Masa Depan Calon Peraih Gelar Sarjana Sistem Informasi
Masa Depan Calon Peraih Gelar Sarjana Sistem Informasi
22 Maret 2022
5 Alasan untuk Kuliah di University of Tasmania
5 Alasan untuk Kuliah di University of Tasmania
24 Maret 2022

3 Alasan Penting untuk Memilih Kuliah Jurusan Tata Boga!

alasan memilih jurusan tata boga

Pernah nggak sih kalo lagi makan di restoran mewah, pas makanannya dateng kamu sampe kagum karena bukan hanya kelihatan enak, tapi makanan itu juga kelihatan cantik? Kalo hal-hal seperti ini menarik buatmu, culinary arts is for you! Buat tau lebih banyak soal alasan memilih jurusan tata boga, baca terus ya!

Pada intinya, memilih jurusan tata boga akan memungkinkan kamu untuk mempelajari keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan seorang koki di dapur. Nggak cuma tau cara memasak, tapi juga cara menciptakan hidangan baru, menjalankan dapur secara efisien, dan masih banyak lagi.

Seni kuliner itu lebih dari sekadar belajar gimana jadi koki profesional guys! Mempelajari tata boga bisa membantu meningkatkan kualitas hidupmu dalam banyak hal. Penasaran kan? 

Alasan Memilih Jurusan Tata Boga

 

1. Belajar Menghargai Memasak Sebagai Bentuk Seni

alasan memilih jurusan tata boga

 

Alasan memilih jurusan tata boga yang pertama adalah saat belajar dalam jurusan ini, kamu bakal lebih menghargai memasak dan menyiapkan hidangan sebagai bentuk seni. 

Menyiapkan suatu hidangan bukan hanya soal makanan atau membantu orang menikmati apa yang akan mereka makan. Nope! Hal ini juga berhubungan dengan seni!

Cara kamu menyajikan hidangan adalah bentuk seni tersendiri, sesuatu yang bisa membuat pelanggan senang melihat hidangan yang disajikan. Visually stunning dishes will elevate the experience for sure.

Selain itu, kamu juga akan belajar cara menggabungkan aroma dan rasa untuk memicu perasaan yang berbeda-beda, ini sama seperti pelukis yang menggunakan warna atau tekstur berbeda dalam sebuah lukisan untuk memicu emosi yang berbeda dari penikmat lukisannya.

Dengan mempelajari seni kuliner, kamu akan tau cara menghargai makanan sebagai bentuk seni. Pada dasarnya, perasaan ini akan membuat kamu lebih berhati-hati saat merancang hidangan yang kamu buat dan berpotensi memberikan kepuasan lebih dari melihat pelanggan menikmati makanan buatanmu.

 

2. Belajar Menghargai Perbedaan Budaya

 

Kuliner sangat amat berkaitan erat dengan budaya. Coba pikirkan semua makanan berbeda yang berasal dari berbagai belahan dunia dan bagaimana orang sering mewariskan resep keluarga secara turun-temurun.

Untuk itu, alasan memilih jurusan tata boga selanjutnya adalah belajar menghargai budaya yang berbeda. Dengan mempelajari tata boga, kamu akan tau bagaimana budaya yang berbeda menyiapkan berbagai jenis hidangan.

Ini akan memberikanmu apresiasi yang jauh lebih besar untuk budaya-budaya yang berbeda, pada intinya, akan membantu membangun empati untuk orang-orang pada umumnya. Culture enriches your food. Kamu bisa banget mempelajari cara memasak suatu hidangan dari budaya tertentu untuk memperkaya ilmu kulinermu! Cara ini efektif untuk membuat orang membuka diri terhadap hal-hal baru, terutama jika mereka belum mengenal budaya yang berbeda.

 

3. Belajar Mendorong Gaya Hidup Sehat

Program tata boga yang baik akan mengajarkan kamu sebagai mahasiswa mengenai banyak hal yang berkaitan dengan kuliner, termasuk nutrisi. Semakin ke sini, semakin banyak chef yang menekankan betapa pentingnya menciptakan hidangan lezat yang juga sehat untuk mempromosikan nutrisi kepada pelanggan mereka.

Itu mengapa banyak restoran menawarkan pilihan vegetarian dan vegan akhir-akhir ini! Beberapa restoran, seperti restoran yang mendorong farm-to-table, juga mempraktikkan sustainability dan tanggung jawab terhadap lingkungan. 

Sebagai mahasiswa tata boga yang nantinya akan terjun ke industri kuliner, nilai-nilai seperti ini penting dibawa dan kamu cerminkan dalam hidangan-hidanganmu!

Opsi Kampus untuk Jurusan Tata Boga

Jurusan tata boga dikenal sebagai culinary arts di luar negeri. Nah, mungkin kamu belum tau kalo banyak banget opsi institusi pendidikan internasional yang bisa kamu datangi jika kamu mau ambil jurusan ini. 

Salah satu contohnya adalah Le Cordon Bleu yang terdapat di berbagai negara termasuk Perancis, Australia, dan Malaysia. Nggak cuma culinary arts, LCB juga menawarkan sejumlah program lainnya yang mencakup winery, manajemen, dan perhotelan. Soal kualitas pengajaran, nggak usah jadi pertanyaan lagi! Banyak banget chef ternama yang belajar di LCB, termasuk juri MasterChef Indonesia, Chef Renatta Moeloek.

Selain itu, di Swiss juga ada Glion Institute of Higher Education yang menawarkan sekolah perhotelan dengan mata kuliah yang mempelajari kuliner. Soal culinary arts, kamu nggak perlu meragukan Glion karena institusi ini bekerja sama erat dengan Sommet Education yang berspesialisasi dalam culinary arts dan hospitality management.

Luckily for you, kedua institusi ini merupakan partner dari SUN Education! Cari tau lebih banyak soal LCB di sini dan klik di sini buat tau lebih banyak mengenai Glion ya!

Itu dia 3 alasan memilih jurusan tata boga yang penting buat kamu ketahui! Like mentioned above, culinary arts not only improve your knowledge, but also your quality of living! Apalagi dengan sekolah kuliner di luar negeri, pasti ilmu yang kamu dapatkan bakal membuat studi dan karirmu melesat cepat.

Buat tau informasi terbaru dan terlengkap soal kuliah di luar negeri, buruan akses SUN E-Guide Book! E-Guide Book ini dapat kamu baca secara GRATIS dari mana pun dan kapanpun!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Sumber gambar: Unsplash

Tinggalkan Balasan