Pesona keindahan alam
Syarat Masuk Jurusan Kehutanan; Eksplorasi, Bukan Eksploitasi!
13 Juli 2022
Bahasa pemrograman di teknik informatika
Inilah Alasan Memilih Jurusan Teknik Informatika; Gajinya Selangit!
15 Juli 2022

4 Keunggulan PTE Academic Test Buat yang Mau Tes Bahasa Inggris

PTE Academic Test

Salah satu persiapan paling penting buat kamu yang mau melanjutkan studi ke luar negeri adalah kemampuan bahasa Inggris. Mungkin kamu sudah familiar dengan tes Bahasa Inggris seperti IELTS dan TOEFL. Tapi, tahukah kamu tentang tes Bahasa Inggris PTE Academic Test?

Seperti tes Bahasa Inggris lainnya, PTE Academic Test berfungsi untuk menentukan kesiapan kamu dalam Bahasa Inggris. Karena, saat perkuliahan berlangsung, kamu akan menggunakan Bahasa Inggris bukan hanya di pergaulan sehari-hari. 

Kamu harus menggunakan Bahasa Inggris saat pengerjaan tesis, membuat laporan penelitian, hingga presentasi sidang ujian kamu di hadapan para dosen dan ahli. Artinya, kamu membutuhkan kemampuan kosakata yang berada di level akademis hingga penelitian.

Nah, kalo kamu tau lebih lanjut apa itu PTE Academic Test, jenis tesnya, dan perbedaannya dengan tes Bahasa Inggris lainnya, simak terus artikelnya ya!

 

BACA JUGA: Ternyata Ini Grammar TOEFL yang Paling Sering Keluar Dalam Tes!

 

Apa itu PTE Academic Test

Pearson Test of English (PTE) Academic Test merupakan salah satu tes Bahasa Inggris bagi non-native speaker sebagai persiapan dan menguji kemampuan mereka sebelum masuk ke universitas di luar negeri. PTE Academic Test sendiri merupakan ujian berbasis komputer sehingga hasilnya objektif dan memiliki tingkat keakuratan yang tinggi.

PTE Academic Test

Selama tes berlangsung, PTE Academic Test akan menguji kemampuan Bahasa Inggris kamu dalam berbicara, mendengarkan, menulis, dan berbicara. Tes nya pun terdiri dari berbagai format, mulai dari pilihan ganda, penulisan essay, hingga kemampuan menganalisis dari narasi yang tersedia. 

Keunggulan PTE Academic Test

Setiap penyedia tes Bahasa Inggris pasti menawarkan keunggulan dibanding pemain lainnya untuk meningkatkan nilai jual. Mulai dari harga yang bersaing, kualitas penilaian, hingga banyaknya pengakuan dari instansi yang bekerja sama. 

Begitu pula dengan PTE Academic Test, terdapat beberapa keunggulan yang membuat tes yang satu ini patut untuk kamu pertimbangkan.

1. Mendapat pengakuan dari universitas di banyak negara

Diakui sejumlah universitas dunia

PTE Academic Test sudah diakui oleh berbagai universitas terbaik di dunia. Sebut saja, Harvard University, Oxford University, Boston College, Pearson College London, Yale University, dan universitas terbaik lainnya seperti Inggris, Amerika Serikat, Jerman, dan Australia. 

Selain itu, hasil PTE Academic Test juga berlaku bagi kamu yang berencana mengajukan visa untuk tinggal secara permanen loh! Beberapa negara yang mengakuinya di antaranya Australia, New Zealand, dan Kanada. Wah menang banyak ya!

2. Hasil ujian dengan akurasi tinggi dan objektif

Seperti yang kita ketahui, setiap ujian di PTE Academic Test berbasis komputer dengan teknologi Artificial Intelligence yang akan membantu dan menganalisa setiap proses ujian. Karena segalanya sudah terkomputasi, semua hasil ujian akan tervalidasi berdasarkan sistem yang sudah terprogram sehingga menghasilkan akurasi nilai yang tinggi.

Selain itu dengan bantuan teknologi AI mampu mengurangi human error yang terjadi saat proses pengecekan dan penilaian, baik kemampuan berbahasa secara lisan dan tulisan. Dengan segala kecanggihannya, PTE Academic Test sudah memenuhi standar Global Scale of English (GSE) yang menjadi acuan menguji kemahiran seseorang berbahasa Inggris.  

3. Proses ujian yang cepat

Online test

Keunggulan utama dari PTE Academic Test adalah proses ujian yang cepat. Durasi ujian biasanya berlangsung sekitar 3 jam dan kamu bisa mendapatkan hasil ujian mulai dari 48 jam kemudian loh!

Salah satu faktor kecepatan ujian ini adalah karena semua prosesnya sudah berbasis komputer dan sudah terintegrasi dengan sistem. Selain itu, mulai dari proses pendaftaran hingga mendapatkan jadwal ujian juga relatif cepat dibandingkan penyedia tes Bahasa Inggris lainnya.

4. Waktu ujian yang fleksibel

Berbeda dengan penyedia lainnya, PTE Academic Test memberikan fleksibilitas waktu bagi kamu yang mau daftar dan ikut ujian. Kamu bisa mengikuti ujian kapanpun yang kamu mau, selama 365 hari tanpa ada hari tertentu. 

Bahkan satu hal yang menjadi nilai jual adalah kamu bisa melakukan reservasi ujian 24 jam sebelum pelaksanaan loh! Jadi misalnya kamu harus melakukan ujian Bahasa Inggris secara mendadak, maka PTE Academic Test adalah jawabannya!

 

BACA JUGA: Jangan Sampe Keliru, IELTS iBT Beneran Ada?

 

Tahapan Ujian PTE Academic Test

Seperti yang kita ketahui bersama, ujian ini akan menguji seluruh kemampuan Bahasa Inggris kita. Mulai dari membaca, menulis, mendengar, dan berbicara. Setiap ujian terdiri dari berbagai 20 jenis soal, mulai dari pilihan ganda, menulis essai, merangkum narasi, hingga menganalisa soal cerita.

Dari total 3 jam durasi ujian, setiap ujian akan terbagi menjadi 3 sesi utama.

Bagian pertama, Speaking dan Writing Test.

Bagian pertama ini merupakan bagian dengan durasi terlama dari keseluruhan tes dengan durasi sekitar 1 jam. Selama bagian ini, kamu akan menjawab soal yang terdiri dari 7 jenis pertanyaan yang berbeda. 

Writing Test

Di sini kamu akan diuji kemampuan dasar dalam berbahasa Inggris menggunakan kosakata yang beragam, mulai dari menggunakan istilah sehari-hari hingga di level akademis. 

Bagian kedua, Reading Test.

Kamu akan mengerjakan soal di bagian kedua ini dengan durasi sekitar 30 menit dan berisi 5 jenis pertanyaan yang berbeda. Karena kemampuan yang diuji berhubungan dengan membaca, sebagian besar soal berupa analisa soal cerita dan melanjutkan kalimat yang kosong.

Bagian ketiga, Listening Test.

Selama total durasi tes sekitar 40 menit, kamu harus mengerahkan segala kemampuan mendengar kamu agar lulus tes ini. Sebagian besar soal akan diberikan melalui audio yang bisa kamu dengar melalui headset. 

Listening test

Di bagian ini, jenis soal akan berupa berbagai jenis pertanyaan. Mulai dari pilihan ganda, analisa soal cerita, memberikan rangkuman cerita, hingga mengoreksi kosakata yang salah. 

Selama pengerjaan, kamu bisa mencatat poin penting berdasarkan informasi di audio. Di sini, kamu harus menggunakan insting kamu untuk memilih kira-kira mana saja informasi penting yang akan menjadi pertanyaan di bagian soal. 

 

Itulah serba serbi tentang ujian Bahasa Inggris PTE Academic Test yang berbasis komputer dan teknologi AI. Sebelum ikutan ujiannya, ada baiknya kamu mempersiapkan diri agar mendapatkan hasil yang maksimal. Karena poin yang akan kamu dapat nanti sangat berpengaruh dengan keberlangsungan kamu untuk melanjutkan studi ke luar negeri.

Kalau kamu sudah melakuan tesnya dan masih bingung menentukan universitas mana yang cocok buat kamu, kamu bisa nih konsultasi bersama SUN Education. Berbagai informasi seputar program studi, program beasiswa, akomodasi mahasiswa, dan info menarik lainnya bisa kamu dapatkan. Semua informasi dan konsultasi itu tidak perlu mengeluarkan biaya alias GRATIS loh! Langsung sikat deh!

Cek juga SUN E-Guide Book untuk mencari tahu lebih jauh tentang informasi program beasiswa di universitas luar negeri. Kamu bisa akses langsung dari gadget kamu, kapan pun dan di manapun! Tambah seru lagi karena ini semua dijamin GRATIS! 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa melakukan konsultasi GRATIS melalui Hotline di 0821 33 34 35 36 atau datang langsung ke kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Sumber foto: Unsplash

Tinggalkan Balasan