capilano bridge
Capilano Suspension Bridge Park: Sensasi Melangkah di Ketinggian
31 Mei 2019
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H
31 Mei 2019

5 dari 10 Gedung Tertinggi di Dunia Ternyata Ada di China!

Republik Rakyat Tiongkok atau yang lebih dikenal dengan China merupakan negara yang gencar melakukan pembangunan gedung pencakar langit. Dari waktu ke waktu gedung pencakar langit di China terus bermunculan dan mengalahkan gedung-gedung sebelumnya. Untuk kategori gedung yang telah selesai dibangun hingga sekarang, lima dari sepuluh gedung tertinggi di dunia ternyata berada di negeri tirai bambu ini, lho!

1. Shanghai Tower (632m)

Shanghai Tower

Sumber: Google

Shanghai Tower merupakan gedung pencakar langit tertinggi di China yang terletak di Kota Shanghai. Menara ini memiliki ketinggian 632m yang terdiri dari 121 lantai. Shanghai Tower dimulai konstruksinya pada tahun 2008 dan selesai pada Agustus 2013. Sejak saat itu Shanghai Tower menjadi bangunan tertinggi di China dan tertinggi kedua di dunia setelah Burj Khalifa di Dubai. Shanghai Tower memiliki observation desk tertinggi di dunia yaitu pada ketinggian 562m. Rekor tersebut kemudian disetarai oleh Ping An International Finance Centre yang juga memiliki observation desk di ketinggian yang sama.

2. Ping An International Finance Centre (555,5m)

ping an international finance centre

Sumber: Google

Menara ini mulai dibangun pada tahun 2010 dan selesai pada tahun 2017. Sejak saat itu Ping An International Finance Centre menjadi menara tertinggi di Shenzhen, tertinggi kedua di China dan tertinggi keempat di dunia. Ping An International Finance Centre berbagi rekor observation desk tertinggi di dunia dengan Shanghai Tower. Menara ini memiliki 115 lantai dengan lima lantai bawah tanah.

3. Guangzhou CTF Finance Centre (530m)

guangzhou ctf financ centre

Sumber: Google

Guangzhou Chow Tai Fook Finance Centre merupakan salah satu dari Guangzhou Twin Tower yang juga dikenal dengan East Tower. Menara ini merupakan bangunan tertinggi di Kota Guangzhou, tertinggi ketiga di China, dan tertinggi ketujuh di dunia. Guangzhou CTF Finance Centre terdiri dari 111 lantai dan lima lantai bawah tanah. Pembangunan Menara ini dimulai pada tahun 2009 dan sepenuhnya selesai pada tahun 2016.

4. China Zun (528)

china zun

Sumber: Google

Menara ini memiliki nama asli CITIC Tower dan tertelak di Central Business District Kota Beijing. Peletakan batu pertama bangunan ini adalah pada tahun 2011 dan puncaknya diselesaikan pada tahun 2017. Hanya saja, CITIC Tower masih belum dibuka untuk publik hingga sekitar akhir tahun ini. Terdiri dari 108 lantai dengan ketinggian 528m, menara ini merupakan bangunan tertinggi keempat di China dan merupakan tertinggi kedepalan di dunia.

5. Shanghai World Financial Centre (492m)

shanghai world financial centre

Sumber: Google

Menara 101 lantai dengan tiga lantai bawah tanah ini terletak di Kota Shanghai. Pembangunan menara ini dimulai sejak 1997 dan selesai pada tahun 2008. Sejak bagian puncaknya selesai pada tahun 2007, menara ini menjadi bangunan tertinggi kesembilan di dunia, tertinggi di China dan juga di Shanghai. Hanya saja, rekor-rekor tersebut bergeser sejak Shanghai Tower sepenuhnya selesai pada tahun 2014. Saat ini Shanghai World Financial Centre merupakan bangunan tertinggi kelima di China dan kesepuluh di dunia.

Park Hyatt Shanghai, sebuah hotel di menara ini pun sempat menjadi hotel tertinggi di dunia. Seiring berjalannya waktu, rekor tersebut bergeser dan hotel yang berada di lantai 79 hingga 93 tersebut kini hanya menduduki urutan ketiga.

Selain memiliki menara-menara tertinggi di dunia, China juga memiliki institusi-institusi pendidikan yang layak dipertimbangkan. Temukan institusi-institusi terbaik di China pada bagian Course Finder aplikasi ini.

Comments are closed.