biaya hidup di belanda
Penting Buat Mahasiswa! Ini Kiat Hemat Biaya Hidup di Belanda!
28 September 2021
sat test jakarta
Mau Kuliah di Luar Negeri, Kenapa Harus Ambil SAT Test Jakarta?
30 September 2021

Mau Tahu Syarat S2 Psikologi? Simak Di Sini!

syarat s2 psikologi

Source: Unsplash

Psikologi adalah salah satu bidang studi yang populer dan paling menarik minat. Nggak kaget kalau banyak mahasiswa memilih mendalami ilmu yang mempelajari perilaku dan kepribadian manusia ini! Psikologi juga merupakan bidang yang esensial bagi kehidupan dan membuka kesempatan karier yang lebar. Kalau sedang mencari kesempatan untuk studi S2 psikologi, jangan lupa bahwa kamu juga bisa mempertimbangkan universitas di luar negeri, lho!

Psikologi sendiri merupakan studi tentang perilaku manusia dan proses mental seperti kognisi, emosi, kecerdasan, dan kepribadian. Seorang profesional dalam bidang psikologi dapat memimpin studi penelitian tentang fungsi otak, mendiagnosis dan mengobati masalah kesehatan mental, mendukung siswa yang menangani gangguan belajar, atau menggunakan prinsip-prinsip psikologis untuk meningkatkan efisiensi tempat kerja. Individu dengan latar belakang psikologi juga dapat bekerja di bidang pendidikan, bisnis, perawatan kesehatan, atau hukum.

Dalam memilih program magister psikologi, kamu harus memeriksa beberapa faktor, termasuk biaya program, peluang untuk belajar dan berjejaring dengan profesional lain di bidangnya, serta tentunya akreditasi program.

Faktor lain yang dapat memengaruhi keputusanmu termasuk seberapa cepat kamu ingin mendapatkan gelar, biaya hidup di area tertentu, serta apakah suatu program menawarkan konsentrasi spesifik yang ingin kamu pelajari. Program gelar master psikologi sering mengharuskan siswa untuk melakukan penelitian asli atau menawarkan kesempatan untuk bekerja pada proyek fakultas.

Kenapa harus S2 psikologi?

Dengan mendaftar program magister psikologi, peserta didik memperoleh pengetahuan khusus di bidang psikologi tertentu. Untuk alasan ini, banyak calon psikolog memilih untuk melanjutkan studi S2. Memperoleh gelar master dalam bidang psikologi tidak hanya mempersiapkanmu untuk karier yang lebih maju, tetapi juga dapat menghasilkan gaji yang lebih tinggi. Program magister juga menjadi langkah yang perlu diambil jika kamu ingin studi doktoral, yang tentu dapat mengarah pada karier profesional dan independen sebagai ahli kesehatan mental.

Magister dalam program psikologi memberikanmu seperangkat keterampilan yang luas dan berharga. Psikolog umumnya bekerja dengan membuka praktik independen, sekolah, fasilitas pemerintahan, hingga rumah sakit.

Kenapa harus jauh-jauh kuliah S2 psikologi di luar negeri? Menjadi mahasiswa internasional membekalimu dengan banyak pengalaman dan membuatmu lebih mandiri dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, belajar di luar negeri juga memberikanmu experience untuk mengenal lebih banyak budaya yang tentu bisa memperkaya penelitian studi psikologimu!

Gelar dalam bidang psikologi akan memberikanmu wawasan tentang perilaku manusia yang mungkin memberimu perspektif baru tentang mengapa orang bereaksi dengan cara tertentu dan membantumu memahami orang sedikit lebih baik. Selain itu, psikologi juga dapat membantumu lebih memahami diri sendiri, lho! Wawasan yang kamu peroleh tentang motivasi, proses berpikir, pengaruh kelompok yang berinteraksi denganmu, dan banyak aspek lain dari perilaku manusia, semuanya akan membantu memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang dirimu sendiri. So the benefit goes both ways!

Sudah tertarik mau lanjut S2 psikologi tapi bingung apa saya syaratnya? SUN Education has just the right thing for you! 

Simak artikel di bawah ini untuk tahu lebih banyak terkait syarat S2 psikologi!

Secara umum, kamu harus mendaftar ke sekolah yang menawarkan kursus atau spesialiasi yang sesuai dengan tujuan kariermu di bidang psikologi. Ada tiga syarat S2 psikologi yang umumnya diterapkan di universitas internasional:

1. Gelar sarjana

syarat s2 psikologi

Source: Unsplash

Universitas yang menawarkan program magister psikologi mengharuskan kamu memiliki gelar sarjana terlebih dahulu, sebagian besar secara khusus mengharuskanmu memiliki gelar S1 di bidang psikologi

2. Pengalaman profesional

syarat s2 psikologi

Source: Unsplash

Magister program psikologi biasanya tidak mengharuskan kamu memiliki pengalaman profesional sebagai salah satu syarat S2 psikologi. Namun, meluangkan waktu untuk bekerja di lapangan akan memperkuat lamaran dan resume kamu!

BACA JUGA: Apa Saja Syarat Masuk Jurusan Psikologi? Cari Tahu Di Sini!

3. IPK minimum

Source: Unsplash

Sebagian besar universitas mewajibkanmu memiliki setidaknya IPK kumulatif sebesar 3.0. Beberapa sekolah mungkin memberikan pengecualian untuk siswa dengan nilai GRE yang kuat, personal statement yang menarik, atau jika memiliki pengalaman profesional.

Itu dia tiga syarat S2 psikologi yang umumnya digunakan di berbagai universitas internasional! Perlu diingat bahwa syarat S2 psikologi kemungkinan besar akan berbeda, tergantung dari universitas mana yang akan kamu tuju!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan