Kuliah di University College Dublin, Kunjungi Tempat-Tempat Ini
Kuliah di University College Dublin, Sayang Banget Kalau Belum Kunjungi 6 Tempat Ini! 
10 November 2021
kehidupan mahasiswa arsitektur
5 Hal yang Identik dengan Kehidupan Mahasiswa Arsitektur!
12 November 2021

5 Cara Gampang Belajar Kosakata TOEFL

kosakata toefl

Source: Unsplash

Upaya untuk lulus ujian dapat membuat stres dan melelahkan buat kamu yang berusaha keras untuk belajar di luar negeri. Lulus tes bahasa seperti TOEFL atau IELTS menjadi tujuan yang benar-benar butuh dikejar. Untuk itu, kamu perlu mempelajari sejumlah unsur, termasuk kosakata TOEFL, agar dapat dengan sukses lulus ujian tersebut.

Kegagalan dalam lulus tes bahasa seperti TOEFL kemungkinan besar berarti juga bisa kehilangan kesempatan beasiswa. Ini karena ketika banyak siswa memulai persiapan untuk mengikuti TOEFL, mereka memiliki semangat tetapi nggak punya banyak waktu untuk mempersiapkan diri secara menyeluruh.

Biasanya sejumlah besar pelajar hanya memiliki waktu beberapa bulan, atau bahkan minggu, untuk mempersiapkan diri menghadapi TOEFL. 

This is a real problem! Karena seperti yang kita ketahui, dalam pembelajaran bahasa, waktu yang cukup adalah kunci untuk bisa memahami dan menyerap kosakata atau frasa baru secara lebih baik. 

Nah, kalau kamu dalam waktu dekat ini berencana untuk mengikuti tes TOEFL, jangan khawatir! Bahkan dalam waktu yang singkat, kamu bisa kok mencapai skor yang diinginkan dengan pendekatan yang matang!

Untuk membantumu, dalam artikel kali ini SUN Education akan membahas 5 cara gampang untuk belajar kosakata TOEFL dalam beberapa minggu. Keep your eyes glued on the screen!

1. Jadikan TOEFL Prioritas

kosakata toefl

Source: Unsplash

Kalau kamu bertekad untuk lulus tes dan belajar kosakata TOEFL, jadikan hal itu sebagai satu-satunya prioritasmu selama beberapa minggu. Atur jadwal sebisa mungkin dan selesaikan semua tugas sampinganmu, hal ini perlu dilakukan biar kamu benar-benar memprioritaskan persiapan untuk tes TOEFL.

Ini memang bukan hal yang mudah karena mungkin kamu memiliki pekerjaan sampingan, les, atau kesibukan lainnya. Biar kamu nggak pusing, coba bagi kegiatan belajarmu jadi empat bagian (reading, listening, writing, dan speaking). Umumnya, kebanyakan tutor menyarankan bagi siswanya untuk menghabiskan waktu selama 4-5 jam sehari untuk mempelajari materi TOEFL. Latihan secara konsisten dan fokus terutama diperlukan kalau kamu mau mengembangkan daftar kosakata TOEFL.

2. Cari Sinonim Baru

Salah satu cara cepat untuk mempelajari kosakata TOEFL, yang seringkali dipenuhi kata-kata asing bagi kita, adalah untuk membuat “rantai sinonim” yang membuat mereka gampang diingat!

Pertama, temukan daftar kosakata TOEFL yang paling umum, lihat setengahnya tetapi jangan dulu menghafalkan definisi dari kata-kata yang masih asing bagimu. Ini karena kamu nggak akan bisa menghafal semua kata tanpa memiliki konteks tertentu.

Kemudian coba masukkan 7 hingga 10 kategori kata yang paling umum kamu temu dalam daftar kosakata TOEFL lainnya, misalnya kategori Food, Traveling, Personality, dan lainnya. Setelahnya, coba tandai kata-kata yang kamu kenal dengan baik dan letakkan kata itu di paling atas setiap kategori. Setelah itu, buat baris baru yang berisikan sinonim dari kata di awal dengan arti yang sama. Misalnya hungry – famine – starve – crave.

Mungkin kamu nggak akan bisa mengingat semua definisi kata itu, tetapi kalau kamu menghubungkannya dengan definisi yang akrab di telingamu, kemungkinan kamu bisa mengingat kata dan artinya dengan lebih mudah.

3. Gunakan Indera dan Emosi Untuk Menghafal Kata Sulit

Source: Unsplash

Kamu mungkin ingat saat masih duduk di bangku SD, guru-gurumu akan  menggambarkan sebuah kata dengan menggunakan indera atau emosi. Sayangnya, saat kita tumbuh dewasa, kita mulai mengabaikan metode ini. Nyatanya, metode sederhana ini memungkinkan kita untuk mengingat kata-kata baru dengan lebih mudah, lho!

Dengan pendekatan ini, kamu bisa mengingat kata-kata yang sulit dicerna dalam kosakata TOEFL. Misalnya ketika kamu menemukan kata baru semacam “famished” yang artinya sangat lapar, untuk mengingatnya mungkin kamu bisa melafalkan kata ini sambil mengelus-elus perut seperti orang kelaparan. Gunakan gerakan dan mainkan emosi yang dapat diasosiasikan dengan kata tersebut.

4. Berlatih Pelafalan dan Review!

kosakata toefl

Source: Unsplash

Tahu nggak sih kalau kamu mungkin akan mendengar berbagai jenis aksen bahasa Inggris penutur asli dalam ujian TOEFL kamu nantinya? Selain aksen dari Amerika Utara, ada kemungkinan kamu akan mendengar aksen dari Inggris, Selandia Baru, atau bahkan Australia.

Maka dari itu, ada banyak kata-kata yang rumit dalam bahasa Inggris di mana pelafalan dan ejaan dari kata tersebut sangat berbeda. Misalnya “draught“, “rough“, dan “through“. Maka dari itu penting untuk berlatih pelafalan terutama dari kosakata TOEFL yang mungkin bisa mengecohmu nantinya! Get familiar with their sounds!

Nah selain itu, review atau meninjau progresmu adalah hal terpenting yang harus kamu lakukan dalam proses belajar kosakata TOEFL. Misalnya, kamu memutuskan untuk mempelajari 15 kata baru setiap minggu selama sebulan lalu buatlah 15 flashcards dan mempelajarinya setidaknya setengah jam setiap hari.

Kemudian di akhir minggu pertama, letakkan 15 flashcards tersebut dan pelajari 15 kata baru lainnya. Melalui cara ini, kamu akan mempelajari informasi baru dalam waktu yang singkat. Jangan menghabiskan berminggu-minggu hanya untuk mengingat sejumlah kata saja, jika kamu melakukannya kemungkinan otakmu akan menjadi malas. Oleh sebab itu, kamu harus membuat otakmu berolahraga dengan bekerja, berpikir, dan beraktivitas menghafal kosakata TOEFL baru!

But please remember not to bite more than you can chew! Artinya, kamu perlu mempelajari jumlah kosakata TOEFL baru yang realistis sesuai dengan kapasitasmu. Jika kamu mencoba belajar terlalu banyak pada saat yang bersamaan, kamu sebenarnya bisa mengurangi jumlah kosakata yang kamu ingat.

Sebagian besar siswa memerlukan setidaknya 4 atau 5 menit untuk mempelajari kosakata baru, mengucapkan dan mengejanya dengan benar, menggunakannya dalam kalimat, dan mulai berpikir dengannya.

5. Cari Tutor TOEFL Berpengalaman!

kosakata toefl

Source: Unsplash

Kalau kamu nggak yakin memiliki keterampilan yang cukup dan membutuhkan dalam mempelajari tata bahasa dan kosakata TOEFL, sangat disarankan untuk mencari bantuan profesional.

Bingung cari tutor yang tepat di mana? Nggak usah pusing! Kamu bisa banget meminta bantuan profesional dalam persiapanmu menghadapi tes TOEFL. Para tutor profesional bahasa Inggris di SUN English siap membantumu dalam mempersiapkan diri! Ayo, daftarkan diri ke SUN English secepatnya!

Itu dia 5 tips dari SUN Education biar kamu bisa lebih gampang mempelajari kosakata TOEFL. Ingat untuk fokus mempelajari kosakata tanpa menjejalkan semua kata tanpa memiliki konteks untuk menghindari kebingungan. Cara terbaik adalah untuk mencari contoh penggunaan kata, membuat kalimat darinya, dan kemudian memeriksa artinya agar mudah diingat!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan