Mau Jago Bahasa Inggris? Ini Dia Materi Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula!
Mau Jago Bahasa Inggris? Ini Dia Materi Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula!
23 Desember 2021
Kurang Satu Saja Syarat Masuk Jurusan Perhotelan Ini, Bisa Gagal Masuk Universitas Pilihan!
Kurang Satu Saja Syarat Masuk Jurusan Perhotelan Ini, Bisa Gagal Masuk Universitas Pilihan!
27 Desember 2021

Masih Bingung? Ini 6 Alasan Memilih Jurusan Arsitektur

alasan memilih jurusan arsitektur

Source: Unsplash

Arsitektur adalah praktik merancang dan membangun bangunan. Ada banyak alasan memilih jurusan arsitektur, mulai dari hasrat untuk berkreasi hingga traveling, semuanya akan dibahas lebih rinci di sini!

Ada banyak alasan untuk belajar arsitektur. Mungkin kamu masih ragu, takut jurusan ini nggak tepat buatmu. Nah, biar makin memantapkan pilihan coba baca terus untuk tau 6 alasan memilih jurusan arsitektur!  

 

1. Travel

alasan memilih jurusan arsitektur

Source: Unsplash

Pertama, traveling menjadi alasan memilih jurusan arsitektur. Mempelajari jurusan ini akan memaparkan kamu terhadap man-made wonders dari seluruh dunia. Selama tahun pertama, kamu kemungkinan akan mempelajari struktur bangunan atau arsitektur di beberapa kota terbesar di dunia seperti Paris, London, dan Barcelona.

Selain itu, demi mendapatkan inspirasi desain, kamu kemungkinan juga bakal punya kesempatan buat mengunjungi kota-kota ini dan melihat bangunan-bangunan megah secara langsung.

Banyak yang berpendapat bahwa orang tidak tau apa itu arsitektur sampai mereka keluar dari zona aman mereka dan mengunjungi bangunan di sisi lain dunia untuk melihat bagaimana orang lain hidup dan berinteraksi.

Traveling is a requirement for all architecture students. Ini alasan yang cocok banget buat kamu yang suka traveling, sambil mempelajari arsitektur di sebuah tempat, kamu bisa jalan-jalan juga! Talk about killing two birds with one stone!

2. Latihan Terus-Menerus

Gelar arsitektur akan mengajarkan kamu bagaimana merancang bangunan sedemikian rupa agar bisa sesuai dengan struktur yang sudah ada sebelumnya. Kamu juga akan belajar bagaimana mempertimbangkan dampak lingkungan dari apapun yang kamu desain.

Kamu akan mendapat kesempatan buat bekerja atau belajar secara langsung dari praktisi lapangan, yakni para arsitek berkualitas. Ini menjadi nilai tambah yang nyata dan bekal yang bagus banget buat karirmu!

They said practice makes perfect, jadi alasan memilih jurusan arsitektur kali ini adalah latihan yang akan kamu dapat! To be the best, you gotta do the best, right?

 

3. Keragaman Subjek Studi

alasan memilih jurusan arsitektur

Source: Unsplash

Alasan memilih jurusan arsitektur selanjutnya adalah diversity of study atau keragaman subjek studimu nantinya. Arsitektur memadukan seni dan sains dengan sempurna, mengkombinasikan keahlian praktis dan teori sejarah.

Kamu akan belajar tentang hubungan antara geopolitik dan desain bangunan bersejarah, mengapa konteks dapat mengubah cara bangunan dibuat, cara menghitung sudut, hingga menganalisis sketsa desain bangunan.

Dengan banyaknya subjek studi yang akan kamu serap, pasti ilmu dan keahlian yang kamu dapat juga beragam dong. Ini memberikan keunggulan yang luar biasa di bidang karirmu nanti!

4. Buat Perbedaan Nyata

Arsitek memiliki efek penting pada komunitas dan masyarakat yang tinggal di dalamnya. Arsitek merancang pusat rekreasi, sekolah dan perumahan. Struktur-struktur itu dibutuhkan orang untuk hidup, belajar, dan pastinya untuk bersenang-senang.

Jika memilih untuk mempelajari bidang subjek ini, kamu bisa bekerja menuju sesuatu yang benar-benar bermakna. You could really make a difference with your designs. Mulai dari mendesain bangunan yang hemat listrik, hingga mungkin mendesain taman kota, you name it!

5. Passion for Creating

Saat kuliah arsitektur, kamu akan terus-menerus membuat dan memproduksi sesuatu. Entah itu sketsa, gambar, model, rendering, gambar 3D, lukisan, portofolio, resume, the list goes on!

Belajar arsitektur memungkinkanmu melatih hasrat dan keinginan untuk berkreasi. Mahasiswa arsitektur seringkali begitu fokus dalam proses pembuatan, mereka sampai lupa waktu dan seluruh dunia.

 

6. Untuk Bersenang-Senang!

Source: Unsplash

Alasan memilih jurusan arsitektur yang terakhir adalah alasan yang mungkin dianggap receh, tapi sebenarnya penting. Architecture school is fun! Keliling dunia, bertemu arsitek-arsitek keren, begadang semalaman, bekerja sangat keras bersama teman-teman, dan selalu berkembang menjadi lebih baik.

Pada akhirnya, buat apa mempelajari atau menekuni sesuatu yang kamu nggak bisa nikmati? To have fun is the ultimate reason. Kuliah memang penuh tanggung jawab dan tekanan, tapi dijamin kuliah arsitektur akan menyenangkan dan membuatmu ingin terus-menerus mendalaminya.

Setelah baca 6 alasan memilih jurusan arsitektur di atas, kamu pasti pengen cepat-cepat belajar arsitektur kan! Ultimately, choose it because you like it and you want to. Seperti alasan terakhir, untuk benar-benar menikmati apa yang kamu pelajari, kamu harus menyukainya terlebih dahulu.

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan