Deretan Menteri Lulusan Amerika Di Indonesia yang Inspiratif!
23 November 2022
Kupas Tuntas Tentang Sejarah Jerman
25 November 2022

Wajib Tahu Macam Macam Kepribadian Berdasarkan Indikator MBTI, Kamu Yang Mana?

MBTI

Myers-Briggs Type Indicator atau MBTI adalah alat psikotes untuk mengetahui gambaran kepribadian seseorang dari kelebihan, kekurangan, hingga cara memandang dunia dan membuat keputusan.

Manusia pada dasarnya memiliki macam macam kepribadian, makanya tes psikologi untuk mengetahui karakter seseorang semakin populer saat ini. Meskipun mungkin kelihatannya sepele, sebenernya tes 16 tipe kepribadian berdasarkan MBTI (Myers Briggs Type Indicator) ini punya nilai yang praktis lho.

Salah satu value dari tes kepribadian MBTI ini adalah bisa membantu kamu mempelajari dirimu sendiri dan cara kamu beraktivitas di dunia, menyoroti kualitas diri yang bisa jadi kekuatanmu, dan mencatat hal-hal yang perlu kamu tingkatkan.

Indikator Tes MBTI (Myers–Briggs Type Indicator)

contoh pekerjaan dari tipe kepribadian

Indikator tes macam macam kepribadian ada banyak namun yang paling sering dipakai adalah Myers-Briggs Type Indicator atau disingkat MBTI. Nah, indikator ini bisa lho memandu kamu saat menentukan jurusan kuliah terbaik untuk masuk perguruan tinggi juga dapat di gunakan untuk menentukan jalur karir!

Indikator Tipe kepribadian Myers-Briggs (MBTI) adalah alat psikotes penilaian kepribadian yang dibuat pada tahun 1962, tetapi penelitian tersebut berawal dari pekerjaan yang dilakukan oleh Katharine Cook Briggs dan Isabel Briggs Myers pada awal abad ke-20.

MBTI sendiri merupakan hasil pengembangan dari teori tipe kepribadian Carl Gustav Jung dari bukunya yang berjudul “Psychological Type” yang sudah terbit dari tahun 1921.

Lebih lanjut, 16 tipe kepribadian menurut Indikator Tipe Myers-Briggs adalah penilaian kepribadian yang dibuat pada 1962. Kalo mengikuti tes ini, yang tersedia gratis secara online, kamu bisa mengetahui banyak hal mulai dari ciri-ciri introvert, kepribadian MBTI paling langka, sampe contoh pekerjaan dari tipe kepribadian yang kamu dapatkan.

Tes ini sendiri memakai dikotomi atau indikator dalam menentukan ciri kepribadian MBTI untuk menemukan mana yang paling sesuai dengan orang tersebut. Ada empat indikator utama Myers–Briggs :

  • Introvert (I) vs Extrovert (E)
  • Sensing (S) vs Intuition (N)
  • Thinking (T) vs Feeling (F)
  • Judging (J) vs Perceiving (P)

Menurut tes macam macam kepribadian ini, setiap orang punya preferensi bawaan sehingga ada 16 tipe karakter yang unik. Setiap jenis kepribadian MBTI punya akronim sendiri. Misalnya, seseorang yang lebih ekstrovert (E), Intuition (N), Thinking (T), dan Judging (J) akan menjadi ENTJ.

BACA JUGA: Tes Kepribadian Online untuk Memilih Jurusan Kuliah, Udah Coba?

Jurusan Kuliah Dan Pekerjaan Yang Cocok Berdasarkan MBTI

ciri ciri introvert

 

Mau tau cara mengetahui jurusan yang tepat dan karir apa yang terbaik buatmu berdasarkan tipe MBTI-mu? Look no further! Di bawah ini kamu bisa liat deskripsi singkat dari enam dari 16 tipe kepribadian MBTI, serta contoh pekerjaan dari tipe karakter masing-masing.

1. ISTJ (Introverted, Sensing, Thinking, Judging)

Poin pertama dari 16 macam-macam kepribadian MBTI yang akan kita bahas ini mungkin karakter kamu! Sebagai kepribadian tipe ISTJ, kamu seorang dengan ciri-ciri introvert yakni pendiam dan lebih suka tidak bersuara saat sedang dalam kelompok besar.  Saat mengambil keputusan, kamu cenderung logis, terorganisir, dan senang bertanggung jawab atas tugasmu. 

Nah, kekuatan utama ISTJ adalah kemampuan untuk mengerjakan tugas dengan sangat efisien dan mengidentifikasi masalah dengan jelas. Di sisi lain, kamu bisa mengkritik jika ada sesuatu yang nggak sejalan denganmu.

Sebagai orang dengan sifat ISTJ (Introverted, Sensing, Thinking, Judging), kamu mungkin cocok mengambil beberapa jurusan seperti Ilmu Komputer, Akuntansi, dan Administrasi Bisnis. Nantinya pekerjaanmu bisa seputar software developer, analis bisnis, akuntan publik, dan lainnya.

BACA JUGA: Spill Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan Didunia Kerja

2. INFJ (Introverted, Intuitive, Feeling, Judging)

INFJ (Introverted, Intuitive, Feeling, Judging) dinilai sebagai karakter paling langka di banding 15 macam macam kepribadian MBTI lainnya lho! Kalo kamu teridentifikasi sebagai INFJ, mungkin kamu adalah seseorang yang berusaha menginspirasi orang dan mendorong mereka menjadi lebih baik.

Sebagai kepribadian MBTI paling langka, kualitas terbaik INFJ adalah kemampuan berempati dan memahami sudut pandang orang lain. Sementara itu area yang bisa kamu tingkatkan adalah kemampuan untuk menyatakan pikiran & perasaan secara verbal.

Jurusan untuk INFJ termasuk Education, Social Work, hingga Psikologi. Sementara contoh pekerjaan dari tipe kepribadian INFJ mencakup psikolog, Ilmu sosial, hingga advokat.

Baca juga: Pentingnya Tes Bakat dan Minat untuk Pilih Jurusan Kuliah

3. ISTP (Introverted, Sensing, Thinking, Perceiving)

16 kepribadian MBTI

Hai ISTP! Kamu pasti cerdas dan mudah menemukan solusi logis untuk masalah dengan cepat dan efisien. Seorang ISTP (Introverted, Sensing, Thinking, Perceiving) juga mungkin cepat berkembang ketika bisa menggunakan data konkret untuk membuat keputusan. 

Nilai dan keputusan ISTP didasarkan pada ciri-ciri introvert seperti logika, dan kamu cenderung mengikuti arus sampai merasa prinsip-prinsipmu ini telah dilanggar. Kekuatan terbesarmu kepribadian MBTI ini adalah kemampuan untuk membuat keputusan terpisah menggunakan prinsip-prinsip logis. 

Kalo kamu seorang ISTP, bisa banget coba cari tau jurusan Engineering, Ilmu Komputer, bahkan Ilmu Forensik yang dekat dengan data-data! Beberapa pekerjaan yang cocok untuk ISTP adalah Programmer, Dokter Forensik, Teknisi, Project Coordinator dan masih banyak lagi.

BACA JUGA: Cara Memilih Jurusan Kuliah di Luar Negeri Dengan Tepat

4. ESFP (Extroverted, Sensing, Feeling, Perceiving)

ESFP (Extroverted, Sensing, Feeling, Perceiving) adalah seseorang yang sangat kreatif dan suka menyelesaikan proyek di mana kamu mempelajari hal-hal baru. Biasanya tipe ini cenderung sangat terbuka, dan orang lain mencarimu ketika membutuhkan perspektif baru dan unik tentang suatu masalah. 

Sifat terkuat tipe kepribadian ESFP adalah kemampuan untuk membaca orang dan berempati dengan orang lain. Sebagai tipe ESFP, kamu bisa terjun ke jurusan Nursing, Education, atau Social Work. pekerjaan orang dengan kepribadian ESFP adalah guru, Perawat, ahli sosial, HRD dan lain-lain.

5. ESTJ (Extroverted, Sensing, Thinking, Judging)

Moving on to ESTJ (Extroverted, Sensing, Thinking, Judging) ! Sebagai seorang adalah organisator dan perencana yang sangat terampil, dan kamu juga seseorang yang menghargai kompetensi dan loyalitas. 

Biasanya ESTJ adalah orang yang suka jika harus menjadi pemimpin karena kekuatan utamamu terletak pada kemampuan kamu mendelegasikan tugas dan memastikan bahwa orang lain bertanggung jawab atas peran mereka.

Jurusan yang cocok buat kamu termasuk Hukum, Ekonomi, Farmasi, hingga Administrasi Bisnis. Sementara itu, contoh pekerjaan dari tipe kepribadian ESTJ adalah legal officer, PR manager, apoteker, dan banyak lagi.

BACA JUGA: 7 Jurusan Kuliah Paling Santai dan Mudah

6. ENFJ (Extroverted, Intuitive, Feeling, Judging)

myer's briggs type indicator

ENFJ adalah seseorang yang memahami nilai kepemimpinan empatik, serta menggunakan nilai-nilai pribadimu untuk memandu pengambilan keputusan. Kepribadian ENFJ (Extroverted, Intuitive, Feeling, Judging) cenderung menjadi pemimpin yang kuat karena memiliki beberapa sifat seperti ramah, kreatif, dan menghargai hubunganmu dengan orang lain.

Tapi sayangnya saat stres, kamu mungkin menjadi terlalu kritis terhadap diri sendiri dan orang lain.  Jurusan terbaik untuk ENFJ termasuk Public Health, Journalism, Psikologi, hingga Administrasi Bisnis. Pekerjaan paling baik untuk kamu yang ENFJ adalah reporter, psikiater, koordinator adminstrasi, dokter spesialis.

7. ISFJ (Introverted, Sensing, Feeling, Judging)

ISFJ adalah para individu dengan karakter hangat, penuh perhatian dan selalu berusaha memberikan aura positif. Tidak hanya itu saja kepribadian seorang ISFJ juga dikenal sebagai seorang yang dapat memberikan orang di sekitar nya merasa terlindungi karena pembawaan nya yang tenang.

Namun di balik itu semua ISFJ (Introverted, Sensing, Feeling, Judging) juga seseorang yang tekun, serta senang dengan hal berbau detail. That’s why jurusan yang cocok untuk kamu para ISFJ adalah akuntansi, perbankan, kependidikan, juga manajemen bisnis.

BACA JUGA: Jurusan Kuliah Terbaik untuk Wanita

8. ISFP (Introverted, Sensing, Thinking, Perceiving)

Sebagai seseorang dengan kepribadian ISFP merupakan orang yang memiliki kepedulian tinggi terhadap orang lain. Namun terkadang ISFP juga senang jika memiliki space sendiri untuk berpikir, karena mereka ialah insan dengan tingkat kreativitas tinggi. Seorang ISFP (Introverted, Sensing, Thinking, Perceiving) juga merupakan orang yang sangat fleksibel walaupun introvert atau pendiam lohh!

For real! makanya jurusan yang cocok banget buat kamu adalah kesenian, perfilman, arsitektur dan semua jurusan yang berhubungan dengan kreativitas.

9. INFP (Introverted, Intuitive, Feeling, Perceiving)

Berdasarkan tes mbti sendiri INFP adalah seseorang yang cenderung perfeksionis, metodis, dan Idealis. Selain itu individu dengan kepribadian ini juga kreatif dan hebat dalam menengahkan problematika.

Bisa di bilang kamu yang memiliki karakter INFP (Introverted, Intuitive, Feeling, Perceiving) merupakan seorang mediator terbaik yang bisa menemukan Win-Win Solution. Kemudian juga kamu bisa menemukan jalan keluar terbaik dalam menyelesaikan masalah hidup seseorang.

Sudah bisa di pastikan bahwa jurusan terbaik kamu adalah ilmu hukum, jurnalistik, akuntansi, serta psikologi. Maka dari itu pekerjaan yang cocok bagi kamu INFP adalah Mediator, Hakim, Ahli Audit, Jurnalis dan sebagainya.

BACA JUGA: Panduan dan Cara Menentukan Jurusan Kuliah Sesuai Minat dan Bakat

10. INTJ (Introverted, Intuitive, Thinking, Judging)

kepribadian mbti paling langka

Biasanya seorang pendiam ialah pemalu, namun berbeda dari INTJ (Introverted, Intuitive, Thinking, Judging) yang memiliki rasa percaya diri tinggi.  Alasannya adalah karena seorang INTJ selalu bertindak berdasarkan penalaran dan logika, jadi mereka tidak asal dalam mengemukakan suatu hal. Kepribadian Si paling ahli Strategi Dan Perencanaan ini senang mencari inovasi dan ide baru.

So, Jurusan kuliah paling cocok untuk kepribadian pendiam INTJ ini adalah Statistika, Akuntansi, Teknik Lingkungan, sampai Arsitek. Contok kerjaan yang mungkin cocok untuk kamu adalah ahli tata lingkungan, ahli statistik, desainer bangunan, hingga Accounting finance.

11. INTP (Introverted, Intuitive, Thinking, Perceiving)

Individu dengan kepribadian INTP adalah seorang pemikir tingkat tinggi, sistematis, dan juga perasa. Mungkin bisa di bilang INTP (Introverted, Intuitive, Thinking, Perceiving) sering banget Overthinking! Kemudian orang dengan kepribadian MBTI ini sangat nyaman jika dalam lingkungan yang tenang agar bisa berpikir mendalam dan mendapatkan ide-ide terbaik. Kebanyakan orang-orang dengan karakteristik ini memiliki wawasan luas serta mudah dalam mempelajari hal baru.

Makanya untuk kamu yang punya kepribadian INTP jurusan kuliah yang cocok adalah teknik informatika, kimia, perfilman, saintek, sistem informasi. Makanya pekerjaan yang paling cocok untuk kamu adalah data analis, sutradara, peneliti, analis kimia dan et cetera.

BACA JUGA: “Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Saya?” Ini Jawabannya!

12. ESTP (Extroverted, Sensing, Thinking, Perceiving)

Insan dengan kepribadian ESTP adalah orang yang mempunyai nilai kuat dalam mencari pertemanan dan relasi. Seorang dengan kepribadian ESTP (Extroverted, Sensing, Thinking, Perceiving) ini punya sifat energik, fleksibel,praktis, antusias dan ramah terhadap orang lain. Orang dengan karakter ini juga punya daya pikir cepat tanggap dan dapat menyelesaikan masalah secara spontan

That’s why jurusan paling bagus buat kamu ESTP adalah marketing, pariwisata, hubungan internasional, ilmu politik. Untuk gambaran pekerjaan kamu nantinya bisa menjadi, marketing, tour guide, manajer hotel, penerjemah, politisi dan masih banyak lagi.

13. ESFJ (Extroverted, Sensing, Feeling, Judging)

Myers–Briggs Indicator

Seseorang dengan karakter ESFJ adalah individu pendengar terbaik dengan rasa peduli tinggi. Bukan hanya itu saja rasa pengertian dan kepekaan ESFJ (Extroverted, Sensing, Feeling, Judging) pun cukup tinggi. Kemudian di saat yang bersamaan mereka pun sangat patuh menghargai peraturan dan terkadang sedikit strict dengan hal tersebut.

Makanya jurusan yang paling cocok untuk kamu para ESFJ kuliah nanti adalah Ilmu Hukum, Manejemen Bisnis, Seni tari, sampai Jurnalistik. Sedikit contoh pekerjaan yang cocok untuk kamu para ESFJ adalah Manajer operasional, Jaksa, Dancing instructor, wartawan hukum.

BACA JUGA: 7 Langkah Mudah Kuliah di Korea Selatan

14.ENFP (Extroverted, Intuitive, Feeling, Perceiving)

Seseorang yang jago banget memimpin orang, menggambarkan secara singkat orang dengan kepribadian ENFP. Yes! para individu ini emang di lahirkan dengan bakat leadership karena mereka bisa mentransfer aura positif ke orang-orang disekitar mereka. Bukan hanya kharisma dan energi positif saja, tapi para ENFP(Extroverted, Intuitive, Feeling, Perceiving) juga orang yang berani mengambil resiko.

It’s already decided! jurusan kuliah yang pasti nya cocok banget buat para calon leader adalah Jurusan leadership , Bisnis Internasional, hingga Teknik Industri. Dan sedikit gambaran untuk pekerjaan yang cocok adalah Spesialis Operasi Bisnis, Pengusaha, Quality Control Coordinator.

15. ENTP (Extroverted, Intuitive, Thinking, Perceiving)

Creative and Rebel adalah 2 kata yang bisa menggambarkan secara singkat orang-orang dengan sifat ENTP. Mereka tidak terlalu senang dengan peraturan yang terlalu ketat dan memaksa. Namun insan ENTP (Extroverted, Intuitive, Thinking, Perceiving) sangat jago dalam mengemukakan pendapat dan ide mereka yang seringkali out of the box. Debat adalah hal paling mereka senangi, mereka adalah pendebat yang handal. Walaupun ENTP tidak suka peraturan berbelit mereka tetap patuh dengan hal tersebut jika mereka merasa masih logis dan wajar.

Here we go! Ini adalah jurusan kuliah terbaik untuk “si paling suka debat” yaitu Hukum, Desain Grafis, Sistem Informasi, Hubungan Internasional, dan bisa juga Ilmu Komunikasi. Pekerjaan yang cocok banget buat kamu adalah, Lawyer, UI/UX Designer, IT Quality Assurance, Public Relations.

BACA JUGA: Jurusan Bisnis Internasional , Kayak Gimana Sih?

16. ENTJ (Extroverted, Intuitive, Thinking, Judging)

16 tipe kepribadian

Akhirnya kita masuk ke urutan 16 macam macam kepribadian berdasarkan MBTI yaitu ENTJ (Extroverted, Intuitive, Thinking, Judging). Bagi kamu yang punya kepribadian ini pasti orang yang sangat keras kepala dalam melakukan segala hal. Alasannya adalah karena kamu selalu mengedepankan ego dan merasa benar. Hampir bisa dibilang kamu adalah orang yang bossy dan agak sulit jika mengikut arahan dan perintah dari orang lain. Namun di balik itu semua orang dengan sifat ENTJ adalah individu yang visioner, selalu fokus, konsisten dan paling karismatik di banding 15 kepribadian lainnya.

Makanya jurusan kuliah terbaik untuk kamu dengan kepribadian ini adalah Pendidikan keguruan, ilmu politik, information system audit dan Entreprenurship. Kemudian pekerjaan yang paling cocok sesuai sifat kamu yang keras kepala adalah lawyer, hakim, politisi, pengusaha, auditor dan guru.

Wah banyak sekali ya tipe tipe kepribadian yang ada! Udah lengkap kan informasi rekomendasi jurusan buat macam-macam kepribadian? Kalo kamu yang mana nih?

Habis tau mau ambil jurusan apa, jangan lupa persiapkan tahap selanjutnya. Biar semakin siap, perkaya informasi soal studi luar negeri dengan baca SUN E-Guide Book! Super praktis dan GRATIS, E-Guide Book ini bisa kamu baca dari gadget manapun dan kapanpun! Kamu juga bisa download sun apps dari playstore maupun appstore untuk tahu update terbaru seputar kuliah di luar negeri

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa melakukan konsultasi GRATIS melalui Hotline di 0821 33 34 35 36 atau datang langsung ke kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Sumber foto: Unsplash

Tinggalkan Balasan