tingkatan toefl
Ukur Tingkatan Kemampuan Bahasa Inggrismu dengan TOEFL, Yuk!
3 Mei 2021
tes ielts online
5 Platform ‘Online’ untuk Latihan Tes IELTS Secara Mudah!
4 Mei 2021

Bercita-cita Kuliah di Jurusan Teknik Sipil? Berikut Ini Perkiraan Biayanya!

biaya kuliah teknik sipil

Sumber: Freepik

Teknik merupakan salah satu bidang yang berperan penting dalam perkembangan negarakhususnya pembangunan infrastruktur dan ekonomi. Pasti kamu udah aware banget kan kalau di Tanah Air sekarang sedang gencar-gencarnya pembangunan infrastruktur? Dengan meningkatnya aktivitas, para ahli dalam bidang Teknik Sipil menjadi dibutuhkan dalam menyelesaikan berbagai proyek. Siapapun yang ingin berkarir dalam bidang tersebut harus melewati pendidikan tinggi alias perkuliahan terlebih dahulu. Dan pada akhirnya, persaingan ketat serta biaya kuliah jurusan Teknik Sipil pun ‘ikutan’ nggak luput dari kekhawatiran bagi mereka yang mengincar bidang tersebut.

biaya kuliah teknik sipil

Sumber: Freepik

Sebelum membahas mengenai biaya kuliah Teknik Sipil, ketahui dulu seperti apa sebenarnya jurusan yang satu ini! Teknik Sipil merupakan ilmu yang mempelajari segala proses perencanaan, pembangunan, renovasi gedung dan juga infrastruktur jalanan, jembatan, hingga bentuk infrastruktur lainnya. Saat di kelas nanti, kamu akan menjumpai pembelajaran dalam memahami unsur bangunan seperti beton, baja, aspal, dan lain-lain. Dosen akan membimbing dalam memahami seperti apa rancangan struktur bangunan yang kuat, namun layak serta efisien. Inti pelajaranmu memang banyak berkaitan dengan bangunan tetapi akan tetap beragam.

Dengan perkuliahan yang berkaitan dengan bangunan, pastinya kamu harus menggeluti sedikit Arsitektur! Yup, dalam jurusan Teknik Sipil, kamu akan mempelajari dasar rancangan Arsitektur. Hal ini nggak mungkin terhindarkan. Kalau ingin bekerja dalam bidang Teknik Sipil, pastikan kamu memiliki minat besar dalam meng-handle sebuah konstruksi! Selain harus memahami arsitektur, kamu juga bakal menghadapi pelajaran ‘ekor’ lainnya seperti Matematika dan Fisika—karena kedua pelajaran tersebut termasuk dalam pondasi pembelajaran Teknik Sipil. Kalau kamu anti banget dengan yang namanya ‘angka’, wah kamu harus bisa mengesampingkan itu saat sudah memulai hari menjadi mahasiswa Teknik Sipil. Mau nggak mau, kamu harus bisa memahami pelajaran hitung-hitungan tersebut!

Nah, untuk biaya kuliah Teknik Sipil sendiri cukup bervariasi. As a quick fact, Teknik Sipil bisa dibilang sebagai salah satu jurusan kuliah yang prestise dimanapun itu, nggak terkecuali Indonesia. Biaya kuliahnya bergantung pada setiap ketentuan yang dikeluarkan oleh universitas. Hingga di tahun ini, rentang biayanya berkisar mulai dari Rp. 4 juta sampai Rp. 8 juta per semester. Umumnya biaya tersebut mencakup studi teori, kegiatan praktikal, maupun keperluan kuliah yang lain. 

Sumber: Freepik

Besaran biaya studi pun bisa lebih murah tergantung pada universitas yang kamu tuju. Jika kamu merasa cukup berat dalam memenuhi biaya tersebut, kamu dapat mengajukan permohonan keringanan biaya pada pihak universitas. Nggak hanya itu, kamu juga bisa mengajukan beasiswa yang dapat membantumu! FYI, universitas luar negeri banyak yang menawarkan beasiswa untuk mahasiswa internasional. Terlebih, universitas luar negeri memiliki sistem pendidikan kelas dunia dan bisa memberikanmu pengalaman belajar yang jauh lebih berbeda kualitasnya.

Berbicara mengenai universitas luar negeri, kamu bisa memilih Australia sebagai destinasi studi untuk belajar Teknik loh. Australia menawarkan lingkungan yang sangat praktis bagi siswa internasional untuk menggali keterampilan dan kualifikasi dalam bidang Teknik. Negara ini memiliki sejarah prestasi Teknik karena kontribusinya pada kekayaan pengalaman dan keterampilan yang ditawarkan oleh sektor tersier. Apalagi, banyak universitasnya yang menawarkan program studi Teknik Sipil terbaik! Beberapa universitas jebolan Australia dengan program Teknik Sipil peringkat teratas berdasarkan QS World University Rankings by Subject adalah sebagai berikut:

1. University of New South Wales (UNSW)

biaya kuliah teknik sipil

University of New South Wales. Sumber: UNSW

Bidang Civil Engineering di UNSW sampai saat ini masih jadi yang nomor 1 unggulan di Australia! Mereka menawarkan program studi mulai dari Undergraduate, Postgraduate, sampai Postgraduate Research. Penelitian fakultas pun aktif—baru-baru ini beberapa tim melakukan riset mengenai koral laut yang sehat terbukti mengurangi dampak gelombang tsunami di kawasan Great Barrier Reef.

2. The University of Sydney (USYD)

Nggak kalah keren, sekolah Civil Engineering USYD berada di garis depan pendidikan Teknik Sipil. Sistem pendekatan mereka dalam pengajaran memungkinkan siswa dapat menyelesaikan studi dengan keterampilan desain, penelitian, dan kemampuan ‘problem-solving’. Keterampilan inilah yang sangat dicari dan diperlukan dalam menciptakan serta mengelola lingkungan yang berkelanjutan. Selain itu, penelitian mereka juga sangat kuat dan berfokus pada teknik struktural, geomekanika, fluida, transportasi, dan sistem yang kompleks.

3. Monash University

biaya kuliah teknik sipil

Monash University. Sumber: Times Higher Education

Yes, salah satu universitas populer dengan kualitas unggulannya ini ternyata menawarkan program studi Civil Engineering terbaik. Program studi Monash tersedia mulai dari Undergraduate, Postgraduate, sampai Research degrees—semua lengkap. Fakultasnya juga memiliki ahli teknik terbaik di negara Australia dengan pengalaman puluhan tahun alias jam terbang tinggi! Mereka dikenal inovatif dalam menciptakan solusi jangka panjang untuk menghadapi beberapa tantangan terbesar masyarakat saat ini.

Ketiga universitas tersebut tentunya nggak asal dinilai loh, teman-teman! QS World University Rankings by Subject didasarkan pada reputasi akademis, reputasi pemberi kerja, dan dampak penelitian universitas tersebut. Jadi, penilaian ini dijamin menyeluruh, saksama, dan valid langsung dari QS nya. Untuk kamu yang sedang mempersiapkan masuk ke dalam tingkat pendidikan tinggi, persiapkan diri dengan baik ya. Kamu bebas memilih universitas dengan jurusan Teknik Sipil mana saja yang kamu inginkan—namun kamu harus bisa memilih yang terbaik! Soalnya, pilihan tersebut akan berpengaruh besar dengan masa depanmu.

Sumber: Freepik

Disamping itu, Teknik Sipil dikenal sangat esensial terhadap kehidupan manusia karena ilmu yang sejalan dengan kebutuhan serta pergerakan. Kemajuan teknologi transportasi jelas akan berpengaruh pada pembangunan infrastruktur. Perubahan lingkungan juga ikut berpengaruh terhadap pembangunan. Baik itu unsur cuaca, iklim, hingga struktur tanah bakalan jadi pertimbangan penting dalam sebuah proyek pembangunan. Jadi, kamu harus bisa disiplin, cermat, dan yang paling penting teliti!

Setelah menyelesaikan studi nantinya, kamu nggak perlu khawatir dengan peluang kerja. Saat perekonomian Tanah Air masih berkembang, pembangunan pasti akan berlangsung dalam jangka waktu yang cukup panjang. Kamu akan menemukan berbagai macam kesempatan untuk bekerja di bidang Teknik Sipil! Beberapa diantaranya adalah perusahaan konstruksi, pengembang, properti, hingga produk industri. Kamu juga bisa memilih untuk bekerja dalam instansi pemerintah seperti Badan Perencanaan Nasional (BPN), BUMN, ataupun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang bergerak dalam bidang konstruksi.

Banyak bukan pilihannya? Yuk siapkan segala kelengkapan studimu untuk Teknik Sipil mulai saat ini, baik itu dari pilihan universitas, negara, hingga biaya perkuliahannya!

Jangan lupa,

Kamu harus terus semangat ya!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.