6 Pilihan Karir Untuk Pemilik Gelar Sarjana Akuntansi
6 Pilihan Karir Untuk Pemilik Gelar Sarjana Akuntansi
24 Februari 2022
Ada Kuliah Jurusan Olahraga di Australia Nggak, ya?
Ada Kuliah Jurusan Olahraga di Australia Nggak, ya?
1 Maret 2022

4 Kebiasaan Orang Australia yang Perlu Kamu Tau!

Kebiasaan Orang Australia

Source: Unsplash

Kuliah dan tinggal sebagai mahasiswa di Australia tentu butuh penyesuaian besar. Selain penyesuaian dengan transisi dari siswa SMA ke mahasiswa kuliah, ada juga penyesuaian terkait kondisi hidup di negara baru yang perlu kamu jalani. Penyesuaian ini tentu aja termasuk habit and customs masyarakat setempat. Sebelum belajar di Negeri Kanguru, cek dulu yuk 4 kebiasaan orang Australia yang perlu kamu tau!

Ketika kamu memutuskan untuk tinggal di luar negeri, kamu tentunya harus memahami kebiasaan dan perilaku penduduk setempat.

Setiap negara punya keunikan masing-masing dan ini juga otomatis membuat kamu belajar soal budaya lain. Pada dasarnya, belajar soal kebiasaan orang Australia akan memberikan kamu perspektif yang lebih luas tentang kehidupan di Australia secara umum.

Without further ado, yuk cari tau lebih banyak soal kebiasaan orang Australia di bawah ini!

 

1. Bawa Botol Minum Ke Mana-Mana

Kebiasaan Orang Australia

Source: Unsplash

 

Kebiasaan ini biasanya bikin kaget hampir semua siswa internasional, termasuk yang dari Indonesia. Yes, hampir setiap sarana umum di Australia menyediakan air gratis. Hak mendapatkan air minum gratis bahkan diatur oleh hukum setempat.

Air itu berasal dari keran atau biasa disebut tap water, tapi aman diminum dan dikonsumsi kok! Untuk itu, saat belajar di Australia nanti, jangan kaget kalo kamu melihat penduduk setempat bawa botol minum atau tumbler ke mana-mana!

Bahkan, kamu bisa meminta isi ulang botol minum dengan air keran saat kamu berada di bar atau restoran. Kalo kamu nggak bawa botol minum, tenang aja! Biasanya pemilik tempat udah akan menyediakan botol kemasan yang bisa kamu bawa pulang.

Selain itu, banyak juga tempat yang mempraktikkan kebijakan Bring Your Own (BYO). Ini artinya, kamu bisa bawa minuman sendiri ke restoran kalo kamu mau. How neat, right? Hal ini pastinya membantu banget kalo kamu lagi mau makan di luar sama temen-temen kuliah, tapi juga mau hemat uang jajan!

Meski begitu, kebijakan ini nggak berlaku untuk semua tempat, ya! Jadi kamu tetap harus periksa dulu sebelum membawa minuman sendiri ke berbagai tempat.

 

2. Barbecue & Picnic

Kebiasaan Orang Australia

Source: Unsplash

 

Kebiasaan orang Australia berikutnya yang perlu kamu tau adalah their profound love for barbecues and picnic!

Faktanya, ada pemanggang barbecue di banyak taman dan pantai di seluruh negeri. Mereka dapat digunakan siapa aja dan satu-satunya aturan yang berlaku adalah kamu wajib membersihkannya kembali setelah menggunakannya.

Basically, it’s kinda like a tradition. Saat belajar di Australia nanti, mungkin kamu juga bakal sering diundang ke acara piknik atau barbecue teman-temanmu! Pssst, biar lebih kayak warga lokal, try saying barbecue as “barbie”.

 

3. Menghormati Hewan

Source: Unsplash

 

Australia terkenal memiliki berbagai macam fauna dan berbagai spesies serangga yang berbeda. Namun, membunuh serangga atau binatang merupakan tindakan yang tidak diterima bagi sebagian besar orang Australia.

Ini karena ada banyak undang-undang yang mengatur soal pelestarian serangga dan hewan di Australia, mereka dianggap sebagai bagian dari budaya lokal.

Walaupun ini kedengarannya menakutkan, terutama kalo kamu takut serangga, coba sebisa mungkin untuk menangkap hewan atau serangga dan lepas jauh-jauh dari kediamanmu.

 

4. Tepat Waktu

Source: Unsplash

 

Nah, ini bahaya bagi kamu yang punya jam karet alias suka ngaret. Kebiasaan orang Australia yang terakhir adalah ketepatan waktu mereka!

Kalo kamu janjian sama orang Australia pada jam 8 malam, sudah hampir pasti mereka sudah akan stand by di tempat beberapa menit sebelum waktu yang ditentukan. 

Jadi agar nggak menyinggung teman-teman kamu yang merupakan warga lokal, kamu juga tepat waktu ya! No more ngaret!

Nah, itu dia 4 kebiasaan orang Australia yang perlu kamu tau sebelum belajar dan menetap di Negeri Kanguru. Gimana? Pasti nambah ilmu dan insight kamu soal Australia, kan?

Untuk tau lebih banyak lagi soal studi di Australia, kamu tinggal baca SUN E-Guide Book dari SUN Education! Kamu akan menemukan informasi lengkap seputar studi ke luar negeri yang bakal menjawab semua pertanyaanmu. E-Guide Book ini bisa diakses secara GRATIS dimanapun dan kapanpun kamu berada!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan