alasan memilih jurusan ilmu komunikasi
Jangan Bingung! Ini 5 Alasan Kamu Harus Memilih Jurusan Ilmu Komunikasi
5 April 2022
Promo Kejar Ramadhan
5 April 2022

10 Syarat Masuk Jurusan Tata Boga yang Harus Kamu Persiapkan

Syarat Masuk Jurusan Tata Boga yang Harus Kamu Persiapkan

Jurusan tata boga merupakan satu jurusan yang banyak peminatnya. Hal ini karena baik kamu lulusan IPA atau IPS, bahkan SMK sekalipun bisa melanjutkan ke jurusan ini. Apapun latar belakang jurusan di SMA, asalkan kamu punya passion memasak, maka jurusan tata boga ini adalah jawaban yang tepat buat kamu. Apalagi sekarang jurusan ini makin diminati karena memiliki peluang karir yang tinggi dengan iming-iming gaji tinggi, bahkan kamu punya kesempatan untuk melanjutkannya hingga ke luar negeri! Hebat banget, kan? Jika kamu sudah yakin dengan jurusan ini, intip dulu syarat masuk jurusan tata boga selengkapnya berikut ini!

 

Bisa dan suka memasak

Syarat Masuk Jurusan Tata Boga yang Harus Kamu Persiapkan

Tata boga sendiri merupakan jurusan yang mempelajari seni dalam mengolah makanan. Nggak hanya memasak, dari tahapan persiapan, pengolahan sampai menghidangkan makanan sampai ke meja pun dipelajari dengan sangat teliti. Makanya, syarat masuk jurusan tata boga yang paling penting adalah kamu harus bisa dan suka memasak. Berangkat dari rasa suka memasak ini kamu akan lebih mudah menyerap semua ilmu tata boga. Kamu juga nggak akan mudah menyerah apalagi saat melakukan hal yang kamu sukai.

 

Siap belajar ilmu gizi

Nggak hanya mempelajari tentang masak memasak saja, saat kamu memilih jurusan tata boga bersiaplah untuk mempelajari ilmu gizi. Ilmu gizi ini akan mengajarkan kamu untuk memperhatikan kandungan gizi dan nutrisi yang ada di dalam makanan yang kamu masak. Apakah gizi dalam masakanmu sudah seimbang atau belum, lalu bagaimana caranya mengolah makanan tanpa membuang gizinya ini harus kamu pelajari kelak. Jadi, selain menyajikan masakan yang enak, kamu juga harus memperhatikan gizinya lewat mata kuliah ilmu gizi yang akan kamu pelajari kelak!

 

Memiliki sifat pantang menyerah

Syarat Masuk Jurusan Tata Boga yang Harus Kamu Persiapkan

Siapa bilang memasak dan baking adalah hal yang mudah? Kamu nggak hanya sembarangan menambahkan bumbu atau membuat adonan saja. Ada banyak hal yang perlu kamu pelajari agar masakan atau kue yang kamu buat berhasil dan rasanya enak. Jadi jangan heran akan banyak tantangan yang akan kamu hadapi nanti. Makanya, jangan sampai mudah menyerah dalam mempelajari tata boga, ya!

 

Nggak takut mencoba hal baru

Nggak hanya suka memasak, kamu juga harus mau mencoba hal-hal baru. Misalnya mencoba makanan baru, bumbu-bumbu masakan, teknik memasak yang baru dan banyak lagi. Mencoba hal-hal baru ini penting buat kamu untuk memperluas pengetahuan rasa dan teknik dalam memasak maupun baking. So, don’t be afraid to try something new, ya!

 

Inovatif dan kreatif

Syarat Masuk Jurusan Tata Boga yang Harus Kamu Persiapkan

Syarat masuk jurusan tata boga selanjutnya adalah, kamu harus memiliki sifat kreatif dan inovatif. Inovatif maksudnya adalah kamu bisa menghadirkan banyak inovasi pada resep-resep dasar yang sudah ada menjadi satu sajian dengan rasa dan tampilan baru. Sedangkan sifat kreatif dibutuhkan agar kamu terus menciptakan resep-resep baru entah dengan memanfaatkan bahan-bahan yang sudah familiar atau bahkan bahan-bahan yang baru kamu temui. Dengan dua sifat ini, lulusan jurusan tata boga bisa terus menghadirkan sentuhan baru pada dunia kuliner.

 

Bisa bekerja dalam tim

Baik masih menjadi mahasiswa atau nanti bekerja, kamu akan lebih banyak bekerja dengan tim di dapur. Seorang Chef nggak akan bisa bekerja dengan baik tanpa bantuan dari asisten chef atau helper yang menyiapkan bahan-bahan makanan. Bayangkan kalau kamu nggak bisa bekerja dalam tim, bisa-bisa satu masakan yang dihasilkan nggak akan sempurna.

 

Punya Mental Baja

Bukan cuma jurusan eksak yang mahasiswanya perlu mental baja, jurusan tata boga juga perlu! Baik dalam memasak atau baking, semuanya butuh teknik yang perlu diperhatikan dengan seksama. Salah sedikit masakan atau kue bisa gagal, kamu nggak mungkin langsung menyerah, kan? Apalagi biasanya dapur dihuni dengan orang-orang yang tegas dan teliti, sedikit kesalahan saja bisa membuat alur pekerjaan menjadi kacau! Jadi, saat kamu membuat kesalahan dan ditegur, jangan langsung patah semangat. Kamu harus belajar dari kesalahan, berjanji untuk tak mengulanginya dan bangkit lagi!

 

Bersifat teliti

Setiap resep yang memerlukan takaran yang tepat. Belum lagi dalam teknik memasak, ada banyak hal yang perlu kamu perhatikan agar masakan atau kue kamu hasilnya sesuai yang kamu inginkan Nggak hanya takaran, kamu juga perlu teliti dalam hal-hal higienitas dan kualitas bahan, tempat penyajian makanan, detail ornamen, tekstur dan banyak lagi. Maka dari itu, memiliki sifat yang teliti menjadi salah satu syarat masuk jurusan tata boga yang nggak boleh ketinggalan. 

 

Mau belajar ilmu tentang higienitas dan sanitasi

Dalam jurusan tata boga, kamu nggak hanya belajar memasak dan ilmu gizi saja, ilmu tentang higienitas dan sanitasi juga penting untuk kamu pelajari. Dalam proses pengolahan bahan, kamu harus memperhatikan higienitas dan sanitasinya. Bagaimana cara menyimpannya agar kualitasnya terjaga, cara mengolah agar bahan tidak terkena bakteri dan lainnya. Nggak main-main, jika kamu gagal menguasai ilmu higienitas dan sanitasi, bisa-bisa bahan makanan tidak layak lagi karena sudah rusak.

 

Bisa bahasa Inggris

Kamu nggak akan hanya mempelajari resep masakan Indonesia saja, tapi juga masakan-masakan dari negara-negara lain. Apalagi resep masakan dari Prancis, Italia, Jepang, Cina dan Italia. Nggak perlu khawatir, biasanya resep-resep ini sudah diterjemahkan menjadi bahasa Inggris. Jadi, kamu setidaknya harus mempelajari bahasa Inggris untuk memahami cara memasak resep masakan, cake atau pastry yang berasal dari negara-negara lain.

Itu dia deretan syarat masuk jurusan tata boga yang harus kamu persiapkan dari sekarang. Jangan sampai ada satu pun yang terlewat agar proses perkuliahan kamu nggak menemukan kendala! Kuliah jurusan tata boga sendiri nggak hanya bisa di Indonesia saja. Jika kamu berminat mendalami ilmu tata boga, kamu bisa berkuliah di luar negeri. Contohnya kuliah di Le Cordon Bleu yang merupakan sekolah masak yang terkenal di dunia. Le Cordon Bleu sendiri nggak hanya memiliki kampus di Prancis saja, tetapi juga di negara-negara seperti Malaysia dan Australia.

Jika kamu berminat kuliah jurusan tata boga di luar negeri, jangan lupa diskusikan rencanamu dengan SUN Education! Konsultasi gratis bersama SUN Education ini bisa membantumu menyiapkan persyaratan akademis, bahasa Inggris, dokumen seperti visa pelajar bahkan mencari akomodasi di negara tujuan. Yuk, konsultasi sekarang!

 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan