Fire Protection and Safety Technology / Teknologi pemadam kebakaran dan alat keselamatan
Fire Protection and Safety Technology / Teknologi Pemadam Kebakaran dan Alat Keselamatan
26 September 2021
biaya hidup di belanda
Penting Buat Mahasiswa! Ini Kiat Hemat Biaya Hidup di Belanda!
28 September 2021

Mahasiswa Wajib Tahu! Ini Estimasi Biaya Makan di Singapore

biaya makan di Singapore

Source: Unsplash

Sebelum angkat kaki untuk studi di luar negeri, tentu kamu harus melakukan riset mengenai banyak hal. Mulai dari akomodasi, transportasi, pengurusan visa, hingga biaya hidup sehari-hari. Secara umum, biaya hidup pasti menjadi salah satu pertimbangan penting ketika kamu hendak kuliah di luar negeri.

Sama halnya berlaku jika kamu ingin kuliah di salah satu destinasi terdekat dari Indonesia yakni Singapore. Walaupun negara tetangga, bukan berarti biaya hidup di Singapore sama seperti di Indonesia. Singapore, sebuah negara pulau kecil di ujung selatan Semenanjung Malaya, dianggap sebagai success story bagi dunia. Pasalnya, negara kecil ini berkembang sangat pesat dalam beberapa dekade terakhir untuk menjadi negara maju. Banyak yang menilai bahwa keberhasilan Singapore sebagian besar karena lokasinya yang strategis sebagai pelabuhan dan hub perdagangan.

Semua faktor di atas, dikombinasikan dengan universitas internasional terbaik di dunia yang berada di negara tersebut, menjadikannya sebagai tujuan studi luar negeri yang ideal. Nah, kali ini SUN Education secara khusus akan membahas hal yang nggak jauh dari kebutuhan sehari-hari mahasiswa yaitu makanan! Sebagai calon mahasiswa, tentunya kamu wajib banget tahu biaya makan di Singapore.

Dengan tahu estimasi biaya makan di Singapore, hal itu pasti akan membantumu mengatur pengeluaran agar tidak boros dan bahkan bisa menyisihkan uang untuk ditabung!

Estimasi Biaya Makan di Singapore

biaya makan di Singapore

Source: traveller.com

Per bulannya, seorang mahasiswa kemungkinan besar akan memerlukan sekitar $300-$450 untuk biaya makan di Singapore. Jumlah ini berdasarkan $10-$15 per hari untuk tiga kali makan di food court.

Sementara itu, jika kamu berencana untuk tinggal di asrama yang disediakan oleh universitas, biasanya akan membutuhkan sekitar $350 per bulan untuk biaya makan di Singapore. Meskipun harga makanan di Singapore bervariasi, biaya rata-rata makanan di Singapore adalah $30 per hari untuk satu orang.

Situs Budget Your Trip menyatakan bahwa berdasarkan kebiasaan belanja wisatawan mancanegara, saat makan di luar, makanan rata-rata di Singapore harus menelan biaya sekitar $12 per orang. Perlu kamu ingat, harga sarapan biasanya sedikit lebih murah daripada makan siang atau makan malam. Selain itu, harga makanan di restoran duduk di Singapura seringkali lebih tinggi daripada harga makanan cepat saji atau makanan jalanan.

Secara rata-rata, seorang mahasiswa internasional di Singapore menghabiskan sekitar $750 hingga $2.000 per bulannya untuk biaya hidup. Tapi tentunya jumlah ini tergantung pada standar hidup masing-masing mahasiswa. Misalnya biaya akomodasi, pastinya tergantung wilayah tempat tinggal, jenis akomodasi, hingga fasilitas yang tersedia. Transportasi pun sama halnya, tergantung pada jarak yang harus kamu tempuh dari tempat tinggal ke universitas.

Faktor yang Mempengaruhi Biaya

biaya makan di Singapore

Source: Unsplash

Biaya makan di Singapore pun tergantung pada wilayah tempat tinggalmu. Untungnya, makan di Singapore cukup murah. Ada banyak pilihan makanan lezat di mana-mana dengan harga antara $4-$10, termasuk minuman. Jika kamu mau makan di restoran, siapkan uang setidaknya $20-$30 per orang. Minuman panas atau dingin seperti kopi, cokelat, jus, dan cola dapat berharga antara $1-$2,5. Kuliner lokal popular seperti nasi ayam atau nasi lemak harganya sekitar $3-$6. Sementara itu, makanan lebih mewah seperti pizza untuk porsi satu orang dapat menelan biaya antara $6-$12.

Memasak Makanan Sendiri

Source: Unsplash

Kalau kamu berencana untuk menetap di suatu negara untuk bertahun-tahun, pastinya kamu nggak akan makan ke restoran setiap kali kamu lapar. Terkait biaya bahan makanan, kebutuhan makanan pokok untuk satu orang akan menelan sekitar $200 per bulannya, mencakup sarapan dan makan malam. Kamu bisa banget menghemat biaya makan di Singapore dengan cara memasak makanan sendiri! Jika ingin memasak, sangat disarankan kamu melakukan bulk cooking atau memasak dalam jumlah banyak yang bisa disimpan dan dimakan sampai beberapa hari ke depan.

I know what you’re thinking, belanja kebutuhan memasak juga pasti akan menghabiskan sebagian besar uang bulananmu. Memang hal ini perlu menjadi pertimbangan karena meskipun membeli dan menyiapkan makanan di rumah bisa menghemat biaya makan di Singapore, hal itu juga sangat memakan waktu dan tenaga.

Apa ada pilihan makanan yang lebih murah? Salah satu cara mudah mendapatkan makanan sebagai mahasiswa asing adalah untuk tinggal di fasilitas yang tersedia di kampus. Biaya makanan akan jauh lebih rendah karena harga sesuai dengan budget siswa yang cenderung memiliki anggaran terbatas.

Kalau kamu mencari tempat terbaik untuk belajar di Asia, Singapore tidak ada duanya! Walaupun biaya hidup dan secara khusus biaya makan di Singapore bisa membebani kantong, tetapi fasilitas yang ditawarkan membuat negara ini worth it! Bagi kamu yang berencana untuk kuliah di Singapore, semoga artikel ini membantumu membuat estimasi biaya makan di Singapore agar kamu bisa menyusun rencana finansialmu dengan matang.

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu atau baca SUN E-Guide Book GRATIS!

Tinggalkan Balasan