pengalaman kuliah jurusan manajemen
Seru Banget! Ini Dia Pengalaman Kuliah Mahasiswa Jurusan Manajemen Bisnis
4 Januari 2022
duolingo english test scoring
Yuk Pahami Dulu Sistem Scoring Duolingo English Test!
10 Januari 2022

Jurusan Cyber Security, Jurusan Masa Depan Buat Kamu!

Jurusan Cyber Security, Jurusan Masa Depan Buat Kamu!

Sumber: Pexels

Di tengah era serba digitalisasi, tak bisa dipungkiri banyak kemudahan yang kita terima. Contoh, kini segala urusan keuangan saja sudah mengalami proses digitalisasi sehingga semua urusan keuangan kini bisa dilakukan dari ujung jari saja. Proses digitalisasi ini pun makin kuat dengan jaringan internet yang memadai sehingga semua data pribadi kita pun kini ada di dunia internet. Di sisi lain, semakin majunya dunia internet, semakin tinggi peluang kejahatan alias cyber crime yang bisa merugikan warganet. Itulah mengapa diperlukannya peningkatan pada cyber security. Saking tingginya demand untuk memperkuat keamanan di dunia maya, kini banyak kampus yang menyediakan jurusan cyber security, lho.

Nggak main-main, jurusan cyber crime ini bahkan sampai menjadi jurusan yang banyak peminatnya. Soalnya, semakin maju proses digitalisasi dalam segala bidang, keamanan dunia internet harus lebih maju lagi. Penasaran dengan jurusan cyber crime yang disebut sebagai jurusan masa depan ini? Yuk, kita bahas selengkapnya!

 

Apa itu Jurusan Cyber Security?

Jurusan Cyber Security, Jurusan Masa Depan Buat Kamu!

Sumber: Pexels

Belakangan, universitas-universitas di luar negeri sudah menyediakan jurusan cyber security ini. Mereka paham akan tingginya permintaan dalam pengamanan dunia internet, sehingga kampus-kampus ini siap mendidik generasi baru untuk menjadi garda terdepan dalam pengamanan dunia internet.

Supaya tidak bingung, ada baiknya kita pahami dulu apa sih jurusan masa depan ini? Jurusan ini merupakan salah satu jurusan di bidang komputer dan teknologi. Pada jurusan ini calon mahasiswa akan mempelajari cara melindungi berbagai industri juga pemerintahan dari serangan yang ada di dunia maya (cyber attack).

Mahasiswa akan mengantongi pengetahuan juga skill dalam pengujian, perancangan sampai penerapan pertahanan dalam dunia maya. Karena berhubungan dengan komputer dan internet, jurusan cyber security ini memiliki dasar yang kuat pada computer science dan menuntut kamu untuk berpikir kritis juga selalu update soal teknologi dunia maya paling mutakhir.

 

Alasan Memilih Jurusan Cyber Security

Buat kamu yang lagi bingung mau ambil jurusan apa saat kuliah nanti, jurusan cyber security ini bisa jadi pilihan. Kenapa memilih jurusan ini? Alasannya karena perkembangan dunia internet sangatlah pesat, begitu juga pergerakan para pelaku cyber crime. Setiap detiknya ada banyak cyber attack yang dicoba dilayangkan untuk melakukan kegiatan ilegal. Itulah mengapa dari sektor industri maupun pemerintah perlu meningkatkan cyber defense

Cyber defense ini membutuhkan orang-orang yang mampu mengeksplorasi berbagai ancaman dunia maya untuk dapat membangun sistem pertahanan yang kuat. Jadi, tentunya setiap tahun baik dari industri dan pemerintah membuka banyak lowongan untuk menjadi anggota tim pendiri cyber defense ini. Siapa tahu kamu salah satunya, kan?

 

Apa Saja yang Dipelajari dalam Jurusan Cyber Security?

Jurusan Cyber Security, Jurusan Masa Depan Buat Kamu!

Sumber: Pexels

Sebelum memilih jurusan ini, kamu juga harus mengetahui apa saja sih yang akan kamu pelajari kelak. Pada dasarnya, jurusan cyber security ini berkaitan dengan ilmu IT atau computer science. Bedanya, pada jurusan ini kamu akan mendalami ilmu-ilmu sistem komputer yang ada, khususnya pada pengamanan dunia maya. 

Mahasiswa juga akan belajar hacking, lho. Tapi hacking-nya berbeda dengan ilegal hacking yang berbahaya, kamu akan diajarkan ethical hacking atau cara meretas suatu sistem sesuai dengan etika dan hukum yang berlaku. Jadi kamu akan mengerti cara mengatasi serangan di masa depan.

Selain itu, mahasiswa juga akan diajarkan bagaimana melindungi suatu jaringan dari cyber attack. Nggak sampai di situ, kamu harus mempelajari basis-basis keamanan data, cara mengamankan data dan jaringan, dan pemberian akses data pada orang-orang tertentu.

Kuliah Jurusan Cyber Security di Inggris

Inggris merupakan salah satu negara dengan kampus yang memiliki jurusan cyber security terbaik di dunia. Jurusan ini di Inggris terkenal membantu mengembangkan pengetahuan seputar teknologi internet. Mahasiswa juga akan belajar tentang Big Data Hadoop, Cisco-Networking, Ethical Hacking dan Digital Marketing yang bermanfaat saat terjun ke dunia karir cyber security.

Universitas-universitas di Inggris juga banyak yang memiliki jurusan cyber security, lho, jadi kamu pun punya banyak pilihan. Kampus-kampus yang bisa jadi tujuanmu antara lain University of Glasgow, University of Newcastle, Coventry University, dan Birmingham City University. Kabar baiknya, universitas-universitas ini sudah bekerja sama dengan SUN Education jadi kamu bisa langsung konsultasi dengan counselor kami saja!

Biaya Kuliah Jurusan Cyber Security di Inggris

Jurusan Cyber Security, Jurusan Masa Depan Buat Kamu!

Sumber: Pexels

Tentunya biaya kuliah menjadi salah satu hal yang paling penting untuk dipertimbangkan sebelum kuliah jurusan ini. Apalagi jika kamu ingin kuliah cyber security di Inggris. Untuk waktu perkuliahan, biasanya cyber security memakan waktu rata-rata 3 tahun. Apalagi di Inggris terkenal dengan masa kuliah yang lebih singkat dari pada negara lain. Untuk biaya kuliah jurusan cyber security di Inggris berkisar £ 20.000- 25.000 per tahunnya. 

Prospek Kerja di Bidang Cyber Security

Sudah tahu penjelasan tentang jurusan cyber security, apa saja yang akan kamu pelajari, biaya perkuliahan, sekarang saatnya kita mengetahui jenjang karir untuk lulusan ini kelak. Salah satu keuntungan memilih jurusan ini adalah jenjang karirnya yang panjang dengan lapangan kerja yang luas. 

Lulusan dari jurusan cyber security ini akan dibutuhkan oleh industri dan pemerintahan. Beberapa peluang kerja sebagai cyber security antara lain, developer security software, security analyst, chief information security officer, security engineer, dan banyak lagi.

Nantinya profesi ini bertugas dalam mengembangkan sistem keamanan, menyediakan konsultasi untuk industri atau pemerintahan mengenai keamanan data, mengawasi dan mencegah kemungkinan serangan siber, maintaining sistem pengamanan juga evaluasi kinerja sistem pengamanan yang sedang berjalan.

Kuliah Jurusan Cyber Security di Luar Negeri

Sumber: Pexels

Di Indonesia sendiri kuliah jurusan ini masih sedikit, makanya kamu lebih baik memilih untuk kuliah di luar negeri. Negara-negara seperti Singapura, Malaysia, Cina, dan Australia yang berdekatan dengan Indonesia saja sudah memiliki kampus yang menyediakan jurusan cyber security. Tapi untuk kuliah di Inggris, USA, hingga Europe sekali pun bisa jadi pilihan.

Sebelum merencanakan kuliah jurusan ini di luar negeri, ada baiknya kamu berkonsultasi dengan SUN Education dulu. Kami bisa membantu kamu dalam memilih kampus yang tepat, konsultasi persyaratan masuk kuliah, pengajuan visa, sampai mencari akomodasi. Kamu tinggal datang ke kantor SUN Education terdekat di kotamu atau hubungi via Hotline di 0821 33 34 35 36. Yuk, wujudkan kuliah cyber security dengan SUN Education!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan