Budaya Jerman yang Bikin Orang Indonesia Kagum
Budaya Jerman yang Bikin Orang Indonesia Kagum
22 Juni 2022
5 Wisata Australia yang Disebut "Best Hidden Gem"!
5 Wisata Australia yang Disebut “Best Hidden Gem”!
24 Juni 2022

Gali Bareng 4 Alasan Perlu Memilih Jurusan Sosiologi

alasan memilih jurusan sosiologi

Bicara soal jurusan sosiologi, mungkin jurusan ini nggak terlalu terkenal atau populer karena dipikir nggak mengarah ke jalur karir yang pasti kayak jurusan teknik, hukum atau kedokteran. Namun, sebenernya masih banyak banget keuntungan dan alasan memilih jurusan sosiologi yang bisa kamu gali lebih dalam!

Salah satu alasan untuk mempelajari sosiologi adalah karena sosiologi merupakan disiplin ilmu yang menarik dan memiliki banyak segi. Sebagai mahasiswa sosiologi, kamu bisa mempelajari apa aja, termasuk disiplin ilmu lain. Hal ini karena sosiologi menonjol dalam semua aspek kehidupan kita.

Belajar sosiologi juga akan membekalimu dengan keterampilan nyata seperti keterampilan meneliti, khususnya kemampuan untuk melakukan analisis data. 

Kenalan sama Jurusan Sosiologi

alasan memilih jurusan sosiologi

 

Sebelum tau alasan memilih jurusan sosiologi, harus terlebih dahulu kenalan lebih jauh sama jurusan ini! Jurusan sosiologi berfokus pada studi tentang manusia. Mahasiswa di jurusan ini mengeksplorasi keragaman perilaku dan interaksi sosial. 

Jadi intinya, jurusan ini mempelajari masyarakat dan perilaku manusia. Sosiologi sendiri adalah ilmu sosial yang menganalisis interaksi manusia, sehingga nantinya kamu akan meneliti individu, kelompok, komunitas, organisasi, budaya dan masyarakat. 

 

BACA JUGA: Prospek Karir Jurusan Sosiologi, Apa Aja Sih?

 

Kamu bakal meneliti interaksi sekecil dua orang asing berbincang hingga fenomena besar kayak globalisasi. Nggak hanya fokus pada interaksi masa kini, mahasiswa sosiologi juga akan diajak untuk menelaah interaksi dan budaya masyarakat sepanjang sejarah.

Mahasiswa sosiologi dilatih untuk mengajukan pertanyaan kritis, melakukan penelitian, dan mengumpulkan data untuk dianalisis. Jurusan sosiologi merumuskan kesimpulan untuk mengatasi masalah yang telah diidentifikasi dan meningkatkan proses sosial utama. Ini bisa termasuk mengatasi konflik keluarga, diskriminasi agama, hingga ketimpangan perawatan kesehatan.

 

Alasan Memilih Jurusan Sosiologi

 

Udah tau kan mengenai jurusan sosiologi lebih jauh? Setelah kenalan, yuk gali sedalam-dalamnya mengenai alasan memilih jurusan sosiologi!

1. Lebih Paham Soal Manusia

Sosiologi memungkinkan kamu untuk mendapatkan pemahaman yang lebih luas tentang sifat kompleks dan sederhana manusia dan masyarakat. Dengan mempelajari perilaku masyarakat, kamu bisa membuat perbandingan, mencoba memecahkan masalah, dan memiliki cara pandang rasional tentang beberapa kebiasaan masyarakat yang mungkin banyak memicu isu.

2. Skillset Berguna

Keterampilan yang dikembangkan selama menjadi mahasiswa jurusan sosiologi bisa diterapkan di berbagai bidang pekerjaan lho! Kemampuan kritis yang ditingkatkan memungkinkanmu membuat keputusan yang rasional dan terukur, sedangkan kebiasan untuk terlibat dalam hal-hal seperti proyek kelompok dan individu memberikanmu keterampilan kerja tim, kemandirian, dan otonomi.

 

BACA JUGA: 12 Alasan dan Manfaat Kuliah di Luar Negeri

 

3. Bisa Hadapi Perubahan

Masyarakat secara keseluruhan berada dalam keadaan yang terus berubah dan berkembang seiring zaman. Alasan memilih jurusan sosiologi selanjutnya adalah dengan mempelajari bidang ini, kamu akan terbantu nggak hanya untuk memahami apa yang sedang terjadi, tetapi juga akan membantu dalam beradaptasi atau menghadapi perubahan masyarakat.

4. Kesempatan Studi Lanjutan

Kamu bisa menggabungkan atau melanjutkan studimu di bidang sosiologi dengan kursus di bidang lain! Contoh kombinasi termasuk Sosiologi dengan Matematika, Musik atau gelar bahasa modern. Keragaman gelar ini akan membantu menjadikan pengalaman kuliahmu jauh lebih hidup dan seru!

Most of all, sebelum memutuskan untuk masuk jurusan sosiologi, kamu harus tau apakah kamu tertarik pada perilaku manusia. Karena pada dasarnya, proses pembelajaranmu nanti akan berputar pada memeriksa tindakan manusia, interaksi, keyakinan, perspektif dan nilai-nilai untuk lebih memahami masyarakat, sehingga hal ini cocok dengan mahasiswa yang punya rasa ingin tahu alami untuk dunia di sekitar mereka.

Itu dia perkenalan kita terhadap beberapa alasan memilih jurusan sosiologi yang bisa banget jadi pertimbangan kamu untuk memilih jurusan ini ke depannya! Ngincer belajar sosiologi di luar negeri? Why not!

Sebelum menentukan universitas tujuan, mending browsing-browsing dulu opsimu! Mulai dari sekarang yuk, baca informasi terlengkap hanya di SUN E-Guide Book! Super praktis dan GRATIS, E-Guide Book ini bisa kamu akses dari gadget mana pun dan kapanpun!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa melakukan konsultasi GRATIS melalui Hotline di 0821 33 34 35 36 atau datang langsung ke kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Sumber gambar: Unsplash

Tinggalkan Balasan