6 Transportasi Malaysia Yang Bisa Kamu Gunakan Saat Berkuliah Disana!
14 Agustus 2021
contoh soal gre
Aplikasi Contoh Soal GRE yang Mudah Kamu Akses untuk Latihan!
17 Agustus 2021

Kuliah di Australia Enaknya Tinggal di Akomodasi Kampus atau Homestay?

homestay australia

Sumber: Pinterest

Kuliah di Australia pastinya menjadi impian setiap pelajar di dunia. Bagaimana nggak, pendidikan mereka sangatlah berkualitas tinggi—belum lagi lingkungan yang suportif dan suasana kota yang menyenangkan. Kalau kata anak muda, ‘Negara baru. Vibes baru. Pengalaman baru!’ hihi. Kamu yang merantau dari Indonesia juga harus mencari tempat tinggal baru untuk bernaung selama menjadi mahasiswa. Untungnya, kamu punya banyak pilihan. Mulai dari akomodasi kampus sampai homestay Australia yang cukup populer di kalangan pelajar internasional.

homestay australia

Sumber: Pinterest

Ketika kamu memutuskan untuk berkuliah di luar negeri, pastikan kamu harus bisa menemukan tempat tinggal yang tepat! Pertimbangkan dari sisi harga, kenyamanan, dan keunggulan apa saja yang bisa kamu rasakan dan dapatkan. Nggak mungkin kan kamu tinggal di tempat yang nggak nyaman? Bisa-bisa kamu jadi uring-uringan, semangat kuliah berkurang, dan nggak enjoy menikmati masa-masa kuliah di Australia. Ufff, jangan sampai ya! Udah jauh-jauh kuliah di Australia, kamu harus coba memaksimalkan pengalaman studimu agar semenarik, sebermanfaat, dan se-warna-warni mungkin.

Nah, untuk pilihan tempat tinggal atau akomodasi di Australia terbagi menjadi dua pilihan. Kamu bisa memilih yang berada di dalam/sekitar lingkungan kampus dan di luar kampus. Agar lebih paham dengan jenis akomodasi yang sesuai dengan anggaran dan harapan kamu, coba deh simak breakdown pilihannya di bawah ini:

1. Akomodasi Kampus

homestay australia

Sumber: USYD

Ada berbagai universitas di Australia yang menyediakan fasilitas akomodasi di kampusnya. Semua bergantung pada universitasmu—jadi saat kamu memilih universitas tujuan, pastikan kamu sudah mencari tahu fasilitas apa saja yang mereka miliki ya! Akomodasi kampus biasanya terletak persis di sekitar lingkungan kampus. Biaya akomodasi setiap universitas berbeda dan terkadang juga bergantung pada jenis housing dan fasilitas kamar yang ditawarkannya. Sebagai contoh, akomodasi University of Sydney mematok biaya AU $ 8.300 (Rp 82,763,450) per semester. Jadi, penting untuk melakukan riset sesuai dengan pertimbangan kondisi finansial dan preferensi yang kamu miliki! 

Keuntungan Tinggal di Akomodasi Kampus

Selain itu, setiap jenis akomodasi pasti punya karakteristik ataupun keunggulannya. Beberapa keuntungan kalau kamu bertempat tinggal di akomodasi kampus yaitu:

– Tinggal dekat dengan tempat kuliah dan perpustakaan. Kamu jadi hemat waktu dan membantu mengurangi biaya transportasi yang harus kamu keluarkan saat bepergian dari rumah ke universitas.

– Keamanan terjamin karena milik universitas.

– Kesempatan bersosialisasi dan berkomunikasi dengan teman-teman kampus. Kamu jadi lebih mudah dan sering bertemu dengan teman-teman di lingkungan kampus dan membuatmu mengikuti beberapa kegiatan menarik seperti belajar bersama, menonton film, rekreasi, makan malam bersama, dan lainnya.

– Kamu bebas menikmati layanan universitas karena posisinya yang dekat dengan akomodasi itu sendiri.

– Jika menemui kesulitan, kamu bisa meminta bantuan kepada kantor pusat siswa internasional maupun layanan keamanan yang siap sedia.

Cukup banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan! Sementara jika ingin mencoba pilihan lain dan di luar lingkungan kampus, kamu bisa memilih untuk tinggal di homestay Australia.

2. Homestay

homestay australia

Sumber: Rawpixel

Kehidupan di akomodasi kampus dan homestay Australia tentunya memiliki perbedaan. Dengan banyaknya pelajar internasional yang berdatangan ke negeri tersebut, beberapa pemilik rumah Australia memutuskan untuk menjadikan tempat tinggalnya sebagai homestay. Selain bisa menambah ‘pundi-pundi’ yang dapat mereka simpan, menyulap rumah menjadi homestay memberikan pengalaman dan rasa senang tersendiri karena bisa bertemu dengan para pelajar yang menyenangkan. Rumah jadi terasa hangat dan ramai karena kehadiran mereka. 

Untuk kamu yang benar-benar ingin mencari pengalaman raw, homestay Australia bisa menjadi pilihan yang tepat! Kamu bisa memilih akomodasi homestay yang aman, terjangkau, dan ramah bagi siswa internasional. Hal ini mampu membantu kamu menyesuaikan diri dengan kehidupan di Australia sehingga bisa memiliki awal yang baik untuk menjalani masa studimu di sana! Carilah homestay dengan fasilitas dan layanan yang lengkap, aman, serta terkenal baik di kotanya. Sebagai rekomendasi, Australian Homestay Network (AHN) merupakan homestay di Australia yang sangat berkualitas untuk menjadi pilihan tempat tinggalmu.

Australian Homestay Network (AHN)

AHN ini adalah penyedia homestay terbesar dan paling terkenal di Australia. Akomodasi mereka mendapatkan pujian oleh Pemerintah Australia atas standar layanan yang unggul, berkualitas, dan juga aman. FYI, mereka bahkan sudah mengelola lebih dari puluhan ribu aplikasi per tahunnya di seluruh Australia lho. Wow, trusted by many! Fasilitas AHN pun beragam, mulai dari layanan dukungan siswa, pelatihan dan orientasi online yang komprehensif, hotline 24/7 dengan staf profesional, proses pencocokan tuan rumah/siswa yang canggih, paket makan fleksibel, layanan penjemputan bandara, sampai dengan perlindungan asuransi untuk barang-barang kamu. Karena SUN Education Group bekerjasama dengan AHN, kamu boleh banget berkonsultasi atau menanyakan apapun kepada SUN perihal pemesanan tempat tinggal tersebut.

Keuntungan Tinggal di Homestay

Sama seperti akomodasi kampus, jenis homestay juga memiliki banyak keuntungan! Kondisi lingkungan yang berbeda akan memberikanmu suasana dan manfaat yang berbeda pula. Beberapa keuntungan yang akan kamu rasakan saat tinggal di homestay Australia adalah:

– Hidup Lebih Mandiri

Sumber: Pexels

Huhu.. say goodbye to Residence Assistance! Kalau di akomodasi di luar kampus, kamu lah yang tahu dan mengontrol aktivitasmu. Waktu makan, waktu belajar, waktu istirahat, kapan bersih-bersih, jam malam—semuanya harus kamu atur secara bijak. Hal ini mendorongmu untuk hidup lebih mandiri karena kamu nggak bergantung dengan orang lain dan bisa mengatur tanggung jawab yang kamu miliki.

– Pengalaman Otentik

Yup, #livelikealocal! Bertempat tinggal di homestay memberikanmu kesempatan untuk mengeksplorasi dan mempelajari budaya, lingkungan, serta orang-orang yang berbeda. Pastinya, bakal makin seru! Mana tahu kan kalau misalnya tuan rumahmu, yang kamu panggil Ibu atau Bapak adalah orang Eropa asli yang suka menyajikan masakan unik nan lezat tradisional, atau punya kegiatan maupun pengetahuan seru lainnya yang suka mereka bagikan. Selain bisa jadi hiburanmu dikala penat atau homesick, kamu jadi bisa belajar mengenai hal baru baik itu budaya maupun sejarah.

– Mendapatkan Support dan Koneksi yang Berkesan

Sumber: Pexels

Tinggal bersama tuan rumah dijamin akan membuatmu mendapatkan dukungan yang selalu mengalir dan bahkan koneksi yang berkesan. Dalam kata lain, ‘keluarga kecil’ yang jadi teman tinggalmu di homestay Australia ini pastinya akan membantumu, memberimu dukungan di setiap langkah, dan berusaha memahamimu karena penyesuaian diri tinggal bersama di bawah satu atap. Bahkan setelah masa studi selesai dan kamu harus kembali ke Tanah Air, kamu akan selalu bisa keep in touch dengan mereka karena koneksi dekat yang sudah terjalin. Uwaah.. spesial dan menyenangkan rasanya!

Well, itu dia jenis akomodasi di Australia yang bisa kamu pilih saat berkuliah disana. Keduanya sama-sama punya keunggulan yang menarik dan bagus. Apapun pilihanmu, yang penting tempat tinggal tersebut sesuai dengan kondisi dan pastinya nyaman untukmu! Dengan begitu, ‘misi perantauan’ di Australia akan meninggalkan kesan yang luar biasa saat studi hingga kamu lulus nanti. Semangat selalu ya!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.