international education expo postponed
Announcement International Education Expo
9 Maret 2020
kehidupan di amerika
7 Fakta Mengenai Kehidupan di Amerika
10 Maret 2020

Kuliah di Perancis atau Jerman? Sama-sama Bagusnya Kok!

kuliah di Perancis atau Jerman

kuliah di Perancis atau Jerman

Hm.. Perancis atau Jerman? Kedua negara tersebut adalah destinasi studi yang digandrungi oleh banyak pelajar dari seluruh dunia, terutama Indonesia! Gak hanya kuat dari segi ekonomi, keduanya juga sama-sama memiliki sistem pendidikan yang berkualitas. Bagusnya, seluruh institusi dipantau oleh dewan akademik agar memenuhi standar. Jadi, kamu gak perlu ragu lagi dengan kualitas pengajaran serta akademiknya! Nah, biar lebih paham seperti apa kuliah di Perancis atau Jerman, yuk simak ulasannya dibawah ini:

Perancis

Perancis punya sejarah yang kuat dalam pendidikan. Negara ini termasuk sebagai salah satu destinasi populer yang sering dijadikan pilihan bagi mereka yang ingin kuliah di luar negeri. Setiap tahun, ada 1,5 juta siswa yang belajar di negara ini—yang mana sekitar 10% nya merupakan siswa internasional. 

Sumber: Freepik

Studi di Perancis akan memberikanmu kesempatan untuk belajar bahasa serta budaya baru. Apalagi, negara ini kaya akan seni kuliner dan arsitektur—kalau kamu menyenangi kedua bidang tersebut, lingkungan dan suasana di negara ini pas banget untuk mendukung proses belajarmu.

Baca Juga : Biaya Hidup Mahasiswa di Spanyol Dalam Rupiah

Disamping itu, banyak universitas di Perancis yang menawarkan beragam gelar akademik, teknis, dan profesional di setiap bidang. Negara ini menerapkan sistem berbasis kredit dimana setiap modul studi bernilai sejumlah ECTS (kredit Eropa). Kamu bisa memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakatmu. Kalau kamu menyenangi bidang culinary, Paris memiliki Le Cordon Bleu yang termasuk dalam jajaran sekolah top di dunia. Biaya studi yang ditawarkannya berkisar mulai dari EUR 10,100 sampai 27,900.

Dan jangan khawatir dengan pengeluaran studi! Selain punya pendidikan yang berkualitas tinggi, biaya hidup di Perancis masih dapat dijangkau. Living cost di negara ini rata-rata berkisar antara 1000-2000 euro setiap bulannya. Biaya tersebut juga bervariasi dan tetap bergantung pada tempat tinggal yang kamu pilih dan juga gaya hidupmu. Living cost tersebut dapat meliputi akomodasi, transportasi, dan telekomunikasi.

Biasanya, pengeluaran untuk makan juga tidak mengkhawatirkan karena harga makanan di kantin universitas relatif murahsekitar €3 – 5 euro untuk sekali makan. Namun, jika membutuhkan pemasukan tambahan dan ingin berhemat, cobalah untuk memasak makanan sendiri dan bekerja part time maksimal 20 jam/minggu. Kamu sebagai pelajar internasional di Perancis diizinkan untuk bekerja paruh waktu sejak tahun pertama studi. Gaji untuk pekerja part time di Perancis biasanya € 9 – 10 / jam. Dengan pendapatan tambahan ini, studimu di Perancis tentu bisa menjadi lebih ringan.

Jerman

Jerman sudah dikenal memiliki universitas-universitas terbaik dunia. Negara ini merupakan salah satu negara Eropa yang menjadi tujuan favorit untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Hal tersebut dikarenakan biaya kuliah di negara ini terhitung murah dan bahkan ada yang gratis. Jerman sendiri memang menganut filosofi yang meyakini bahwa pendidikan tinggi harus terjangkau dan mudah diakses.

Baca Juga : Kuliah di Italia: Pendidikan Berkualitas, Biaya Terjangkau

Sumber: Freepik

Beberapa universitas di Jerman juga konsisten mendapat peringkat di antara universitas terbaik dunia. Reputasi tersebut tak lain terbangun karena keunggulan pengajaran dan penelitian, tenaga pengajar profesional, fasilitas kampus, dan pengalaman yang dirasakan mahasiswanya. Program-program yang ada di universitas juga globally-recognized

Program studi di universitas-universitas Jerman punya cara yang modern dan inovatif dalam hal struktur dan cara penyampaiannya kepada siswa. Kurikulumnya bertujuan untuk menemukan maupun menciptakan pendekatan komprehensif dalam pengajaran dan penelitian. Nah, dengan pengajaran tersebut diharapkan mampu memenuhi perkembangan ilmiah terbaru yang ada di dunia dan mampu mendidik individu agar percaya diri dalam menghadapi tantangan global.

Disamping itu, kamu akan dimudahkan dalam segi hal biaya studi. Lembaga Alumni Eropa menjelaskan bahwa ada beberapa universitas Jerman yang tidak memungut biaya kuliah. Tetapi, ada juga universitas yang tetap menerapkan biaya studi namun masih sangat terjangkau. Oleh dari itu, kamu perlu mempertimbangkan untuk memilih universitas yang sesuai dengan keadaan finansialmu.

Biaya hidup di negara ini pun masih relatif lebih murah. Untuk biaya hidup, kamu perlu menyiapkan setidaknya €8,400 atau sekitar Rp130 jutaan per tahun. Kamu dapat menggunakannya untuk membeli kebutuhan harian, pangan, keperluan lainnya, termasuk berjalan-jalan mengunjungi tempat menarik yang ada di negara ini.

Baca Juga : 7 Fakta Mengenai Kehidupan di Amerika

Sumber: Freepik

Nah, seperti itulah dia gambaran kuliah di Perancis atau Jerman. Keduanya memiliki kelebihan yang sama kan? Biar gak galau milih, tentukan dulu bidang kuliah yang sesuai denganmu. Setelah itu, carilah universitas dari kedua negara tersebut yang memiliki standar baik untuk program yang kamu inginkan. 

Kalau sudah ketemu, coba pertimbangankan lagi biaya hidup dan suasana serta lingkungan seperti apa yang kamu inginkan. Dengan begitu, kamu gak akan bimbang dalam memilih untuk kuliah di Perancis atau Jerman. No need to worry! Bagaimanapun, dalam segi kualitas pendidikan, keduanya sudah tak perlu diragukan lagi. Selamat memilih ya, teman-teman!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education memiliki kerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kota mu.

Comments are closed.