Auckland University of Technology
5 Jurusan Top di Auckland University of Technology, Mana Incaranmu?
3 Juni 2022
apakah jurusan psikologi sulit
Apakah Jurusan Psikologi Sulit? Daripada Kepo, Baca Ini!
7 Juni 2022

10 Makanan Khas Perancis yang Terbukti Recommended!

10 Makanan Khas Perancis yang Terbukti Recommended!

Perancis bisa dibilang sebagai salah satu negara yang punya pengaruh besar dalam dunia kuliner. Hal ini dikarenakan faktor sejarah dimana banyak negara yang dijajah oleh Perancis, namun di sisi lain negara ini juga menyebarkan masakannya pada warga lokal. Selain itu, Perancis juga rumah bagi sekolah masak terbesar di dunia yakni Le Cordon Bleu. Dengan adanya sekolah ini, tentunya masakan khas Perancis pun terus terjaga dan tersebar hingga ke seluruh dunia. Jika kamu punya kesempatan berkunjung ke Perancis atau bahkan berkuliah di sana, mencicipi makanan khasnya wajib masuk to do list kamu. Kira-kira makanan khas Perancis mana yang recommended? Ini dia jawabannya!

BACA JUGA: 5 Makanan Tradisional Khas Cina yang Nggak Ada Duanya!

Foie Gras

10 Makanan Khas Perancis yang Terbukti Recommended!

Yang pertama adalah Foie gras. Makanan khas Perancis ini berbahan utama hati bebek atau jenis angsa lainnya. Bisa dibilang makanan ini termasuk masakan tertua di Eropa, bahkan menjadi makanan favorit keluarga kerajaan Perancis dulu. Foie gras ini dimasak dengan cara digoreng, dipanggang atau dibakar dengan bumbu-bumbu dan saus khas Perancis yang bercita rasa gurih. Makanan ini juga sering dijadikan sebagai main course di restoran-restoran Perancis. Wajib coba, nih!

Ratatouille

Masakan selanjutnya berasal dari daerah Nice. Mendengar namanya saja kamu pasti sudah familiar, yap ratatouille! Masakan ini menginspirasi Disney untuk membuat film dengan nama yang sama. Ratatouille sendiri merupakan masakan yang terbuat dari bermacam-macam sayuran seperti zucchini, tomat, cabai merah, bawang putih, lemon dan cabai hijau. Semuanya diiris tipis lalu disiram dengan saus yang dibuat dengan bay leave, thyme dan herbs lainnya. Setelah itu, ratatouille dipanggang di dalam oven atau langsung di atas kompor kemudian disajikan. Ada yang memakan masakan ini dengan nasi, roti maupun kentang.

Coq Au Vin

10 Makanan Khas Perancis yang Terbukti Recommended!

Sepertinya nggak lengkap kalau kamu nggak mencoba masakan ayam khas Perancis. Makanya “Coq au Vin” ini wajib masuk ke dalam list kamu! Jika diartikan, “Coq au Vin” berarti “ayam jantan di wine”, dan betul saja masakan ini merupakan ayam yang dimasak di dalam wine dengan bumbu-bumbu hingga meresap. Nggak hanya ayam, bahan lain yang turut dimasak adalah lardon, garlic, bawang bombay, dan irisan jamur. Masakan ini menjadi salah satu masakan yang populer untuk santapan malam.

Beef Bourguignon

Salah satu makanan khas Perancis yang nggak boleh dilewatkan adalah Beef Burguignon. Masakan ini merupakan masakan berbahan daging sapi yang dimasak dengan bumbu-bumbu khusus yang nikmat bersama wortel, kentang, jamur, dan lain-lain. Seperti Coq Au Vin, Beef Burguignon ini dimasak dengan anggur merah. Dimasak di atas api kecil dalam waktu yang lama, Beef Burguignon memiliki tekstur super lembut dengan rasa yang sangat enak.

French Pastry

10 Makanan Khas Perancis yang Terbukti Recommended!

Pastry lahir dari negara ini, jadi nggak mungkin datang ke Perancis nggak mencoba aneka French Pastry. Biasanya pastry menjadi menu sarapan di pagi hari. Salah satu contohnya adalah croissant. Di Perancis croissant biasanya dimakan dengan hot chocolate dengan cara dipotek dan dicelup ke dalamnya. Selain itu, kamu harus mencoba jenis pastry lain seperti pai au chocolate, palmier, eclair, madeline dan banyak lagi. Di Perancis sendiri tersebar pastry shop hampir di setiap daerah dan semuanya pasti ENAK!

 

BACA JUGA: 8 Makanan Khas Australia yang Nyesel Kalau Nggak Dicoba

Confit de Canard

Selain Foie Gras, ternyata ada masakan khas Perancis yang menggunakan bebek sebagai bahan utamanya. Bernama Confit de canard, masakan ini menggunakan daging bebek yang dimasak dengan api kecil selama hampir 36 jam! Sebelum menipannya selama hampir dua hari, bebek marinasi bebek dengan herbs, bumbu-bumbu dan garam. Setelah itu bebeknya kamu panggangnya dengan api kecil setidaknya sampai 10 jam. Masakan tradisional Perancis ini bisa langsung kamu nikmatijuga bisa disimpan dengan cara disuwir dan terendam di dalam lemaknya kemudian disimpan di dalam jar. Dengan cara ini, Confit de canard bisa tahan sampai 6 bulan di dalam kulkas!

Crepes

Makanan khas Perancis berikutnya adalah Crepe. Crepe dari Perancis tentunya beda dengan crepe yang kita makan di Indonesia. Biasanya crepe yang berasal dari Brittany ini justru tidak krispi tetapi tetap tipis. Ada dua cara menyajikan crepes dengan topping manis seperti gula tabur bersama potongan buah stroberi atau blueberry atau yang gurih dengan salmon, jamur atau dengan daging olahan lainnya. Crepe juga bisa menjadi cake yakni disusun bersama olesan cream hingga menjadi mille crepes.

Bouillabaisse

Nggak cuma masakan daging dan ayam saja, makanan khas Perancis ada yang berbahan seafood juga, lho. Namanya Bouillabaisse, menggunakan seafood seperti udang, cumi, dan kerang, bahan-bahannya dimasak dengan bumbu yang nikmat dan sedikit berkuah. Makanan khas Perancis ini sendiri berasal dari para nelayan di daerah Goudes.

Soupe A L’oignon

Siapa yang suka dengan keju? Kamu harus coba masakan yang bernama Soupe A L’oignon ini! Masakan ini sebenarnya sudah ada sejak zaman romawi sehingga menjadi salah satu masakan khas Perancis. Soupe A L’oignon terbuat dari daging ayam yang diolah bersama bawang putih dan parutan keju. Kuahnya sedikit kental dan sangat gurih karena menggunakan krim kental juga. Rasanya super nikmat, cocok banget buat kamu yang suka makan keju yang gurih!

Cassoulet

Di tengah musim dingin di Perancis, kamu harus mencoba cassoulet. Makanan ini sekilas mirip sup, tetapi kuahnya lebih kental. Isinya adalah sosis dan kacang putih yang dimasak menjadi satu. Makanan ini cukup mengenyangkan karena memiliki lemak yang tinggi. Biasanya cassoulet ini hadir saat musim dingin di Perancis dalam keadaan panas. Selain di Perancis, makanan ini juga sudah tersohor di negara-negara Eropa lainnya, lho.

Masih banyak lagi makanan khas Perancis yang bisa kamu coba. Apalagi kalau kamu kuliah di sana, pastinya bisa deh mencoba cita rasa khas Perancis ini. Buat kamu yang mau kuliah di Perancis, jangan lupa untuk konsultasi GRATIS dengan SUN Education supaya persiapan kuliahmu menjadi lebih matang lagi. 

Selain konsultasi, kamu juga bisa sambil membaca informasi-informasi penting mengenai kuliah di luar negeri lewat SUN E-guide book. Di dalamnya kamu bisa akses informasi seputar negara-negara tujuan favorit, tips mendapatkan beasiswa, dan banyak lagi. Hebatnya, SUN E-guide book sudah bisa kamu akses dengan berbagai gadget, lho!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa melakukan konsultasi GRATIS melalui Hotline di 0821 33 34 35 36 atau datang langsung ke kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan