syarat kuliah di jerman
Biaya Hidup di Jerman, Mahal atau Murah? Yuk, Kita Hitung!
8 Juni 2021
toefl sample test
Penting! Sudah Tahu Fakta TOEFL iBT dan Latihan Sample Test nya?
9 Juni 2021

Nikmatnya Jadi Mahasiswa di Amerika dengan Biaya Kuliah Super ‘Worth It’!

biaya kuliah di amerika

Sumber: Unsplash

Amerika. Siapa sih yang nggak ingin mengunjungi negara ini? Baik untuk perjalanan bisnis, travellingbahkan menempuh studi yang termasuk populer di kalangan pelajar. Sebenarnya, sudah nggak heran kalau Amerika selalu jadi destinasi studi! Pendidikan dan penelitian disana sangat dijaga dan dijunjung tinggi. Teknologi, inovasi, dan culture keren yang selalu kalian lihat? Ah, sudah jadi highlight negara tersebut di sepanjang tahun dan waktu! Sampai pada akhirnya, pelajar internasional menaruh kepercayaan pada Amerika sebagai tempat untuk bertumbuh, belajar, dan berkarya menjadi versi terbaik masing-masing. Mereka pun mengincar program dan universitas terbaik pilihan hingga mempertimbangkan serta mempersiapkan biaya kuliah di Amerika dengan sangat baik.

biaya kuliah di amerika

Sumber: Unsplash

Reputasi Amerika sebagai salah satu negara unggulan gak semerta-merta mudah diraih loh. Mereka tentunya bekerja dengan keras dan cermat untuk selalu mengedepankan intelektual dan teknologi. We could say, all about compassion, creativity, and broad minds. Ada banyak hal menarik dan keuntungan yang bisa kamu dapatkan sebagai mahasiswa disana. Untuk biaya kuliahnya? Don’t you worry! Setiap universitas memiliki standar serta keringanan yang beragam. Kamu mungkin juga akan bertanya-tanya kenapa bisa dikatakan super ‘worth it’. Well, biar nggak penasaran, beberapa fakta di bawah dapat membuktikan kekhasan Amerika sebagai destinasi studi. Keputusan mu mengeluarkan budget kuliah dengan merantau jauh sampai ke negeri Paman Sam nggak bakal bikin nyesel deh!

1. Kualitas Pendidikan dan Pengajaran Kelas Dunia

Yes! Ini sudah pasti akan kamu dapatkan. Pemerintah Amerika menjamin kualitas pendidikan karena hal tersebut merupakan elemen yang esensial. Seiring berjalannya waktu, Amerika punya cara inovatif dalam menawarkan pengalaman studi luar biasa bagi para pelajar seluruh dunia.

Banyak sekali pilihan universitas dengan ranking terbaik dunia, penerapan hands-on learning, klub dan komunitas, sampai gaya pembelajaran interaktif yang diterapkan dalam kelas. Berbagai deretan program yang ditawarkan oleh universitas juga biasanya mendapatkan akreditasi baik dan meraih sertifikat dari badan nasional.

2. Teknologi Jadi ‘Partner’

biaya kuliah di amerika

Sumber: Unsplash

Amerika memiliki kemajuan teknologi yang super pesat. Dengan kemajuan tersebut, pengaplikasiannya tentu diharapkan dapat merata. Pemerintah memastikan bahwa mereka melengkapi seluruh spektrum pendidikan dengan fasilitas teknologi terkini. Hal tersebut berdampak besar dalam penelitian serta pengembangan yang berjalan dalam institusi, lembaga, atau pendidikan tinggi. Kamu sebagai mahasiswa jadi up-to-date dengan kemajuan fasilitas yang ada dan mampu mengikuti metode baru pada kurva pembelajaran!

3. Penelitian yang Aktif dan Inovatif

Sudah berapa inovasi yang berhasil dilakukan oleh Amerika? Banyak! Keadaan tersebut akhirnya menciptakan ruang yang membuatmu berkesempatan untuk melakukan penelitian. Universitas-universitas di Amerika menawarkan kesempatan penelitian serta pelatihan bagi mahasiswa internasional. Kamu bisa membantu sebagai Asisten Profesor ataupun dengan melakukan penelitian di berbagai proyek. Another great thing is, terkadang kegiatan ini bisa membuatmu menghasilkan uang. Lumayan kan sebagai tabungan tambahan? Terjun dalam kegiatan meneliti nggak hanya mendukung kebutuhan pribadi, tetapi juga memberikan manfaat ilmu pengetahuan dan kemampuan yang dapat membantu memperluas profesionalisme mu.

4. Menyaksikan dan Bertukar Budaya yang Kaya

Sumber: Unsplash

Tentu saja budaya yang kaya. Amerika memiliki histori yang berkarakteristik dengan orang-orang yang berlatar belakang budaya berbeda. Kamu akan menemukan banyak sekali teman baru dengan keunikannya masing-masing! Kamu juga bisa mengetahui serta berbagi budaya dengan teman internasional. Pertukaran budaya yang beragam ini bermanfaat dalam meningkatkan sisi akademis maupun pribadimu.

5. Peluang Karir Menarik

Gelar internasional yang kamu dapatkanterlebih dari Amerika, akan mampu membuka jendela prospek pekerjaan dan karir yang luas. Reputasi universitas terkemuka, bidang studi berkualitas, hingga ragam wawasan yang ditawarkan bisa menjadi poin kuat yang mendukung. Kamu akan dinilai menjadi kandidat yang kreatif, berkepemimpinan baik, serta menawarkan pandangan berbeda dalam banyak hal.

6. Menjelajahi Tempat Magis

Sumber: Unsplash

Oh yes, beautiful places everywhere. Kamu ngga boleh melewatkan privilege satu ini saat berkuliah di Amerika! Mereka punya deretan tempat menarik yang bisa dieksplor dan kunjungi. Baik itu destinasi wisata hingga tempat belajar. Kamu bisa coba hiking di bukit hijau dengan matahari cerah, mengunjungi berbagai pantai dengan air biru jernih, katedral ‘vintage’ bersejarah, museum yang edukatif, sampai cafe-cafe lucu dimana kamu bisa menikmati hidangan kopi dan sarapan yang lezat.

Nah, banyak banget kan keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat berkuliah di sana? Apa yang bisa kamu dapatkan dan bahkan ‘dibawa pulang’ ke Tanah Air nanti akan sangat sepadan dengan yang kamu keluarkan. Tenaga, usaha, dan biaya studi yang beragam bagi setiap mahasiswa. Lalu, bagaimana nih dengan biaya kuliah di Amerika sendiri? Tentunya, setiap tingkat ataupun sekolah dapat mematok harga yang berbeda loh. 

Di Amerika, ada College dan Universitas yang menawarkan berbagai jurusan dari jenjang S-1 sampai S-3. Biasanya sekolah pemerintah menggunakan kata “State“ atau dengan penggunaan nama wilayah, seperti University of Washington. Sementara banyak pelajar internasional yang memilih community college karena adanya program bahasa Inggris intensif atau ESL dan pelayanan spesial seperti free-tutoring.

Sumber: Unsplash

Biaya kuliah di Amerika untuk universitas terkemuka dapat berkisar mulai USD 20.000 sampai USD 55.000 per tahun. Sedangkan community college menawarkan biaya yang lebih murah dimana jumlahnya berkisar antara USD 8.500 sampai USD 10.000 per tahun. Sekolah pemerintah menawarkan biaya yang lebih terjangkau; dan community college menghadirkan pilihan biaya termurah di antara sekolah pemerintah lainnya. Kamu bisa memilih jenis sekolah sesuai pilihan dan kemampuan yang kamu miliki!

Jika nanti pembayaran biaya sekolah terasa berat, jangan khawatir. Ada satu fakta lain lagi yang wajib kamu ketahui! Ini juga yang termasuk paling menarik dari universitas jebolan Amerika. Universitasnya menawarkan dukungan keuangan atau kemudahan finansial bagi seluruh pelajarnya. Lokal maupun internasional. Sebagian besar ada yang menawarkan dana bantuan, pinjaman serta tunjangan, sampai beasiswa kepada para mahasiswa untuk menutupi kebutuhan biaya sehari-hari dan biaya kuliah. Pastikan kamu menjelaskan pihak universitas mengenai kondisimu ataupun melakukan pendaftaran. Dengan kemudahan tersebut, kamu jadi bisa melanjutkan kebutuhan pendidikan dengan lancar dan meraih rencana-rencana besarmu bukan?

Itu dia seluruh keseruan dan manfaat menarik yang bisa kamu dapatkan saat berkuliah di Amerika! Sudah siap belum untuk mengambil satu langkah maju?

Tetap semangat ya.

Amerika menunggu dan nggak sabar menyambutmu!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.