syarat s2 psikologi
Mau Tahu Syarat S2 Psikologi? Simak Di Sini!
29 September 2021
general english
Kursus General English, Kenapa Penting, Sih?
1 Oktober 2021

Mau Kuliah di Luar Negeri, Kenapa Harus Ambil SAT Test Jakarta?

sat test jakarta

Source: Unsplash

SAT adalah ujian masuk yang digunakan oleh sebagian besar perguruan tinggi dan universitas sebagai syarat penerimaan calon mahasiswa. SAT sepenuhnya dimiliki, dikembangkan, dan diterbitkan oleh College Board, organisasi swasta nirlaba yang berbasis di Amerika Serikat. Tujuan dari SAT test adalah untuk mengukur kesiapan siswa sekolah menengah untuk masuk ke jenjang perkuliahan. Petugas penerimaan aplikasi di perguruan tinggi akan meninjau nilai SAT selain nilai kumulatif saat SMA, surat rekomendasi dari guru atau mentor, kegiatan ekstrakurikuler, wawancara penerimaan, serta esai pribadi. Meski begitu, seberapa penting bobot nilai SAT test dalam proses aplikasi perguruan tinggi berbeda-beda dari satu sekolah dengan yang lainnya. Secara umum, semakin tinggi skor SAT-mu, semakin banyak pilihan kuliah yang akan tersedia bagimu. Hal ini tentunya juga berlaku bagi para calon mahasiswa yang hendak menempuh studi di luar negeri, tidak terkecuali bagi kalian yang merupakan warga Jakarta. Sudah banyak sekali tempat kursus SAT test yang tersebar di ibu kota, memudahkan aksesmu untuk mengikuti tes ini dan menuntaskan niatmu meraih ilmu di negara asing. Untuk itu, kamu butuh tahu faktor-faktor pertimbangan untuk mengambil SAT test Jakarta. SAT test sendiri berdurasi tiga jam. Sementara itu, jika kamu memilih untuk mengambil SAT dengan esai, tesnya akan berlangsung selama 3 jam 50 menit.

Setiap bagian dari SAT test dinilai pada skala 200 hingga 800 poin. Total skormu adalah jumlah keseluruhan dari semua bagian tes tersebut. Skor tertinggi adalah 1.600. Materi SAT test terdiri atas uji penalaran dan verbal, logika matematika, dan analisis berupa esai argumentasi. Jenis tesnya pun terbagi menjadi test yang berbicara tentang pengetahuan umum (SAT Reasoning test) serta tes yang berbicara soal mata pelajaran tertentu seperti matematika, sejarah, atau bahasa (SAT Subject test).

Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan jika ingin mengambil SAT Test Jakarta!

Batas waktu pengumpulan

sat test jakarta

Source: Unsplash

Hal pertama yang menjadi pertimbanganmu ketika ingin mengambil SAT test Jakarta adalah batas waktu pengumpulan aplikasi di perguruan tinggi yang kamu tuju. Sebelum kamu melakukan persiapan untuk mengikuti SAT test, pastikan kamu sudah membaca persyaratan masuk perguruan tinggi untuk mengetahui kapan batas waktu terakhir pengumpulan aplikasi.

Hal ini krusial untuk menentukan kapan waktu yang tepat kamu bisa mengambil SAT test Jakarta. Sebaiknya, kamu jangan mengambil SAT test kurang dari enam minggu sebelum deadline aplikasi pendaftaran kuliah. Plan ahead!

Berapa kali akan ambil SAT test

sat test jakarta

Source: Unsplash

Hal lainnya yang harus dipertimbangkan untuk menentukan kapan waktu yang tepat mengambil SAT test Jakarta adalah apakah kamu akan kembali mengambil SAT test lagi jika tidak mendapatkan skor yang kamu butuhkan untuk mendaftar di perguruan tinggi tujuanmu.

Kesempatan beasiswa

Sangat umum bagi perguruan tinggi untuk memberikan keringanan pembayaran berbasis prestasi bagi applicant terbaik. Nilai SAT test seringkali menjadi salah satu faktor utama dalam menentukan siswa mana yang mendapatkan beasiswa dan mana yang tidak. Karena beasiswa seringkali bernilai hingga puluhan ribu dolar, jika kamu mengincar untuk mendapatkannya, sebaiknya kamu meluangkan waktu untuk mengikuti SAT agar memenuhi syarat.

Waktu belajar

Source; Unsplash

Masih terkait manajemen waktu, sebelum mendaftar SAT test, kamu harus terlebih dahulu memutuskan berapa banyak waktu yang kamu butuhkan untuk belajar persiapan tes tersebut. Persiapan SAT test bisa dilakukan dalam waktu 3-6 bulan sebelum pengambilannya. 

Setelah mengatur waktu dengan baik, kamu bisa menyesuaikan jumlah jam belajar yang kamu butuhkan. Jangan lupa bahwa persiapan SAT test Jakarta juga bisa dilakukan di SUN English! Tim akademik dan tutor di SUN English akan memberikan fasilitas yang memadai, pengenalan materi ujian, saran dan rekomendasi, serta pengalaman langsung yang kamu butuhkan untuk menghadapi ujian yang sebenarnya. Ayo, daftarkan diri di SUN English secepatnya! 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan