ciri khas negara Australia
Anti-mainstream! 5 Destinasi Ikonik yang Jadi Ciri Khas Negara Australia
7 Juli 2022
jurusan sinematografi
Termasuk Jurusan Keren, Apa Sih Manfaat Kuliah Sinematografi?
8 Juli 2022

Mari Bedah Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Ilmu Gizi Yuk!

Konsultasi gaya hidup sehat

Seiring bertumbuhnya kesadaran masyarakat akan gaya hidup sehat, semakin tinggi pula kebutuhan seorang ahli gizi. Wah, artinya peluang nih buat yang kamu yang berencana melanjutkan kuliah ke jurusan ilmu gizi! Tapi sebelumnya, kamu cek dulu nih kelebihan dan kekurangan jurusan ilmu gizi, biar tambah siap lanjut kuliahnya!  

Serba Serbi Jurusan Ilmu Gizi

Secara umum, tujuan dari perkuliahan jurusan ilmu gizi adalah mempelajari hubungan antara asupan gizi seseorang dengan kualitas manusia itu sendiri. Hal tersebut bisa mempengaruhi produktivitas, kecerdasan, serta kesehatan. 

Lebih jauh lagi, dari kualitas manusia itu bisa berpengaruh juga kepada bagaimana manusia berinteraksi sesama manusia dan bagaimana manusia bekerja dan mempengaruhi sistem sosial ekonomi suatu negara. Karena, pada akhirnya kualitas gizi suatu negara mempengaruhi kualitas dari manusia itu sendiri.

Artinya, jurusan ilmu gizi tidak hanya belajar tentang ilmu biologi dan kimia saja. Kamu juga harus mampu memahami hal di luar sektor kesehatan, seperti ekonomi kemasyarakatan, sosiologi, dan ilmu budaya.

kelebihan dan kekurangan jurusan ilmu gizi

BACA JUGA: Apa Saja Sih Syarat dan Pilihan Beasiswa Kedokteran di Indonesia?

Kelebihan Kuliah di Jurusan Ilmu Gizi

 

Banyak Dibutuhkan di Berbagai Bidang Industri

Seorang ahli gizi banyak bersinggungan dengan aspek keilmuan lainnya. Berbagai bidang industri yang bersentuhan dengan masyarakat, biasanya membutuhkan ahli gizi, terutama industri makanan dan perawatan tubuh.

Kekurangan Kuliah di Jurusan Ilmu Gizi

 

Bidang Pekerjaan yang Sifatnya Pendukung

Walau banyak bidang industri membutuhkan seorang ahli gizi, apa yang dikerjakan sebenarnya tergolong hanya bersifat mendukung. Misalnya saat praktik di bidang pelayanan kesehatan. Seorang ahli gizi bersifat mendukung bidang kedokteran karena mereka tidak bisa memberikan diagnosa suatu gejala atau penyakit. Mereka juga tidak bisa sembarangan meracik resep obat karena memang lingkup pekerjaannya yang spesifik.

Persaingan yang Tinggi di Dunia Kerja

Seorang sarjana ilmu gizi sebenarnya sudah jelas akan melanjutkan karir sebagai apa. Apalagi sudah menjurus ke ranah keprofesian. Maka dari itu, bidang pekerjaan yang tersedia pun akan terbatas. Artinya kamu harus bersiap, orang yang sebelumnya jadi teman sekelasmu, akan jadi pesaingmu untuk mendapat pekerjaan. Namun, kamu tidak perlu khawatir jika sudah menjadi lulusan universitas luar negeri. Tentunya kamu memiliki value lebih dan sangat dipertimbangkan di industri!

kelebihan dan kekurangan jurusan ilmu gizi

Peluang Pekerjaan Lulusan Jurusan Ilmu Gizi

 

Konsultan gizi di rumah sakit

Hampir di setiap rumah sakit dan fasilitas pelayan kesehatan menyediakan konsultan gizi. Biasanya alur kerja konsultan gizi juga saling terkait dengan dokter spesialis lainnya. Misalnya dengan dokter anak sebagai rekomendasi menu terbaik buat si kecil. Bisa juga berhubungan dengan dokter spesialis jantung untuk mengatur menu sehat bagi pasien dengan kelainan jantung atau obesitas. 

kelebihan dan kekurangan jurusan ilmu gizi

Lembaga pemerintah

Bagaimanapun juga, negara harus menjamin setiap warganya bisa mendapatkan asupan gizi yang sesuai standar. Karena, ini berhubungan dengan peran pemerintah dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Nah, kamu sebagai lulusan jurusan ilmu gizi bisa masuk ke berbagai sektor kementerian dan lembaga negara untuk membantu mewujudkan program masyarakat yang sehat.

Salah satunya adalah di BPOM. Sebagai badan negara yang mengatur dan menyaring produk makanan yang beredar di masyarakat, mereka membutuhkan seorang ahli gizi untuk menentukan apakah produk tersebut layak konsumsi atau tidak.

Industri makanan

Seperti yang sudah kita ketahui kalau kebutuhan masyarakat untuk hidup sehat terus meningkat. Terutama di perkotaan. Begitu banyak industri katering makanan sehat yang lahir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Ini bisa menjadi peluang buat kamu untuk ikut serta menyehatkan masyarakat loh! Karena, katering makanan sehat tersebut pasti ingin meningkatkan kredibilitas dengan menjaga produknya sesuai kecukupan gizi. Itu mengapa brand tersebut membutuhkan seorang ahli gizi untuk melakukan quality control dan memberikan nutrition fact untuk memastikan produk makanan ini tetap sehat dan terasa enak!

kelebihan dan kekurangan jurusan ilmu gizi

 

BACA JUGA: Fakta Kehidupan Mahasiswa Kedokteran di Luar Negeri, Seperti Apa, Ya?

 

Setelah memahami peluang karir serta kelebihan dan kekurangan jurusan ilmu gizi, apakah keputusan kamu sudah bulat? Apapun pilihan jurusan yang kamu pilih, selalu jalani dengan fokus dan sungguh-sungguh agar dapat meraih hasil yang maksimal. 

Jika kamu mau mencari kampus luar negeri yang menawarkan program jurusan ilmu gizi, langsung aja konsultasi bersama SUN Education. Selain informasinya lengkap, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya alias GRATIS!

Cek juga SUN E-Guide Book untuk mencari tahu lebih jauh tentang informasi program beasiswa di universitas luar negeri. Kamu bisa akses langsung dari gadget kamu, kapan pun dan di manapun! Tambah seru lagi karena ini semua dijamin GRATIS! 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa melakukan konsultasi GRATIS melalui Hotline di 0821 33 34 35 36 atau datang langsung ke kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan