti ini tetap melibatkan prinsip hukum yang penting.

Hukum adalah disiplin ilmu yang menarik dan luas. Hampir semua yang kita lakukan diatur oleh satu undang-undang atau prinsip hukum lainnya, mulai dari belanja online, berkendara di jalan raya, posting sesuatu di internet, dan aktivitas seharian lainnya. Hukum juga membuatmu lebih memahami perilaku manusia dan masyarakat kita. Ketika mendengarkan cerita orang yang terlibat dalam kasus hukum, kamu akan menjadi jauh lebih mudah untuk berempati dengan mereka dan memahami perasaan, alasan, dan perjuangan mereka.

Selain itu, alasan lainnya memilih jurusan hukum adalah kegunaannya. Mempelajari hukum relevan dalam banyak hal untuk kehidupan kita sehari-hari. Kenapa? Soalnya penerapan hukum berlaku dalam semua transaksi harianmu! Mulai dari membeli kopi susu terkenal di Jakarta Selatan, hingga menegosiasikan kenaikan gaji dengan atasanmu di tempat kerja. Mata kuliah hukum mengenai pertanahan pastinya akan berguna saat kamu ingin menyewa properti!

6. Prestisius

Source: Vice.com

Nggak cuma seru dan berguna, gelar hukum juga dipandang sebagai sesuatu yang prestisius. Tidak ada keraguan bahwa gelar sarjana hukum itu bergengsi, hal ini sering tercermin di media. Film-film populer seperti A Few Good Men, A Time to Kill, dan beberapa series TV seperti Suits dan Ally McBeal antara lain adalah contoh bagaimana Hollywood mendramatisir dan menjunjung tinggi profesi hukum sebagai karier bergengsi yang harus dikejar. Tentu saja film dan TV terkadang menggunakan lisensi artistik dalam menggambarkan dunia hukum, tetapi pandangan tentang hukum dan pengacara ini telah menarik banyak orang untuk mengejar gelar sarjana hukum dan karier di bidang hukum. Studi oleh Fletchers Solicitors pada 2020 menemukan bahwa 39% karier generasi milenial terinspirasi oleh series TV! 

Bahkan film komedi legendaris yang dibintangi Reese Witherspoon, Legally Blonde, telah menjadi film klasik. Film ini menceritakan kisah Elle Woods, mahasiswi nyentrik yang berupaya mengejar gelar sarjana hukum di Harvard Law School. Menurut American Bar Association Journal, film tersebut menginspirasi banyak wanita untuk menjadi pengacara. 

Nah, itulah 6 alasan memilih jurusan hukum! Gimana? Semoga membantumu memantapkan pilihan, ya!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan