ledyan
Ledyan: Menjadi Nutrisionis Karena Pernah Alami Gangguan Makan
23 Mei 2019
Bekerja Selama Enam Bulan di Manitoba Sudah Bisa Menjadikanmu Penduduk Tetap Kota!
27 Mei 2019

10 Tips untuk Meningkatkan Skill Percakapan Bahasa Inggris Kamu

This post is also available in: idIndonesia

Berlatih berbicara merupakan salah satu bagian paling menyenangkan dan bermanfaat dalam belajar Bahasa Inggris. Setelah kamu bisa berbicara sedikit Bahasa Inggris, akan ada banyak cara untuk meningkatkan skill dengan cepat. Berikut sepuluh tips terbaik untuk meningkatkan lisan Bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan!

Sumber: Freepik

1. Bicara, bicara, dan bicara!

Percaya dirilah dan berbicara sesering mungkin kepada sebanyak mungkin orang! Jangan malu untuk melakukan kesalahan. Semakin banyak kamu berlatih maka akan semakin bagus, dan semakin kamu percaya diri, kamu akan meningkatkan skill pengucapan dan kosa katamu. Ingat, berbicara merupakan keahlian seperti saat mempelajari instrumen musik ataupun olahraga– satu-satunya cara agar menjadi bagus adalah dengan benar-benar melakukannya!

2. Gunakan teknologi

Sumber: Freepik

Ponsel cerdas bisa menjadi alat yang ampuh untuk belajar bahasa. Gunakan ponsel untuk merekam dirimu saat berbicara lalu dengarkan kembali untuk melihat seperti apa Bahasa Inggrismu saat didengar oleh orang lain. Manfaatkan seluruh aplikasi produktivitas favorit kamu untuk mengatur waktu latihan dan catat seluruh kata-kata baru yang kamu pelajari.

3. Dengarkan

Dengarkan berita ataupun lagu-lagu dalam Bahasa Ingris untuk mendengarkan pengucapan kata-katanya. Kamu juga bisa mempelajari kata-kata dan ekspresi baru dengan cara ini. Semakin sering kamu mendengarkan, semakin banyak kamu akan belajar! Cobalah ikuti apa yang telah kamu dengarkan untuk melatih pengucapanmu dan mempelajari kata mana saja yang ditekankan.

4. Membaca dengan lantang

Sumber: Freepik

Bacalah koran ataupun majalah. Kamu bahkan dapat menemukan skrip acara TV favoritmu dan membacakannya! Ini adalah cara yang bagus untuk melatih pengucapan karena kamu hanya perlu berkonsentrasi untuk memastikan bahwa Bahasa Inggrismu terdengar bagus dan tidak perlu mengkhawatirkan struktur kalimat ataupun tata bahasanya.

5. Belajar kata baru setiap harinya

Pilih sebuah kata yang ingin kamu pelajari dan gunakan kata tersebut dalam tiap kalimat berbeda. Gunakan kata tersebut sampai kamu sudah memahaminya dan tetap gunakan secara teratur.

6. Tonton berbagai film

Sumber: Freepik

Tontonlah berbagai film berbahasa Inggris dan perhatikan kosa kata baru serta pengucapannya. Ikuti cara berbicara pemainnya.

7. Berteman

Bertemanlah dengan orang yang berbicara dengan bahasa Inggris ataupun orang lain yang belajar berbicara bahasa Inggris dan bandingkan. Bicarakan hal-hal yang telah kamu pelajari dan cobalah untuk saling bertukar pikiran.

8. Lakukan aktifitas menarik berbahasa Inggris

Sumber: Freepik

Ikuti kelas memasak dalam bahasa Inggris atau bergabunglah dalam kelompok buku! Apapun yang kamu sukai, pastikan kamu melakukannya dan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris. Menggunakan Bahasa Inggris untuk berbicara mengenai hal-hal yang kamu senangi akan membuat latihan menjadi pengalaman yang positif.

9. Berdebat

Berdebatlah mengenai seluruh topik yang kamu minati dalam Bahasa Inggris bersama dengan teman-temanmu. Coba untuk gunakan sebanyak mungkin kosa kata untuk menyampaikan maksudmu dan dengarkan argumen lain dengan cermat agar kamu dapat mendebatnya secara efektif.

10. Gunakan kamus

Sumber: Freepik

Kamus online sering memiliki contoh audio sehingga kamu dapat memeriksa pengucapanmu. Ada banyak aplikasi kamus bagus yang dapat kamu bawa kemana saja dengan menggunakan smartphone mu. Namun, pastikan kamu tidak terlalu bergantung pada alat-alat ini ya! Ucapkan kata-katanya terlebih dahulu kemudian periksa setelahnya untuk melihat apakah kamu sudah benar.

Banyak kan pilihan caranya?

Sumber: Freepik

Dengan ini, kamu tidak hanya berfokus dalam melakukan satu hal saja. Kamu bisa mencoba sepuluh tips ini di waktu yang berbeda. Selain karena bervariasi dan tidak membosankan, tips-tips diatas sebenarnya sangat efektif untuk meningkatkan skill berbahasa Inggrismu. Segeralah coba dan lakukan dengan rutin agar kemampuanmu semakin meningkat ya!

Author: SUN English

Comments are closed.