RMIT University 1 on 1 Counselling Session
29 Maret 2022
Fakta Negara China
Udah Tau Belum? Ini 4 Fakta Kuliah di Negara China!
31 Maret 2022

5 Budaya Malaysia yang Mirip dengan Budaya Indonesia

5 Budaya Malaysia yang Mirip dengan Budaya Indonesia

Sebagai negara satu rumpun, Malaysia dan Indonesia memiliki banyak kesamaan. Bahkan secara geografis saja, Malaysia merupakan negara yang dekat dengan Indonesia. Keduanya pun sama-sama tergabung dalam persatuan asosiasi negara-negara di Asia Tenggara atau ASEAN. Dengan letak geografis yang dekat, nggak heran dua negara ini memiliki kemiripan budaya. Jadi, buat kamu yang mau kuliah di Malaysia, tentunya nggak perlu takut culture shock saat menghadapi budaya Malaysia. Yuk, intip apa saja sih budaya Malaysia yang mirip dengan budaya Indonesia!

 

Masakan dengan cita rasa yang mirip

5 Budaya Malaysia yang Mirip dengan Budaya Indonesia

Kalau kamu berkunjung ke Malaysia jangan takut kalau makanannya nggak sesuai dengan lidahmu. Sebagai negara satu rumpun, penggunaan bumbu dan rempahnya sangat amat mirip. Bahkan cara memasaknya juga nggak berbeda. Perbedaannya hanya terletak dari penamaan dan penyajiannya saja. Contohnya nasi uduk yang sering kita jadikan menu sarapan, di Malaysia bernama nasi lemak. Keduanya dimasak dengan santan namun di Malaysia disajikan dengan teri dan kacang goreng, sambal dan telur. Persamaannya, keduanya merupakan menu sarapan.

 

Budaya “Makan Tengah”

5 Budaya Malaysia yang Mirip dengan Budaya Indonesia

Selain memiliki cita rasa makanan yang sama, budaya Malaysia yang mirip dengan budaya Indonesia adalah cara menyantap makanannya. Baik orang Malaysia dan Indonesia lebih suka dengan “makan tengah”, yakni makan dengan lauk pauk yang diletakan di atas meja dan disantap bersama-sama. Tak sebatas budaya, “makan tengah” ini menjadi waktu untuk mempererat rasa kekeluargaan antar anggota keluarga di rumah. Biasanya lauk makan tengah terdiri dari satu hingga dua lauk utama berupa ikan, ayam atau daging kemudian menu sayur dan gorengan sebagai pelengkap. Disajikan dengan nasi, budaya “makan tengah” nggak hanya sekedar memanjakan lidah tapi mengakrabkan hubungan antar keluarga.

 

Bahasa yang Mirip

5 Budaya Malaysia yang Mirip dengan Budaya Indonesia

Sudah bukan rahasia lagi kalau bahasa Melayu dan bahasa Indonesia nggak jauh beda. Bahkan banyak kata-katanya yang mirip. Sebenarnya bahasa dasar kedua negara ini adalah bahasa Melayu, namun bedanya bahasa Melayu yang digunakan di Malaysia memiliki standarisasi berbeda. Standarisasi ini bernama Bahasa Melayu Melaka-Riau-Johor. Selain itu, bahasa Indonesia sendiri menyerap kata-kata dari negara yang pernah menjajahnya seperti Bahasa Belanda dan Portugis. Sedangkan bahasa Melayu yang digunakan orang Malaysia hanya menyerap bahasa Inggris saja. Jadi, kalau kamu ke Malaysia pun nggak perlu waktu lama untuk belajar bahasa Melayu yang mereka gunakan.v

 

Cara berpakaian yang sopan

5 Budaya Malaysia yang Mirip dengan Budaya Indonesia

Baik di Malaysia maupun di Indonesia masih memegang kental adat ketimurannya, terutama dalam soal berpakaian. Meski di kota-kota besar sekalipun, masyarakat dua negara ini masih mengenakan pakaian yang sopan bahkan di lingkungan non-formal sekalipun. Selain karena adat ketimuran, karena kedua negara ini mayoritas penduduknya memeluk agama islam, maka menjadi suatu kewajiban untuk berpakaian yang menutup aurat. 

 

Mudik saat hari besar

5 Budaya Malaysia yang Mirip dengan Budaya Indonesia

Ternyata nggak hanya orang Indonesia saja yang mudik saat hari besar! Dalam budaya Malaysia, masyarakatnya juga mudik saat menyambut hari besar seperti Lebaran, Natal, Tahun Baru Cina, dan lain-lain. Bedanya, di Malaysia “mudik” bernama”Balik Kampung” yang sama-sama berarti mengunjungi sanak saudara di kota kelahiran. Tentu maksud dari balik kampung ini adalah menjalin silaturahmi antar keluarga dan kerabat. Jadi, saat hari besar di Malaysia jangan heran kalau ibu kotanya akan sepi seperti di Jakarta, ya!

Itulah beberapa budaya Malaysia yang memiliki kemiripan dengan budaya Indonesia. Untuk kamu yang mau kuliah di Malaysia, sebaiknya pelajari lebih banyak lagi budaya Malaysia agar tidak culture shock. Dengan meminimalisir culture shock, kamu akan lebih fokus belajar di Malaysia, bukan?

Jangan lupa untuk membaca informasi seputar Malaysia selengkapnya di SUN E-guide book dari SUN Education. Kamu bisa mendapatkan informasi mulai dari sistem pendidikan, fakta-fakta menarik, biaya hidup hingga informasi Covid-19 secara lengkap. SUN E-guide book ini juga sudah bisa kamu akses secara GRATIS dimanapun dan kapanpun!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan