SUN English – Materi CV Writing 16 Juni 2022
30 Mei 2022
Kenalan dengan Program Baru di George Brown College, Yuk!
Kenalan dengan Program Baru di George Brown College, Yuk!
31 Mei 2022

Banyak yang Nggak Tau 5 Fakta Jurusan Teknik Industri Ini!

fakta jurusan teknik industri

Meskipun nggak sepopuler itu, jurusan teknik industri tetap menarik minat banyak mahasiswa internasional setiap tahunnya. Jurusan ini menawarkan the best of the best dari segi teknik dan bisnis, memberikan gagasan utama soal desain, perencanaan, serta optimalisasi proses produksi dan manufaktur. Tapi masih banyak lho fakta jurusan teknik industri yang nggak diketahui banyak orang!

Masih banyak orang nggak tau apa itu teknik industri, jenis pekerjaan yang dilakukan lulusannya, serta apa yang dilakukan mereka setiap harinya.

 

Apa itu Teknik Industri?

fakta jurusan teknik industri

 

Sebelum bahas fakta jurusan teknik industri, yuk bongkar lebih jauh jurusan ini! 

Teknik industri bisa disebut sebagai ilmu yang mempelajari proses industri baik dari sisi manajemen ataupun teknik. Teknik industri fokus kepada perancangan, peningkatan, dan pemasangan sistem terintegrasi yang membutuhkan peran manusia, material, peralatan dan energi. 

Salah satu kompetensi dasar untuk menguasai jurusan ini adalah kamu harus punya kemampuan yang oke di bidang fisika, meskipun fokus dari jurusan ini adalah tentang perancangan, peningkatan, dan pemasangan sistem yang bisa terintegrasi. 

 

Fakta Jurusan Teknik Industri

1. Bisa Kerja di Banyak Sektor

Fakta jurusan teknik industri yang pertama adalah lulusan jurusan ini bisa bekerja di setiap sektor! You’ll be hearing this a lot. Teknik industri berada di hampir setiap vertikal industri saat ini. Manufaktur, teknologi, hardware, retail, perawatan kesehatan, you name it!

 

BACA JUGA: Prospek Karir Jurusan Sosiologi, Apa Aja Sih?

 

2. Gabungan Teknis dan Bisnis

Sebagai mahasiswa jurusan teknik industri, kamu akan melihat bahwa jurusan ini menggabungkan keterampilan teknis dengan ketajaman bisnis. Banyak universitas menawarkan kelas bisnis yang paralel dengan kursus teknik industri.

Keterampilan teknis dan bisnis ini bisa kamu temukan di berbagai bidang kayak logistik, manajemen supply chain, dan analitik. Dengan mengikuti mata kuliah ini, kamu bakal dapet gambaran lebih jelas dan luas tentang sisi bisnis perusahaan.

Hal ini juga menjadikan gelar teknik industri sebagai titik awal yang ideal untuk MBA yang berspesialisasi dalam manajemen rantai pasokan, pemasaran atau keuangan, yang melengkapi aspek teknis dari teknik industri.

3. Belajar Big Data

Kita semua tau betapa pentingnya Big Data saat ini. Setiap perusahaan pasti mau membuat keputusan bisnis yang tepat dengan kumpulan data yang semakin banyak dan kompleks.

Maka dari itu, penting untuk diketahui betapa besarnya pengaruh analisis data dan sains terhadap bisnis. Teknik industri akan memberikan kamu dasar untuk bekerja di bidang seperti ini! Dengan mengikuti beberapa mata kuliah dan sertifikasi tambahan, kamu bisa banget jadi data scientist!

4. Fokus pada Proses

Fakta jurusan teknik industri selanjutnya adalah jurusan ini sering disebut sebagai “jurusan teknik yang nggak teknik-teknik banget”. Kenapa? Soalnya teknik industri lebih fokus pada proses dan menemukan cara untuk meningkatkan kualitas proses. 

Jika dibandingkan dengan program studi teknik lainnya, biasanya teknik industri lebih cenderung ke arah manajemen dan sosial dibandingkan dengan tentang hal-hal yang teknis. Hal ini dikarenakan dalam penerapannya, jurusan ini juga melibatkan banyak studi manajemen.

Jangan salah paham. Ini sama sekali nggak berarti kamu nggak bakal bekerja pada perangkat lunak, atau tidak akan terlibat dalam coding

 

BACA JUGA: Fakta Jurusan Manajemen yang Banyak Orang Nggak Tahu

 

5. Penyesuaian dengan Minat

Sebagai seorang mahasiswa jurusan teknik industri, kamu akan selalu memiliki pilihan untuk mengeksplorasi dan bekerja dalam peran pekerjaan yang berbeda. Ingin duduk di depan komputer melakukan analisis data mendalam? Ada pekerjaan teknik industri dalam analisis data dan analisis bisnis.

Ingin bekerja di lantai produksi melakukan pekerjaan manufaktur? Ada pekerjaan di bidang teknik logistik, teknik manufaktur, produksi, peramalan, di antara banyak lainnya. The possibilities are endless for you!

Udah tau kan fakta jurusan teknik industri yang belum kamu tau sebelumnya? Bikin makin tertarik buat kuliah jurusan ini pastinya! 

Mau cari kesempatan kuliah jurusan teknik industri di luar negeri? Bisa banget! Ada banyak universitas terbaik yang cocok buat kamu, untuk tau lebih lanjut, baca dulu SUN E-Guide Book! Super praktis dan GRATIS, E-Guide Book ini bisa kamu akses dari gadget mana pun dan kapanpun!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa melakukan konsultasi GRATIS melalui Hotline di 0821 33 34 35 36 atau datang langsung ke kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Sumber gambar: Unsplash

Tinggalkan Balasan